Dampak Penyediaan Fasilitas Information Sharing terhadap Prinsip Manajemen
Kemampuan teknologi informasi dalam menyediakan
fasilitas informasi sharing dapat menciptakan organisasi yang memiliki
karakteristik sangat berbeda dengan
organisasi yang dikenal di masa lalu.
Setiap organisasi dibangun dengan empat macam batas :
1.
Batas vertikal, yaitu
batas-batas antara tingkat atau jenjang manajer dalam organisasi, sehingga
memisahkan antara pemimpin dan pengelola dengan yang dipimpin dan yang
dikelola.
2.
Batas horisontal, yaitu
batas-batas antara fungsi dan disiplin.
3.
Batas eksternal, yaitu
batas-batas antara organisasi dengan pemasok, customer, dan badan pengatur.
4.
Batas geografis, yaitu
batas-batas antara bangsa, kultur, dan pasar.
Namun, batas-batas yang ketat dan tidak fleksibel akan
mengganggu interaksi antarorganisasi dan antarkomponen organisasi, sehingga
organisasi tidak dapat dengan cepat melayani kebutuhan customer, tidak dapat
fleksibel dalam menghadapi perubahan kebutuhan customer, tidak terpadu dalam
menghadapi lingkunga bisnis yang turbulen, dan tidak inovatif dalam menghadapi
persaingan.
Batas vertikal dapat dikurangi sampai ke tingkat
minimum, dengan meningkatnya kemampuan knowledge workers untuk melakukan akses
langsung ke shared database yang diselenggarakan oleh perusahaan.
Dengan demikian teknologi informasi memungkinkan
dibangunnya cross functional organization, struktur organisasi yang
diorientasikan ke sistem yang digunakan untuk menghasilkan value bagi
customers.
Teknologi informasi juga memungkinkan hubungan
berkualitas (quality relationship) antarorganisasi perusahaan dapat dibangun,
sehingga jejaring organisasi yang terbentuk dapat menghasilkan value terbaik
bagi customers. Batas eksternal dapat ditembus dengan dimanfaatkannya
electronic data interchange (EDI) dan electronic fund transfer (EFT), sehingga transaksi
bisnis antarorganisasi dapat diselenggarakan dengan cepat, andal, tepat, dan
kompleks.
Prinsip-prinsip manajemen yang digunakan untuk mengelola
jejaring organisasi, organisasi dengan sedikit jenjang, dan organisasi lintas
fungsional sangat berbeda dengan prinsip-prinsip manajemen yang dikembangkan
dalam manajemen tradisional.
0 Response to "Dampak Penyediaan Fasilitas Information Sharing terhadap Prinsip Manajemen"
Posting Komentar