Senin, 29 Februari 2016

Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pembangunan Peternakan Untuk Mencapai Ketahanan Pangan Hewani Dan Kesejahteraan Masyarakat


Di Indonesia masih belum mampu merumuskan arah pembangunan peternakan. Sehingga efektivitas program-program pembangunan peternakan tidak begitu jelas kemana arahnya. Perlu dilahirkan suatu gagasan tentang peternakan masa depan dengan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.
Selama pertamabahan PDB sekotor peternakan selama 15 tahun terakhir sangat dipengaruhi oleh perekonomian pada kondisi puncak sebelum tahun 1997 pertambahan PDB sub sektor lebih tinggi dibandingkan sekotor pertanian. Namun ketika terjadi krisis ekonomi tahun 1997 hingga tahun 2000 industri peternkan modern kolops adalah akibat ketergantungan yang sangat tinggi terhadap bahan baku dan teknologi impor.
Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pembangunan Peternakan Untuk Mencapai  Ketahanan Pangan Hewani Dan Kesejahteraan Masyarakat

Setelah tahun 2000 industri ayam ras dan foodlot segera pulih kembali dengan mencapai tingkat pertumbuhan melampaui pertumbuhan PDB Nasional. Fenomena ini mengindikasikan PDB subsektor peternakan masih potensial untuk ditingkatkan dan merupakan subsektor yang mampu memicu pertumbuhan PDB sektor pertanian. Karena itu dari sisi konsumsi, sub sektor peternakan perlu melakukan evaluasi intensif terhadap pertumbuhan yang terjadi.
Peranan sub sektor peternakan dalam penyerapan tenaga kerja dapat dilihat dari jumlah Rumah Tangga Peternakan (RTP). Selama 10 tahun terakhir terjadi peningkatan RTP yang relatif kecil dari 5,62 juta pada tahun 1993 menjadi 5,63 juta pada tahun 2003. sub sekto peternakan pengguna teknologi tinggi harus difokuskan pada produksi pangan kedai harus padat modal.
Dimana sub sektor peternakan mempunyai peranan pendukung pertumbuhan dan perkembangan industri yang terkait, dan karena itu industri terkait tersebut berfungsi sebagai penyedia lapangan kerja dan lapangan usaha. Jadi industri terkait cukup banyak beberapa diantaranya adalah industri pangan dan industri rumah potong. Industri pangan dapat digolongkan pada tiga kelompok industri yakni kecil, menengah dan besar. Dapat dikatakan bahwa usaha peternakan mempunyai peranan yang besar untuk mendukung industri makanan ini atas dasar itulah pemikiran bahwa usaha padat karya adalah keliru.
Peranan investigasi sangat dibutuhkan dalam peningkatan agribisnis peternakan dan investigasi publik. Investigasi mendorong pertumbuhan usaha peternakan dan menimbulkan efek multiplier yang luas. Sumber investigasi bagi pembangunan peternakan berasal dari dana pemerintahan PMDN dan PMA.
Untuk mewujudkan cota-cita peternakan masa depan seperti itu, tidak bisa tidak harus menggunakan kekuatan pemerintahan mengatur perekonomian. Terutama dalam melaksanakan perdagangan. Bentuk peternakan masa depan tersebut harus dapat menjawab beberapa tantangan yang dihadapi saat ini dan ke depan. Tantangan itu antara lain kemampuan memberikan dukungan pada persediaan pangan dalam negeri memberikan dukungan pada persediaan pangan dalam negeri memberikan dukungan besar bagi perkembangan industri dan memanfaatkan keunggulan komperatif sebesar-besarnya sehingga industri mempunyai daya saing dalam pasar global. Peningkatan keuntungan dan manfaat bagi pengusaha ternak dan jaminan produksi makanan yang aman dan sehat melalui sistem peternakan dan makanan yang tepat. Dengan demikian sebenarnya pemerintah tidak perlu membuat disain bentuk peternakan masa depan. Maka dapat dipastikan akan disusun dengan intervensi pemerinatahan sebagai sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan Indonesia telah mempunyai pengalaman yang sangat mahal ketika melakukan intervensi langsung dalam mengarahkan pembangunan dan perkembangan usaha sapi perah ke arah bentuk usaha ayam ras dan usaha sapi perah ke arah bentuk usaha rakyat hasilnya.
Peternak masa depan mempunyai wujud sebagai industri padat karya untuk mewujudkan cita-cita peternakan masa depan itu, tidak bisa tidak harus menggunakan kekuatan pemerintahan mengatur perekonomian, terutama dalam melaksanakan perdagangan.
Pemerintah memberikan pelayanan demikian rupa sehingga mekanisme pasar dapat bekerja, namun tidak terlihat mekanisme pasar bekerja, sehingga peternakan tetap berbentuk tradisional. Langkah-langkah strategis pelayanan yang dilakukan pemerintah. Pertama, memperlakukan ternak sebagai sumber daya, kedua,menyediakan instruktur industri peternakan yaitu menyediakan lahan pangan bagi kemudahan produksi hijauan makanan ternak. Penyediaan struktur ini harus dalam bentuk irigasi untuk tanaman pangan. Ketiga, melaukan usaha pengendalian penyakit ternak. Antara lain menjaga kesehatan dan mencegah penularan penyakit diantara ternak dan manusia termasuk dalam produksi pangan asal ternak yang sehat dan aman.
Paska langkah selanjutnya melalui mekanisme pasar dan pengawasan pemerintahan dapat diciptakan peternakan masa depan yang berperan dalam ketahanan pangan, mengurangi kemiskinan, dan pembangunan agribisnis peternakan pada akhir pembangunan peternakan. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mempunyai arah yang sangat jelas. Atas dasar itu pemerintahan tidak perlu berfikir panjang untuk mengeluarkan biaya yang relatif besar untuk menegakkan ketiga pelayanan diatas, karena mempunyai dampak jangka panjang bagi generasi mendatang.

Minggu, 28 Februari 2016

Masalah Peran Ganda Wanita dan Konflik Peran Ganda Wanita Karier


Gerakan emansipasi wanita yang muncul di negara-negara Barat, disuarakan juga oleh negara-negara ketiga yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam, seperti Indonesia, Malaysia, Pakistan dan negara-negara lain di Timur Tengah.
Di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim memiliki adat kebiasaan Melayu, menuntut wanita untuk berkarir di rumah. Norma agama dan adat ini sudah tumbuh berabad lamanya. Sedangkan budaya barat menggemborkan wanita berkarir di luar rumah.
Dua budaya berbenturan antara budaya yang sudah mangakar di masyarakat Indonesia dengan budaya barat yang baru muncul. Benturan ini menghasilkan konflik sosial budaya, antara istri dan suami, orang tua dan anak, keluarga dan masyarakat.
Konflik sosial budaya diatas berimbas besar pada perkembangan generasi muda, terutama yang orang tuanya (Ibu) menjadi wanita karir. Tuntutan agar wanita bekerja dan bertanggung jawab terhadap keluarga, menimbulkan peran ganda yang terkadang menimbulkan konflik dalam rumah tangga.

Masalah Peran Ganda Wanita dan Konflik Peran Ganda Wanita Karier

A.    Peran Ganda Wanita
Di Indonesia pengaruh gerakan emansipasi menuntut suatu peran ganda pada wanita. Wanita boleh memasuki bidang dan tugas yang biasanya dilakukan oleh kaum laki-laki, dan tetap mengemban dan menjalankan tugasnya sebagai wanita seperti hamil, melahirkan, menyusui, merawat dan mengurus rumah tangga serta mendampingi suami. Sebagai wanita yang memilih berkarir di luar rumah ia harus meraih dua sukses, di rumah dan di luar rumah.
Ada beberapa hal yang sering menjadi alasan wanita untuk melakukan aktivitas di luar rumah.
1.      Menambah pendapatan keluarga.
2.      Menghindari kebosanan.
3.      Mengisi kekosongan.
4.      Menyalurkan minat dan keahlian.
5.      Memperoleh status.
6.      Pengembangan diri.

