Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online (Contoh Makalah)
PEMASARAN LANGSUNG DAN
PEMASARAN ONLINE
Pemasaran langsung adalah hubungan langsung dengan
konsumen individual yang ditargetkan secara hati-hati untuk meraih respon
segera dan mencapai hubungan pelanggan yang abadi.
A. Model Baru Pemasaran
Langsung
Pemasar langsung awal perusahaan
katalog, surat langsung, dan telemarketer mengumpulkan nama pelanggan dan
menjual barang berutama lewat surat dan telepon. Meskipun demikian, saat ini
didorong oleh kemajuan pesat dalam teknologi database dan media pemasaran baru
terutama Internet, pemasaran langsung telah mengalami perubahan dramatis.
Menurut Kepala Direct Marketing Association, Dalam tahun-tahun terakhir,
pertumbuhan dramatis Internet dan peningkatan teknologi database canggih telah
menciptakan ekspansi pemasaran langsung yang luar biasa serta perubahan besar
tentang arti pemasaran langsung, cara penggunaannya, dan siapa yang
menggunakannya.
B. Pertumbuhan dan Manfaat
Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung telah menjadi bentuk
pemasaran yang berkembang paling pesat. Menurut Direct Marketing Association,
perusahaan AS membelanjakan $161 miliar untuk pemasaran langsung tahun lalu,
memasuki sekitar 48 persen total belanja iklan AS. Pengeluaran ini menghasilkan
sekitar $1,85 triliun penjualan pemasaran langsung, atau sekitar 7 persen total
penjualan dalam ekonomi AS. Dan penjualan yang digerakkan pemasaran langsung
tumbuh pesat. DMA memperkirakan bahwa penjualan pemasaran langsung akan tumbuh
6,4 persen setiap tahun pada tahun 2009, dibandingkan dengan proyeksi 4,8
persen pertumbuhan tahunan untuk total penjualan AS.
Manfaat Bagi Pembeli
Bagi pembeli, pemasaran langsung
bersifat menyenangkan, mudah, dan pribadi. Pemasar langsung tidak pernah berada
di dekat pintu rumah mereka, dan pelanggan tidak perlu berjuang menembus lalu
lintas, menemukan tempat parkir, dan berjalan ke toko untuk mencari produk.
Model baru pemasaran langsung adalah
perusahaan seperti GEICO telah membangun seluruh pendekatan mereka terhadap
pasar melalui pemasaran langsung: kunjungi geico.com atau hubungi
1-800-947-auto.
Manfaat Bagi Penjual
C. Database Pelanggan dan
Pemasaran Langsung
Database pelanggan adalah kumpulan
data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek,
meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
Pemasaran langsung yang efektif
dimulai dengan database pelanggan yang baik. Database pelanggan (customer
database) adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan
individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan
perilaku. Database pelanggan yang baik bisa menjadi alat membangun hubungan
yang potensial. Database memberikan kilasan cara pandang dan perilaku pelanggan
kepada perusahaan. Kata seorang ahli “Sebuah perusahaan hanyalah sebaik yang
mereka tahu (tentang pelanggannya)”.
D. Bentuk Pemasaran Langsung
Bentuk utama pemasaran langsung
meliputi penjualan personal, pemasaran pengepasan langsung, pemasaran katalog,
pemasaran telepon, pemasaran televisi respons langsung, pemasaran kios,
teknologi pemasaran langsung digital baru, dan pemasaran online.
Pemasaran Pengeposan Langsung
Pemasaran pengeposanlangsung adalah
pemasaran langsung dengan mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat, atau
barang lain kepada seseorang di alamat tertentu.
Pemasaran Katalog
Pemasaran katalog adalah pemasaran
langsung melalui media cetak, video, atau katalog elektronik yang dikirimkan
keapda pelanggan terpilih, tersedia di toko-toko, atau dihadirkan secara
online.
Pemasaran Telepon
Pemasaran telepon adalah menggunakan
telepon untuk menjual secara langsung kepada pelanggan.