1.      Menambah Pendapatan Keluarga
Jika ini yang menjadi alasan wanita untuk berkarir di luar rumah maka sebenarnya yang bertanggung jawab utama menafkahi keluarga ada pada kaum lelaki. Tuntutan mencari nafkah pada wanita aklan membebani wanita itu sendiri padahal tugas utamanya adalah mengasuh, mendidik anak-anaknya. Bagaimana jadinya jika seorang ibu sibuk bekerja di luar rumah pergi pagi hari dan pulang sore, itupun dilakukan saat anak-anak belum bangun dan sudah tidur. Kapan dia punya kesempatan untuk anaknya dia jalankan tugas sunatnya dan meninggalkan kewajibannya. Anak dititipkan kepada pembantu atau kepada neneknya, yang mempunyai pola asuh dan didikan yang sesuai dengan umur mereka yang terbatas pula.

2.      Mengisi Kebosanan
Bagaimana seorang wanita bisa merasa bosan di rumahnya sendiri, padahal sehari-hari di bersenda gurau dengan buah hatinya yang lucu dan menyenangkan hati.

3.      Mengisi Kekosongan
Banyak hal yang bisa dilakukan di lingkungan rumah seperti berkebun menanam berbagai tanaman obat, tanaman hias, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

4.      Menyalurkan Minat dan Keahlian
Ada beberapa keahlian yang bisa dilakukan di rumah seperti menjahit, bisnis kecil-kecilan, yang mana pekerjaan ini apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh akan dapat menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan anak-anak yang masih membutuhkan bimbingan.


5.      Memperoleh Status
Status sebagai ibu rumah tangga, sebenarnya adalah status yang sangat mulia. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tidak ada batas waktunya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga tidak habis-habisnya, oleh karena itu sebagai ibu rumah tangga, wanita adalah pekerjaan yang hebat dan tangguh. Pekerjaan yang apabila diberi imbalan maka tidak terhingga mahalnya.
Namun di zaman ini banyak orang yang minder jika ditanya apa pekerjaan, dia menjawab dengan kata-kata “hanya sebagai ibu rumah tangga”  seorang wanita merasa bangga jika dia berstatus sebagai wanita karir.

6.      Pengembangan Diri
Jika ini dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan agar bisa mengurus rumah tangganya lebih baik lagi, agar bisa mendidik anak-anaknya maka alasan wanita keluar rumah untuk pengembangan diri sangat dianjurkan, karena dilakukan untuk kebahagiaan keluarga, dan terwujudnya anak-anak yang cerdas dan sehat.

B.     Konflik Peran Ganda Wnaita Karir
Pada wanita Indonesia yang memburu karir itu sama sekali tidak menyadari, bahwa ia menjalankan tugas ekstra yaitu sebagai karir dan ibu rumah tangga. Peran di rumah sebenarnya sulit untuk ditinggalkan. Konsekwensi yang akan terjadi adalah munculnya konflik. Ibu yang bekerja akan menyebabkan anak tidak terkontrol dan kurang terawasi, dan ini salah satu penyebab timbulnya kenakalan anak dari akibat yang ditimbulkan oleh tidak terkontrol dan terawasinya anak. Sebagai istri yang bekerja, ia terlalu letih sehingga kurang memiliki energi untuk melayani suami dan anaknya. Jadi sebagai ibu ia kurang efektif sebagai ratu di rumah dan kurang dapat memenuhi kebutuhan keluarga, yaitu kebutuhan kasih sayang dan perhatian yang cukup.

-          Peranan Sebagai Ibu
Menurut penelitian Bombly, menyimpulkan bahwa bila dalam perkembangannya, anak kurang mendapat kasih sayang yang cukup dari ibunya, maka anak akan menderita “maternal deprivation” yang mengakibatkan anak mengalami kesulitan emosional, serta hambatan-hambatan dalam pengembangan daya pikirnya. Tidak dapat disangkal bahwa seorang yang bekerja selama jangka waktu tertentuakan menciptakan perpisahan dengan anaknya.
Perpisahan sementara itu dapat menyebabkan keterikatan emosional antara anak dan ibunya menjadi terganggu. Padahal ikatan tersebut perlu ada untuk menjamin hubungan yang sehat antara anak dengan sang ibu.
Ibu yang bekerja di luar rumah dapat menyebabkan anaknya terpaksa di asuh oleh orang lain secara berganti-ganti. Oleh karena itu ada kemungkinan anak akan mendapat pengalaman, pelajaran dan peraturan yang berbeda-beda pula, dan anak juga berulang kali harus menyesuaikan diri dengan suasana baru. Hal ini memberi dampak yang kurang baik terhadap perkembangan anak.
Tokoh ibu juga diperlukan bagi anak dalam proses indentifikasi, suatu proses yang amat penting dalam menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan anak, dan perlu diupayakan agar jangan sampai tokoh pengganti seperti pembantu atau nenek dijadikan tokoh indentifikasi anak.

-          Peranan Sebagai Istri
Kekhawatiran suami yang mengizinkan istrinya bekerja disebabkan karena kekhawatiran akan pengasuhan anak tidak sempurna dan pekerjaan rumah tangga menjadi sedikit terbengkalai. Disamping itu juga dapat menimbulkan ketidakharmonisan yang disebabkan karena persaingan karir sehingga terkadang status suami dibawah istri. Prestasi dan uang yang dihasilkan oleh istri dapat menimbulkan pengaruh negatif, seperti meremehkan peran suami dan mendominasi keluarga.
Kesibukan istri dapat mengurangi waktu untuk suami dan keluarga, hal ini mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan suami. Ada kemungkinan jika hal ini terus berlangsung lama suami akan mencari alternatif pemecahan kebutuhannya di luar rumah dengan wanita lain. Kondisi ini sangat berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak. Anak mendapatkan contoh buruk dari keluarganya sendiri seperti apa yang juga dicontohkan oleh media yang dilihatnya sehari-hari..
Anak akan mengalami broken home dan menyalurkan ketidak puasannya dalam bentuk kenakalan remaja dan kriminalitas serta masalah-masalah lainnya.

Sabtu, 27 Februari 2016

Masalah Perkembangan Anak Menurut Pandangan Islam


A.    Perhatian Islam Terhadap Perkembangan Anak
1.      Akhlak Sosial
Manusia adalah makhluk sosial, dimana Allah menciptakan manusia agar melakukan interaksi sosial. Dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, dianjurkan kepada kita untuk menampilkan akhlak sosial yang baik. Rasulullah menyuruh kita untuk memperhatikan temannya, berteman dengan teman yang baik, dan menjauhi teman yang berperangai buruk. Akhlak sosial yang baik diantaranya : menyingkirkan benda yang mengganggu orang di jalan, lemah lembut, berkasih sayang, murah hati, tidak kasar, tidak mencaci maki dan selalu riang gembira. Dengan berakhlak sosial, maka anak akan diterima oleh lingkungannya dengan baik. Namun terkadang akhlak sosial ini tidak tumbuh pada diri seorang anak karena beberapa sebab serta faktor yang tidak mendukung

B.     Penghambat Perkembangan Sosial Anak
Perkembangan sosial adalah tahapan perilaku sosial anak mengikuti kematangan sosial dan interaksinya dengan lingkungan. Beberapa wujud perkembangan sosial tercermin pada perilaku anak terhadap teman-teman. Apabila perilaku sosial tidak memenuhi harapan sosial, maka akan membahayakan bagi penerimaan sosial oleh kelompoknya. Semakin jauh anak berada di bawah harapan sosial akan semakin merugikan penyesuaian pribadi dan sosial serta semakin jelek konsep diri seorang anak.
Beberapa penghambat perkembangan sosial :
  1. Adanya keterlantaran sosial terhadap anak. Ketelantaran sosial ini berarti hilangnya kesempatan untuk berhubungan dengan orang lain, sehingga menimbulkan keterlantaran dalam kesempatan belajar menjadi pribadi sosial.
Keterlantaranini disebabkan oleh kurangnya waktu orang tua merawat bayi dan anaknya hingga kekurangan rangsangan yang memotivasinya untuk menjadi bagian dari kelompok sosial atau keluarga.
  1. Meningkat dan berkurangnya partisipasi sosial secara berlebihan. Kurangnya hubungan sosial akan berbahaya bagi sosialisasi dan jika sebaliknya, akan menyulitkan anak untuk mengembangkan dirinya sebagai individu.
  2. Adanya ketergantungan yang berlebihan terhadap orang tua. Anak juga memerlukan orang lain selain orang tuanya, apabila ketergantungan terhadap orang tua harus berlanjut maka akan membahayakan bagi penyesuaian sosial dan pribadi. Anak akan merasa lebih rendah dari teman sebagai yang sudah mandiri.
  3. Anak yang melakukan penyesuaian secara berlebihan cepat atau lambat semua anak akan mengetahui bahwa kelompok sosial menilai, dan kemudian menerima mereka atas dasar kesediaannya memenuhi harapan sosial. Jika lingkungannya baik maka tuntutannya tentu baik, jika buruk maka tuntutannya pun hal-hal yang buruk. Penyesuaian berlebihan yang dilakukan anak terhadap lingkungannya mengakibatkan hilangnya individualitas, anakpun tidak memiliki pandangan yang baik bagi dirinya sendiri dan cenderung tidak memiliki prinsip hidup.
  4. Anak yang tidak mampu menyesuaikan diri. Ketidakmampuan menyesuaikan diri ini sama bahayanya dengan anak yang menyesuaikan diri secara berlebihan. Anak akan terbuang dari hubungan sosial akibatnya mereka akan terlantar dalam hal kepuasan menjadi anggota suatu kelompok, dan mereka juga tidak dapat memperoleh pengalaman yang hanya didapat dari keanggotaan dalam kelompok. Dua penyebab dari kasus ini adalah tidak punya motivasi untuk menyesuaikan diri, dan kuang pengetahuan tentang harapan kelompoknya atau cara untuk memenuhi harapan dalam suatu kelompok.
  5. Munculnya prasangka terhadap perilaku orang lain. Bahaya bagi anak yang berprasangka dan begitu juga bagi korbannya. Seiring anak menjadi kejam, tidak toleran, kaku, dingin dan ingin membalas dendam. Sedangkan bagi meraka yang menjadi korban merasa bahwa lingkungannya memusuhinya, sehingga anak menarik diri, menjadi agresif, dan menunjukkan reaksi pertahanan yang berlebihan. Sebagian lainnya menjadi pengacau atau anak nakal terhadap lingkungan sekitarnya.
-          Luqman berkata “Wahai putraku, jauhilah olehmu teman yang buruk (jahat). Karena teman jahat itu ibarat pedang yang terhunus. Bentuknya membuatmu kagum, namun bekas (luka yang disebabkan)nya sangatlah buruk”.
-          Teman yang buruk (berakhlak jahat) itu bagaikan penyakit yang menular maka jauhilah.
-          Berteman dengan orang baik itu, seperti berteman dengan penjual minyak wangi, meskipun kamu tidak membelinya namun kamu rasakan wanginya. Sedangkan berteman dengan pandai besi walaupun kamu tidak ikut membuatnya namun kamu rasakan juga panas apinya.

C.    Masalah Perkembangan Sosial
  1. Agresif
Islam menyuruh pengikutnya untuk senantiasa memperbaiki budi pekertinya, dan dilarang untuk berbuat tidak baik seperti agresif dengan mengancam, menyerang secara verbal dan fisik.
Agresif seringkali muncul pada masa kanak-kanak, yang berupa tingkah laku menyerang baik secara fisik ataupun verbal. Bahkan berupa ancaman yang disebabkan karena adanya rasa permusuhan dalam diri anak.
Sebagian besar prilaku mengancam dan menyerang pada anak didefenisikan sebagai agresif. Bagi sebagian orang tua, anak berebut mainan hingga sampai pada perkelahian dianggap hal yang biasa. Bahkan terkadang dianggap sebagai sebuah persaingan yang sehat. Bagi anak yang belum berusia empat tahun yang normal dan sehat secara emosional, akan mengalami beberapa serangan seperti : menggigit, memukul, menendang, melempar benda-benda dan berteriak. Semua ini adalah cara insting mengekspresikan rasa tidak senang atau menginginkan sesuatu.
Serangan adalah sebuah masalah, seperti mengancam rasa aman anak lain. Karena tujuannya adalah merusak di saat ia gagal memenuhi keinginannya.
a.       Penyebab Agresif
1)      Agresif sebagai reaksi emosi terhadap frustasi seperti dilarang melakukan sesuatu.
2)      Agresif anak diperlakukan secara tertentu oleh orang tuanya, sehingga tingkah agresif mengalami peningkatan dan pengurangan. Hal ini dapat terjadi karena diantara keluarga ada yang menghargai tindakan agresif dan anak mendapat kekuatan dan pembelaan dari respon keluarganya.
3)      Agresif anak adalah hasil dari mencontoh tingkah laku orang tuanya atau tindakan lingkungan dimana dia tinggal. Karena orang tua dan lingkungan juga merupakan model yang paling efektif bagi perkembangan jiwa seorang anak.

b.      Bentuk-Bentuk Agresif
1)      Letupan kejengkelan
2)      Marah secara hebat
3)      Menyerang dengan fisik
4)      Mengancam
5)      Tempertantrum / ledakan marah
6)      Merusak

c.       Ciri – Ciri Agresif
1)      Usia dua tahun anak meredakan kemarahan dengan cara memukul.
2)      Usia empat tahun anak lebih senang bertengkar mulut.
3)      Usia tujuh tahun, kontrol agresif pada anak meningkat.
4)      Usia delapan-sembilan tahun, anak sudah bisa mengontrol agresifnya meskipun suatu waktu masih terjadi.
5)      Jika usia diatas sembilan tahun masih agresif maka perlu penanganan segera oleh para ahli.