Pemasaran Televisi Respon Langsung
Pemasaran televisi respon langsung
adalah pemasaran langsung melalui televisi, termasuk iklan televisi respon
langsung (atau infokomersial) dan saluran belanja rumah.
E. Pemasaran Online
Pemasaran online adalah usaha
perusahaan untuk memasarkan produk dan pelayanan serta membangun hubungan
pelanggan melalui Internet.
Pemasaran dan Internet
Internet adalah jaring publik luas
dari jaringan komputer yang menghubungkan segala jenis pengguna di seluruh
dunia satu sama lain dan menghubungkan mereka dengan penyimpanan informasi yang
sangat besar.
Bisnis ke Konsumen (B2C)
Pemasaran online bisnis ke konsumen
(B2C) adalah menjual barang dan jasa secara online kepada konsumen akhir.
Bisnis ke Bisnis (B2B)
Pemasaran online bisnis ke bisnis
(B2B) menggunakan situs web B2B, e-mail, katalog produk online, jaringan dagang
online, dan sumber daya online lainnya untuk menjangkau pelanggan bisnis baru,
melayani pelanggan saat ini dengan lebih efektif, dan meraih efisiensi
pembelian dan harga yang lebih baik.
Konsumen ke Konsumen
Pemasaran online konsumen ke konsumen
(C2C) adalah pertukaran barang dan informasi secara online antara konsumen
akhir.
Sebagian besar pemasaran online
konsumen ke konsumen (C2C, Consumer to Consumer) dan komunikasi terjadi di Web
antara pihak yang berminat atas kisaran luas produk dan subjek. Dalam beberapa
kasus, internet menyediakan alat yang sangat baik dimana konsumen dapat membeli
atau menukarkan barang atau informasi secara langsung satu sama lain.
Konsumen ke Bisnis (C2B)
Pemasaran online konsumen ke bisnis
(C2B) adalah pertukaran online dimana konsumen mencari penjual, mempelajari
penawaran mereka, dan mengawali pembelian, kadang-kadang bahkan menggerakkan
syarat transaksi.
Tempat pemasaran online yang terakhir
adalah pemasaran online ke konsumen ke bisnis (C2B, Consumer to Business).
F. Jenis Pemasar Online
Perusahaan Klik dan Semen
Perusahaan klik dan semen adalah
perusahaan “bata dan semen” tradisional yang telah menambah pemasaran online ke
operasi mereka.
Situs Web perusahaan
Situs Web perusahaan adalah situs web
yang dirancang untuk membangun itikad baik pelanggan dan melengkapi saluran
penjualan lain, dan bukan untuk menjual produk perusahaan secara langsung.
Situs Web pemasaran adalah situs web
yang melibatkan konsumen dalam interaksi yang akan menggerakkan mereka lebih
dekat ke pembelian langsung atau hasil pemasaran lainnya.
Iklan Online
Iklan online adalah iklan yang muncul
ketika konsumen berselancar di Web termasuk iklan pajangan (spanduk,
interstitials, ikan pop-up), iklan yang berhubungan dengan pencarian, iklan
baris online (classifieds online), dan bentuk lainnya.
Pemasaran Viral
Pemasaran viral versi internet dari
pemasaran mulut ke mulut situs web, pesan e-mail, atau kegiatan pemasaran
lainnya yang sangat menular sehingga pelanggan ingin membagikannya kepada teman
mereka.
Komunitas Web
Komunitas Web adalah situs web dimana
para anggotanya berkumpul secara online dan bertukar pikiran mengenai hal yang
diamati bersama.
Spam
Spam adalah e-mail komersial yang
tidak diminta, dan tidak diinginkan.
Pemasaran Langsung Terintegrasi
Pemasaran langsung terintegrasi
adalah kampanye pemasaran langsung yang menggunakan berbagai wahana dan
berbagai tahap untuk meningkatkan tingkat respons dan laba.
saya sangat tertarik dengan artikel ini, beruntung sekali menemukan artikel ini dipencarian, semoga menambah referensi saya tentang belajar online marketing
BalasHapus