d.      Cara Mencegah Agresif
1)      Sebagai orang tua harus bersikap tegas, agresif sering kali disebabkan oleh kurangnya disiplin dari kedua orang tua di rumah. Sebagai contoh memberikan kepada anak apa yang mereka inginkan manakala anak menangis. Karena merasa kasihan padahal kita tahu bahwa permintaannya tersebut kurang bermanfaat. Dan ini dilakukan anak sejak mereka masih bayi, dimana ketika bayi menginginkan sesuatu maka menangislah ia. Sikap ini terkadang terbawa sampai besar.
2)      Terima kehadiran anak apa adanya, orang tua yang menolak kehadiaran anak, tidak hanya gagal memberikan afeksi tapi juga cenderung melakukan hukuman fisik yang keras. Ada sebagian orang yang membedakan anak laki-laki dengan anak perempuannya. Apabila dianugrahi Allah anak perempuan maka ia tidak suka, ini termasuk kebiasaan orang Jahiliyah.
3)      Membatasi tontonan yang memperlihatkan kekerasan. Acara televisi yang mempertontonkan kekerasan merupakan sarana belajar tingkah laku agresif yang efektif. Oleh karena itu orang tua harus mendampingi anak-anak menonton televisi meskipun itu film anak-anak. Karena sekarang sinetron dan film untuk anak pun tidak lepas dari kekerasan, kekejaman saling menghina dan terkadang juga pornografi. Hal ini bisa dilakukan jika orang tua di rumah bersama-sama anak, disamping itu juga biasakan anak meminta izin setiap mereka mau menonton. Jangan biarkan mereka menghidupkan televisi sendiri dan memilih siaran sendiri tanpa diketahui oleh orang tua.
4)      Meningkatkan rasa bahagia  didalam keluarga. Orang yang bahagia cenderung bersikap baik pada dirinya dan orang lain. Bahagia bukan hanya didapat dari berlimpahnya harta, bahagia bisa dirasakan jika ada rasa syukur dengan ada yang ada pada dirinya, dan tidak iri dengan reski orang lain.
5)      Orang tua dan anggota keluarga lainnya, tidak bertengkar di depan anak. Sebab ini menjadi contoh yang sangat buruk dan menyakitkan bagi seorang anak. Anak bingung siapa diantara kedua orang tuanya yang harus di bela.
6)      Mengajak anak bergerak dan beraktivitas seperti berolahraga dan hingga terjadi pelepasan energi. Ini dapat dilakukan diluar rumah dengan memberikan kebebasan bermain pada anak dibawah pengawasan orang tua.
7)      Meningkatkan keterlibatan orang tua, anak yang masih kecil butuh keterlibatan orang dewasa dalam aktivitasnya. Perhatian orang tua membuat anak merasa tenang dan aman.

e.       Cara Mengatasi Agresif
1)      Berikan reward atau ganjaran untuk tingkah laku yang diharapkan. Tatkala kita membalas prilaku yang baik dari anak, dengan mengimbanginya dengan kebaikan dan penerimaan berarti kita telah menebarkan rasa percaya diri anak.
2)      Lingkungan yang terdiri dari orang tua, keluarga atau teman, sebaiknya tidak memperdulikan tingkah laku agresif agar anak mengerti bahwa jika ia melakukan tingkah tersebut, ia tidak akan mendapatkan perhatian.
3)      Mengajar tingkah laku dan keterampilan sosial pada anak, mereka melakukan tingkah laku agresif karena kurang memahami keterampilan sosial,  untuk itu orang tua perlu melatih anak untuk mengatakan apa yang ia inginkan dan ia kehendaki. Serta memikirkan secara jelas segala resiko yang didapat saat ia melakukan sesuatu.
4)      Pada saat yang tepat, beri anak alternatif untuk meredakan kemarahannya, seperti beri kesempatan untuk bermain, menggambar bebas, atau bercerita dan orang tua sebagai pendengar aktifnya.
5)      Menetapkan aturan yang jelas. Orang tua harus tegas ketika anak melakukan aksinya, baik dari nada bicara ketika menegur kesalahan anak, atau ekspresi yang menunjukkan bahwa kedua orang tuanya tidak setuju dan tidak senang dengan prilaku yang tidak baik.
6)      Mencari sumber agresifitas
Beberapa anak berlaku agresif karena kebutuhan akan kasih sayang yang tidak terpenuhi. Karena itu orang tua seharusnya senantiasa menjaga hubungan yang harmonis dengan anak-anaknya.

  1. Berbohong
Berbohong adalah merupakan satu hal yang dilarang oleh agama. Tidak seorangpun yang senang bila ia dibohongi. Mengatakan sesuatu yang tidak benar dan berdusta merupakan tindakan yang tidak diterima oleh lingkungan sosial. Islam menyuruh kita menghindari tingkah laku bohong. Karena sifat ini akan merugikan diri sendiri dan orang lain.
Berbohong adalah sikap sengaja mengatakan sesuatu yang tidak benar dengan tujuan memperoleh keuntungan. Seringkali orang tua yang menjadi pihak pihak pertama yang memberikan contoh sehingga anak belajar berbohong. Jika orang tua memberikan alasan dan mengucapkan bohong untuk menghindari sesuatu kegiatan didepan anak, berarti orang tua secar tidak memberikan contoh yang buruk pada anak.
Anak berbohong untuk menghindari hukuman dari tingkah lakunya yang tidak benar. Contoh, jika anak tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sekolah, dengan mudah ia berkata bahwa guru tidak memberinya tugas. Semakin keras dan sering orang tua memberi hukuman, maka semakin sering pula anak berbohong untuk menghindari hukuman dari orang tua.
a.       Penyebab Berbohong
1)      Anak berbohong untuk melindungi dirinya. Misalnya dari hukuman orang tua.
2)      Anak menolak kenyataan yang ada di sekitarnya, untuk mengatasi ingatan dan perasaan yang menyakitkannya.
Contoh : Disekolah ia mendapat hukuman dari guru, namun anak menceritakan bahwa ia diberi hadiah oleh guru.
3)       Anak membutuhkan perhatian dari orang tuanya atau lingkungan. Dengan berbohong, anak berharap mendapatkan perhatian.
4)      Anak belum dapat membedakan antara kenyataan dan fantasi ini bisa muncul pada anak kecil.
5)      Anak berbohong karena ingin melindungi temannya dari serangan atau kritikan.
6)      Anak punya rasa benci kepada orang lain.
7)      Anak ingin mendapatkan sesuatu dari lingkungannya tetap tidak boleh, sehingga anak berbohong.
8)      Anak yang mempunyai citra diri negatif. Anak yang merasa dirinya tidak berarti, bohong adalah cara dia mengangkat harga dirinya.
9)      Anak yang tidak dipercaya orang tuanya.
10)  Anak mendapatkan contoh yang salah dari lingkungannya sehingga membenarkan tingkah laku bohong.

b.      Cara Mencegah Bohong
1)      Orang tua seharusnya tidak memojokkan anak dengan pertanyaan yang bernada menuduh, karena setiap anak butuh kepercayaan.
2)      Orang tua harus mendiskusikan tentang masalah-masalah moral yang baik dan moral yang buruk, agar anak bisa menilai sendiri prilakunya.
3)      Orang tua sebaiknya menghindari pemberian hukuman yang keras, dan berlebihan, tidak seimbang dengan kesalahan yang anak lakukan. Pemberian hukuman yang tidak proporsional membuat anak mencari cara selamat dengan berbohong agar terhindar dari hukuman.
4)      Orang tua memberikan contoh yang baik dan lebih mawas diri terhadap kecendrungan yang biasa dilakukan, seperti melebih-lebihkan cerita, ingkar janji, tidak mengakui kesalahan dan menyuruh anak berbohong seperti mengatakan pada tamu bahwa ayah ibu tidak di rumah pada hal sedang berada di rumah.

c.       Cara Mengatasi Berbohong
1)      Anak diberi hukuman sebagai pengalaman bahwa berbohong justru merugikan. Orang tua juga harus menanamkan pentingnya nilai kejujuran dengan menunjukkan bahwa bila ia berterus terang mengenai masalahnya, mungkin orang tua bisa membantu kesulitannya.
2)      Mengajarkan nilai-nilai moral, dengan menegaskan bahwa berbohong tidak baik, merusak kepercayaan diri dan merugikan orang lain.
3)      Mencari penyebab dari tingkah laku bohong dan mengupayakan penyelesaiannya.
4)      Jika kasusnya sudah berat dan kebiasaan bohong sukar untuk diperbaiki maka diperlukan bantuan para ahli.

  1. Curang
a.       Penyebab Curang
1)      Ada tekanan dari luar untuk menjadi orang terbaik, seperti tekanan orang tua agar anak selalu menjadi juara kelas.
2)      Anak yang egosentris, sehingga selalu ingin menang.
3)      Merasa takut gagal, sebab anak tidak pernah disiapkan menghadapi konsekuensi dalam melakukan sesuatu.

b.      Cara Mengatasi Sifat Curang
1)      Orang tua menunjukkan ketidaksukaan terhadap tingkah lakunya.
2)      Anak diajarkan mengenal akibat dari sikap curang, yang akan merugikan dirinya dan orang lain.
3)      Anak curang juga karena kurang perhatian dari orang tua. Oleh karena itu berilah anak kasih sayang dan cinta tanpa syarat, hal ini dapat dilakukan dengan menunjukkan bahwa kasih sayang orang tua tidak tergantung pada prestasi anaknya saja. Hal ini tentu membuat anak nyaman dan tidak merasa terbebani. Dan perlu dijelaskan bahwa jika ia berprestasi. Itu untuk kebaikan dirinya sendiri.
4)      Rasa percaya diri perlu ditumbuhkan dengan membantu anak menerima segala kelebihan dan kekurangannya, kemampuan dan keterbatasannya.

  1. Gangguan Tingkah Laku
Berakhlak baik adalah anjuran Nabi SAW. Diantara akhlak yang baik adalah menolong sesama manusia, berhati lembut, menghormati norma sosial.
Gangguan tingkah laku adalah sikap yang berlawanan dengan norma sosial dan ini dilakukan terus menerus. Gangguan tingkah laku dapat dideteksi dengan munculnya beberapa gejala seperti : melawan, membangkang, menyerah, berkelahi, merusak, marah, mencuri, berbohong, membolos, kabur, mengganggu, kasar pada hewan dan manusia, dan terkadang paksaan sesksual. Gangguan tingkah laku ini ada yang bersifat sosial dan ada yang bersifat non sosial. Gangguan ini bisa berlaku dimana saja, bisa dalam keluarga dan bisa terjadi di tengah masyarakat. Ini bisa terjadi pada masa kanak-kanak maupun orang dewasa.
a.       Penyebab Gangguan Tingkah Laku
Ganguan tingkah laku dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya :
1)      kerusakan otak.
2)      Penganiayaan anak.
3)      Pertumbuhan yang buruk, baik oleh keluarga maupun lingkungan.
4)      Gagal di sekolah.
5)      Pengalaman pergaulan, salah memilih teman.
6)      Keluarga yang negatif.
Gangguan tingkah laku dapat berakibat fatal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami gangguan tingkah laku akan tidak bahagia di saat dewasa. Bahkan cenderung bermasalah dalam pergaulan melanggar hukum dan norma sosial.

b.      Cara Mengatasi Gangguan Tingkah Laku
1)      Perlu bimbingan psikoterapi.
2)      Pendekatan perubahan tingkah laku dalam keluarga.
3)      Pengobatan medis.
4)      Ajarkan anak untuk mengontrol rasa marahnya.
5)      Training memecahkan masalah dan keterampilan sosial.
6)      Nasehat tentang program modifikasi tingkah laku yang diterapkan di kelas.
7)      Tegakkan hukum untuk kedisiplinan.

  1. Membangkang
Membangkang berarti menentang lingkungan sosial, baik itu kepada orang tua atau gurunya. Beberapa bentuk membangkang antara lain membantah, tidak mengikuti aturan, mengerjakan larangan, melawan, protes dan mengkritik. Diantara penyebab-penyebab terjadi pembangkangan antara lain :
1)      Orang tua menerapkan disiplin yang longgar, umumnya karena orang tua tidak dapat berkata-kata “tidak” pada anaknya.
2)      Orang tua yang menjalankan disiplin secara berlebihan cenderung otoriter, dan sangat mendominasikan anak.
3)      Orang tua menjalankan disiplin dengan tidak konsisten.
4)      Orang tua selalu dalam keadaan stress dan konflik karena sibuknya kerja.
5)      Anak kreatif, hingga tidak mau diatur dan ia hanya melakukan apa yang ia inginkan.
6)      Anak marah, kecewa terhadap orang tua dan lingkungannya.
7)      Adanya contoh dari orang tua yang tidak taat hukum dan tidak menghargai peraturan.
8)      Anak cerdas dan biasanya juga suka membantah namun bedanya anak ini lebih konsekuen dengan tingkah lakunya.
9)      Anak terlalu lelah, sakit, lapar dan perasaan tidak mengenakkan lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi sikap membangkang ;
-          Jika anak sering melakukan sikap ini, maka carilah pembimbing yang profesional.
-          Tanpa campur tangan dari orang tua dan lingkungannya anak-anak terus berlaku tidak baik di sekolah, mendapat kesulitan dalam menangani pekerjaan sekolah dan terus melakukan tingkah laku kekerasan.
-          Pendekatan perlakuan yang terbaik untuk anak-anak kecil dengan pola perilaku yang dimodifikasi dibawah pengawasan yang ahli dan berkualitas.
-          Terkadang anak mengekspresikan pembangkangannya dengan menolak aturan dengan cara menghindar atau tanpa melakukan apa-apa. Namun ada juga yang menyatakan “tidak” secara verbal. Untuk itu orang tua perlu menerapkan disiplin yang tegas dan baik.
-          Suasananya keluarga harus dibuat tenang, tentram dan damai serta memberi contoh yang baik.

Demikianlah beberapa hal negatif yang sering terjadi pada diri anak. Jika orang tua lengah dalam menjaga dan mendidik anak-anaknya. Masalah yang ada bukan hanya menyusahkan orang tua namun juga lingkungannya dan para guru di sekolah. Tingkah laku diatas juga akan membuat anak tersisih dan di jauhi oleh teman sebayanya.
Oleh sebab itu suka atau tidak, orang tua harus melihat kembali pla pendidikan apa yang selama ini ia laksanakan. Sudahkan orang tua menjadi contoh yang baik, dan sudahkan rumah menjadi tempat anak belajar hal-hal yang baik. Rumah seharusnya menjadi tempat dimana anak bisa belajar banyak hal. Namun kenyataan di zaman sekarang ini ad alah banyak orang tua yang hanya memenuhi kebutuhan jasmani anak tanpa memperhatikan kebutuhan rohaninya. Hingga tidak heran muncul generasi-generasi yang hanya mementingkan urusan-urusan penampilan, gaya dan hal yang bersifat glamor lainnya, tanpa mereka bisa memikirkan hal-hal yang bersifat nilai-nilai yang berkaitan dengan moral, etika dan lainnya, yang akan membawa mereka selamat dari berbagai dampak yang merusak masa depan mereka kelak. Tidak bisa di pungkiri di samping kekurangan waktu orang tua dalam mendidik anak-anak, juga ada hal lain yang membuat nilai-nilai pendidikan moral tidak diperhatikan lagi. Diantaranya media elektronik terutama TV. Hampir semua rumah tangga sekarang memiliki media ini malahan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun sedikit sekali nilai-nilai pendidikan yang bisa diambil dari siaran dan acara yang ada. Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan berbagai suguhan hiburan yang kosong dari nilai pendidikan positif. Jam tayangnya pun diatur sedemikian rupa di saat di saat seharusnya anak belajar anak-anak belajar tapi acara kesayangannya sedang tayang. Ini membuat konsentrasi anak terganggu dan buyar. Sungguh hal yang sangat memprihatinkan. Kebanyakan anak lebih betah berjam-jam di depan TV ketimbang membaca buku dan majalah.
Jika masalah diatas tgidak disikapi oleh orang tua secara serius, maka jangan salahkan anak jika suatu saat kita kaget dengan tingkah laku anak yang tidak pernah kita duga sebelumnya.
Banyak kasus di masyarakat, dalam suatu keluarga tiba-tiba anak terjerat narkoba, orang tua panik dan memarahi anak. Padahal jika sejak dini orang tua menjalankan fungsinya secara maksimal maka hal ini mungkin tidak akan terjadi, misalnya orang tua mengontrol anaknya, mengenal teman-teman anaknya hingga mengetahui kemana saja mereka pergi.
Hal ini dapat dilakukan jika orang tua dapat meluangkan waktu untuk putra-putrinya. Dalam sebuah penelitian di temukan bahwa :
1.      Anak laki-laki yang ayahnya sibuk dan jarang pulang beresiko kena narkoba sebesar 35%.
2.      Anak wanita yang ayahnya sibuk dan jarang pulang beresiko kena narkoba sebesar 15%.
3.      Anak laki-laki yang ibunya sibuk dan jarang pulang beresiko kena narkoba sebesar 24%.
4.      Anak perempuan yang ibunya sibuk dan jarang pulang beresiko kena narkoba sebesar 22%.
Dari penelitian diatas dari keluarga yang kurang harmonis dan orang tua yang sibuk ank bisa terjerat narkoba, disamping pengaruh lingkungan  dan teman bergaul anak. Secara garis besar anak terjerat narkoba disebabkan bujukan teman dan bubuk setan itu sendiri mudah didapatkan. Seperti yang pernah dilansir oleh media bahwa narkoba sudah sampai ketangan anak TK, ini hal yang sangat memprihatinkan sekali akan jadi apakah bangsa ini kedepan jika generasi telah rusak.

Jumat, 26 Februari 2016

Makalah Lengkap Tentang Internet


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dimana saja teman-teman membaca saat ini, sulit untuk menghindar dari informasi atau tulisan tentang teknologi informasi dan internet. Hal ini tidak hanya terjadi di Negara Amerika sana tetapi di Indonesia juga. Surat kabar dan majalah dipenuhi dengan cerita sukses dan gagal dari individu dan berbagai lembaga atau perusahaan yang merangkul internet.
Makalah ini kami susun dalam rangka memenuhi tugas teknologi informasi yang diberikan oleh guru kami. Makalah singkat ini juga akan sedikit mengulas manfaat IT dan internet di bidang pendidikan atau bagi pelajar.

1.2  Tujuan
Makalah ini kami susun dengan tujuan menjelaskan kepada teman-teman tentang seputar IT dan internet. Apa itu internet ?, dan apakah manfaatnya.
Sebagai contoh, jika teman-teman mengetahui bahwa akan terjadi sebuah demonstrasi di daerah tertentu, maka teman-teman pasti akan menghindari daerah tersebut. Contoh diatas menunjukkan informasi telah menjadi suatu komoditas yang berharga. Itulah sebabnya kita memiliki situs-situs web yang sangat berguna untuk mendapatkan informasi. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dulu apa itu yang dimaksud dengan internet?.
Semoga makalah ini dapat berguna bagi teman-teman, akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Makalah Lengkap Tentang Internet

BAB II
ISI

2.1  Latar Belakang Internet
Cikal bakal dari internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969. tujuannya untuk menghubungkan para periset ke pusat-pusat komputer, sehingga mereka bisa bersama-sama memanfaatkan sarana komputer seperti disk space, data base dan lain-lain. Kegiatan ini disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bersama lembaga yang dinamakan Advanced Research Projects Agency (ARPA).
Diawal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.
Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama kelamaan disebut sebagai Internet saja. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung. Pada saat ini internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negara di 7 benua). Sekitar 25 juta orang dapat saling mengirimkan pesan melalui internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial (melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain.

2.2  Apa Itu Internet
Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit, dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standar ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di internet.
Protokol TCP/IP ini memberikan suatu IP Number (nomor IP) yang unik untuk tiap komputer yang terhubung ke Internet sehingga lalu lintas data di Internet dapat diatur. Untuk memudahkan kita mengingat maka dibuatlah IP Address (alamat IP) sebagai representasi dari normor IP.
Contoh nomor IP : 202.43.253.4
Contoh alamat IP : peter.petra.ac.id
Masing-masing komputer di Internet memiliki kandungan informasi yang bergitu beragam, mulai dari hal-hal yang sepele sampai dengan hal-hal yang serius seperti penelitian. Hal ini memungkinkan terjadinya sharing of resources di Internet.

2.3  Manfaat Internet
Adapun manfaat-manfaat dari internet :
  • Komunikasi
Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan internet yang telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau suatu lembaga di Internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus di keluarkan.
  • Informasi
Seperti telah di singgung diatas, karena begitu banyaknya komputer yang terhubung ke Internet, dimana masing-masing komputer memiliki kandungan informasinya sendiri-sendiri, maka gabungan seluruh informasi di Internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya internet itu sendiri.
  • Kolaborasi
Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di manapun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui internet.

2.4  Bagaimana Menghubungkan Diri Ke Internet ?
Untuk menghubungkan diri ke internet, kita perlu berlangganan ke suatu Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider – ISP). ISP dapat dianggap sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke Internet. Kita tinggal mencari ISP yang berlokasi di kota yang sama dimana kita tinggal atau kota terdekat.
Ada 2 (dua) macam cara kita dapat menghubungkan diri ke Internet, yaitu :
  1. Dial-up Connection
Dial-up Connection merupakan koneksi ke Internet yang bersifat sementara. Untuk Dial-up Connection ini yang kita butuhkan adalah :
Ø  Perangkat Keras (Hardware) :
·         Komputer
·         Modem
·         Saluran Telepon
Ø  Perangkat Lunak (Software)
Pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan. Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, logn tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Ø  Yang perlu kita lakukan adalah :
·         Berlangganan ke salah satu ISP terdekat.
·         Memasang modem ke komputer kita.
·         Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP.
·         Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP.
Setelah komputer kita terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan kita di internet. Hubungan kita ke Internet hanya terjalin selama kita mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itupula komputer kita terputus dari Internet dan kembali berfungsi sebagai komputer yang biasanya kita gunakan.
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Ternyata “kunjungan” kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).

  1. Dedicated Connection
Dedicated Connection bersifat menetap artinya hubungan ke internet berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, non stop. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi lain dengan jumlah karyawan dan komputer yang cukup banyak. Bila kebutuhan akses internet sudah sangat besar maka adalah tidak efisien untuk menghubungkan masing-masing komputer ke Internet dengan jenis koneksi dial-up. Dapat dibayangkan berapa banyak modem dan saluran telepon yang harus disediakan dan berapa biaya telekomunikasi yang harus ditanggung perusahaan.
Suatu institusi yang menggunakan jenis koneksi ini akan membuat jaringan komputer lokal (Local Area Network – LAN) di lokasinya dan menghubungkan LAN mereka ke Internet Melalui suatu ISP dengan hanya menggunakan 1 (satu) buah modem dan saluran telepon sewa (leased line) yang online selama 24 jam non-stop). Semua komputer yang terhubung ke LAN institusi tersebut akan memiliki akses ke Internet melalui jalur yang sama. Tentunya diperlukan peralatan tambahan untuk jenis koneksi ini.
Agar semua komputer yang dapat dibuat berjaringan, maka tiap-tiap komputer harus dilengkapi dengan Ethernet Card. Sebagai alat untuk membentuk jaringan adalah Hub. Agar jaringan lokal (LAN – Local Area Network) kita dapat disambungkan dengan Internet, maka LAN kita harus dihubungkan ke salah satu ISP melalui Router dan Modem khusus. Dengan cara ini hanya diperlukan satu jalur komunikasi untuk melayani semua komputer yang ada di LAN kita. Saat LAN kita tersambung ke Internet, masing-masing komputer di LAN kita seolah-olah menjadi bagian dari Internet itu sendiri.

2.5  Apa Saja Aplikasi Yang Dapat Dijalankan di Internet ?
Bila kita mengumpamakan Internet sebagai suatu jalan raya, maka aplikasi yang digunakan di Internet dapat dibayangkan sebagai jenis-jenis kendaraan yang bisa melewati jalan raya tersebut (ada jenis mobil, truk, bis, sepeda, becak, dll). Masing-masing aplikasi memiliki kegunaannya masing-masing.
  1. Surat Elektronik (Electronic Mail / E-mail)
Surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat yang biasanya kita kirimkan. Hanya saja media penyampaiannya tidak lagi menggunakan alat transportasi mobil, kapal atau pesawat terbang, namun menggunakan jaringan Internet. Bila pada surat biasa diperlukan alamat tujuan agar pesan kita dapat sampai, maka di Internet pun suatu surat elektronik perlu memiliki suatu alamat yang disebut dengan alamat surat elektronik (E-mail Address). Bentuk alamat surat elektronik tersebut adalah :
userid@host.domain, anugraha@peter.petra.ac.id
Dimana :
anugraha          = userid (biasanya merupkan singkatan nama kita).
peter                = nama komputer/server (hostname) yang kita gunakan.
Petra.ac.id       = nama domain (domain name) dari UK. Petra
Nama Komputer / Server (Host Name). Host name adalah nama dari komputer / server dimana kita terdaftar. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap komputer memiliki IP Address, maka host name ini merupakan komponen penyusun IP Address tersebut. Kita dapat menamai komputer / server kita sesuai dengan keinginan kita.
Pada contoh sebelumnya nama “peter” dipakai untuk menamai salah satu server di UK Petra. Sehingga bila kita terdaftar sebagai pengguna Internet di server peter, maka kita akan memiliki E-mail Address dengan format :
userid@peter.petra.ac.id
 Yang menunjukkan bahwa kita (userid) adalah pengguna internet yang terdaftar di server peter yang terletak di suatu institusi yang bernama Petra (suatu Institusi Pendidikan) yang berlokasi di negara Indonesia.
Nama Domain (Domain Name). nama domain di Internet selalu diakhiri dengan 2 huruf yang menunjukkan nama negara tempat pemilik E-mail Address berada. Nama domain “id” berarti “Indonesia”. Beberapa contoh nama domain negara-negara lain :
sg         : Singapura
my       : Malaysia
th         : Thailand
au        : Australia; dan lain-lain
Perkecualian adalah untuk negara Amerika Serikat (USA) dimana huruf akhir dari nama domain-nya berjumlah 3 huruf dan tidak mencerminkan nama negaranya namun menunjukkan jenis institusinya. Berikut daftar nama domain untuk negara Amerika Serikat :
edu      : pendidikan (education)
gov      : pemerintahan (government)
com     : bisnis/komersial (commercial)
mil       : militer (military)
net       : institusi yang berhubungan dengan jaringan komputer
  (networking)
org       : organisasi lain yang tidak tercakup dalam kategori-kategori diatas
Negara-negara lain selain Amerika, menempatkan pembagian kategori serupa di depan kode negaranya, seperti keterangan berikut :
ac         : pendidikan (academic)
go        : pemerintahan (government)
co        : bisnis (commercial)
net       : idem
or         : idem
Sesuai fungsinya, E-mail pada umumnya banyak digunakan sebagai sarana komunikasi yang murah meriah, namun sangat canggih karena selain pesan-pesan yang dapat kita sampaikan, kitapun dapat mengirimkan file-file berupa attachment (pada surat biasa disebut lampiran) berupa program, gambar, suara maupun animasi atau video melalui E-mail.
Pada surat elektronik juga terdapat fasilitas “Carbon Copy” (Cc) yang dalam surat biasa disebut dengan “Tembusan”, dan “Subject” yangd pada surat biasa disebut dengan “Perihal”. Pada dasarnya surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat biasa, sedangkan bagian-bagiannya pun memiliki kemiripan seperti telah dijelaskan diatas.
Untuk fungsi manajemennya disediakan beberapa mailbox (kotak surat) standard pada setiap software E-mail, yaitu Inbox (surat masuk), Outbox (surat siap dikirim), Sent Items (surat yang telah terkirim), dan Deleted Items (surat yang telah dihapus).

2.6  Jaringan Jagad Jembar – JJJ (World Wide Web – WWW)
WWW ini merupakan aplikasi internet kedua yang paling banyak digunakan orang, namun juga merupakan aplikasi internet yang paling disukai karena tampilannya yang multimedia. Informasi-informasi yang terkandung di server-server yang terhubung ke Internet pada umumnya dipresentasikan melalui media WWW dalam format HTML (Hypertext Markup Language).
Format HTML inilah yang memungkinkan penyajian informasi melalui WWW menjadi sangat menarik. Halaman depan suatu tampilan informasi biasanya dikenal dengan sebutan Serambi Depan (Homepage). Dari Serambi Depan ini kita akan menjumpai suatu tampilan informasi yang memiliki banyak link ke informasi lain yang lebih detil. Kita tidak perlu tahu dimana informasi-informasi tersebut berada, yang perlu kita lakukan hanyalah mengklik informasi yang kita inginkan dan informasi yang kita inginkan tersebut akan di tampilkan dilayar komputer kita. Konsep penyajian informasi dengan banyak link ini disebut dengan hypertext. Untuk melihat isi suatu homepage, kita memerlukan alat bantu yang disebut perawak (browser). Browser yang umum dipakai adalah Internet Explorer (dari Microsoft) atau Netscape Navigator (dari Netscape Communication).
Alamat Internet untuk WWW disebut dengan URL (Uniform Resource Locator atau Universal Resource Locator) dan memiliki format sebagai berikut :
protokol://www/domain/path/file.htm
http://www.petra.ac.id/english/petra/index.htmdimana:
http = jenis protokol yang digunakan (Hypertext Transfer Protocol)
petra.ac.id = nama domain UK Petra
english/petra/ = path atau bisa juga disebut direktori tempat suatu file tersimpan.
Index.htm = nama file yang menyimpan informasi yang ditampilkan pada umumnya berakhiran dengan .htm atau .html.
Protocol di sini selain http dapat pula berupa ftp (File Transfer Protocol), gopher, telnet dii yang akan dijelaskan kemudian. Pada umumnya URL dimiliki oleh suatu instansi, namun sebagai pribadi kita pun dapat memiliki URL tersendiri di Internet, yang biasanya disebut homepage pribadi (Personal Homepage) yang format umumnya adalah http//home.mitra.net.id/~anugraha dimana anugraha adalah userid yang dimiliki yang menunjukkan keanggotaan dari suatu ISP (dalam contoh ini yaitu MitraNet). Tanda “~” biasanya dibaca “tilde”.

2.7  Gopher
Gopher sendiri berarti tikus tanah, yang membangun sarangnya dibawah tanah berupa saluran-saluran yang saling terhubung satu sama lain membentuk jaringan terowongan bawah tanah. Karena sifat inilah maka nama Gopher dipakai. Gopher suatu kumpulan informasi di Internet yang disusun secara hirarkis (berbasis menu). Bila WWW adalah kumpulan informasi yang disusun berbasis hypertext maka di dalam Gopher juga dijumpai prinsip hypertext ini, namun semuanya dipresentasikan dalam bentuk menu. Bila kita mengklik suatu menu, kita akan dibawa ke suatu menu baru yang lebih detil. Demikian seterusnya sampai kita menemukan informasi (dokumen) yang kita inginkan.
Gopher saat ini dapat diakses dengan menggunakan aplikasi yang sama dengan WWW, yaitu menggunakan perawak (browser). Bahkan kita dapat saja berpindah dari suatu WWW ke Gopher tanpa kita sadari. Misalnya saat kita sedang membuka suatu homepage di Internet dan kita tertarik untuk mengklik suatu informasi yang tampil di layar. Tiba-tiba saja kita sudah dibawa ke suatu tampilan baru dalam bentuk menu yang ternyata adalah Gopher. Saat ini Gopher mulai banyak ditinggalkan orang karena tampilannya yang tidak menarik dan tidak mampu menampilkan informasi dalam bentuk multimedia seperti WWW. Hal ini bukan berarti Gopher sudah sama sekali tidak digunakan orang.

2.8  FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi yang digunakan untuk memindahkan (transfer) file dari suatu komputer ke komputer yang terhubung ke Internet ke komputer lain yang juga terhubung ke internet. Bila kita biasanya mengkopy suatu file dari hard disk ke disket, maka konsep yang sama digunakan, bedanya hanya file dipindahkan antar komputer-komputer di Internet. Ada 2 macam FTP yang bisa kita lakukan.
Pertama adalah FTP biasa. Biasa di sini diartikan bahwa kita memiliki akses ke suatu server dimana kita terdaftar di sana. Misal server dari ISP dimana kita berlangganan. Di server ISP kita, setiap pelanggan memiliki tempat (space) yang disebut home directory. Kita hanya berhak masuk ke home directory milik kita sendiri dan tidak bisa masuk ke home directory orang lain. Untuk masuk ke home directory kita, diperlukan username (login) dan password yang pada umumnya sama dengan username (login) dan password yang kita gunakan untuk konek ke ISP kita.
Jenis FTP yang kedua adalah anonymous FTP yang berarti kita mengambil file-file dari suatu tempat umum (public). Tempat umum yang dimaksud di sini adalah suatu server yang memang menyediakan file-file untuk diambil oleh orang-orang lain melalui internet. File-file ini bisa berupa file permainan (game), lagu, video, bahkan laporan hasil penelitianpun ada
yang disediakan secara bebas. Untuk anonymous FTP kita cukup menggunakan login “anonymous” dan E-mail Address kita sebagai password. Kita akan langsung dibawa masuk ke dalam sistem dan kita harus masuk ke dalam directory “pub” (public).

2.9       Telnet (Remote Login)
Telnet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalnya komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita tahu alamat (server) tujuan, maka dengan menjalankan telnet, kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah-perintah di server tersebut seolah-olah kita sedang berada di lokasi yang sama dengan server tersebut. Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog terpasang (online catalog) dari perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke Internet. Dengan menggunakan katalog terpasang tersebut kita seolah-olah sedang berada di dalam perpustakaan yang bersangkutan, mampu menelusur koleksi yang dimiliki perpustakaan itu.
Pada perkembangannya fungsi katalog terpasang melalui telnet ini sudah banyak digantikan oleh katalog terpasang melalui WWW karena selain tampilan yang bagus juga sangat mudah penggunaannya karena kita tidak perlu mengetikan perintah (command) apapun seperti yang masih harus kita lakukan melalui telnet.


2.10   Implikasi di Bidang Pendidikan
Sejarah IT dan Internet tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Internet di Amerika mulai tumbuh dari lingkungan akademis (NSFNET), seperti diceritakan dalam buku “Nerds 2.0.1”. Demikian pula Internet di Indonesia mulai tumbuh di lingkungan akademis (di UI dan ITB), meskipun cerita yang seru justru muncul di bidang bisnis. Mungkin perlu diperbanyak cerita tentang manfaat internet bagi bidang pendidikan.
Adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya sudah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. (Berapa banyak perpustakaan di Indonesia, dan bagaimana kualitasnya?) Adanya Internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Mekanismenya akses perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan program khusus (biasanya menggunakan standar Z39.50, seperti WAIS), aplikasi telnet (seperti pada aplikasi hytelnet) atau melalui web browser (Netscape dan Internet Explorer). Sudah banyak cerita tentang pertolongan Internet dalam penelitian, tugas akhir. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui internet. Tanpa adanya internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.
Kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Irian dapat berdiskusi masalah kedokteran dengan seorang pakar di Universitas terkemuka di pulau Jawa. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
Sharring information juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi.
Distance learning dan virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi Internet. Bahkan tak kurang pakar ekonomi Peter Drucker mengatakan bahwa “Triggered by the Internet, continuing adult education may will become our greatest growth industry”. (Lihat artikel majalah Forbes 15 Mei 2000). Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, dari mana saja.
Bagi Indonesia, manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat Internet bagi bidang pendidikan di Indonesia :
  • Akses ke perpustakaan;
  • Akses ke pakar;
  • Menyediakan fasilitas kerjasama.
Inisiatif-inisiatif penggunaan IT dan internet di bidang pendidikan di Indonesia sudah mulai bermunculan. Salah satu inisiatif yang sekarang sedang giat kami lakukan adalah program “sekolah 2000”, dimana ditargetkan sejumlah sekolah (khususnya SMU dan SMK) terhubung ke Internet pada tahun 2000 ini. (Informasi mengenai program sekolah 2000 ini dapat diperoleh dari situs Sekolah 2000 di http://www.sekolah2000.or.id) Inisiatif seperti ini perlu mendapat dukungan dari kita semua. Ingat, ini masa depan anak cucu kita semua.
2.11   Permasalahan Internet Untuk Pendidikan
Penjabaran diatas tentunya membawa kita pada pertanyaan mengapa kita belum banyak menggunakan Internet untuk keperluan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa alasan, dimana sebagian akan diungkapkan pada bagian-bagian dibawah ini.
Ø  Kurangnya Penguasaan Bahasa Inggris
Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di Internet tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu keunggulan (advantage).
Ø  Kurangnya Sumber Informasi Dalam Bahasa Indonesia
Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharring), misalnya dengan membuat materi-materi pendidikan di Internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti ini sudah ada namun masih kurang banyak. Contohnya : untuk Indonesia http://untukmu.indonesiaforum.org
Ø  Akses Internet Masih Mahal
Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah dimasa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama dari Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.
Ø  Akses Internet Masih Susah Diperoleh
Beberapa daerah di Indonesia masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses internet.
Ø  Guru Belum Siap
Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan Internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua (2) soal dan menyimpannya di Internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1  Kesimpulan
Dari makalah yang cukup singkat ini kami dapat menyimpulkan bahwa internet sangat berguna bagi siapa saja terutama bagi pelajar dan dunia pendidikan. Di Internet siapa saja dapat memperoleh informasi dengan cepat dan mudah tanpa membuang banyak waktu selain untuk mendapatkan informasi, internet juga sangat berguna untuk berkomunikasi antar sesama computer tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Contohnya bagi pelajar, internet menghilangkan batasan ruang dan waktu antara siswa dan pakar di dua tempat yang berbeda. Seorang siswa di makasar berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di luar negeri. Kolaborasi atau kerja sama antara pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan mudah, efisien dan lebih murah. Hal ini dapat membuktikan kalau TI dan Internet sangat berguna bagi dunia pendidikan dan bagi pelajar.

3.2  Saran
Di Negara kita, Republik Indonesia Internet belum begitu banyak orang-orang yang mengenal Internet dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, oleh karena itu kami memberikan supaya dunia TI dan Internet di Indonesia dapat lebih maju dan dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia. TI dan Internet dapat berguna bagi siapa saja, tidak ada salahnya pemerintah dapat memperkenalkan internet kepada Warga Negara Indonesia yang belum mengerti apa itu Internet dan apa manfaatnya. Tetapi akhir-akhir ini kami sering mendengar, bahwa salah satu perusahaan komunikasi di Indonesia yaitu Telkom telah menjalankan suatu program untuk memperkenalkan internet kepada masyarakat desa dan sekolah-sekolah yang juga belum mengenal Internet. Kita harus bangga kepada pemerintah atau lembaga-lembaga yang berusaha memperkenalkan internet kepada masyarakat Indonesia.