Contoh Makalah Tentang Fungsi Pendidikan Jasmani
FUNGSI PENDIDIKAN JASMANI
A. Aspek Organik
- Menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baik sehingga individu dapat memenuhi tuntutan lingkungannya secara memadai serta memiliki landasan untuk mengembangkan keterampilan.
- Meningkatkan kekuatan yaitu jumlah tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh otot atau kelompok otot.
- Meningkatkan daya tahan yaitu kemampuan otot atau kelompok otot untuk menahan kerja dalam waktu yang lama.
- Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, kapasitas individu untuk melakukan aktivitas yang berat secara terus menerus dalam waktu yang lama.
- Meningkatkan fleksibelitas, yaitu: rentang gerak dalam persendian yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang efisien dan mengurangi cidera.
B. Aspek Neuromuskuler
- Meningkatkan keharmonisan antara fungsi saraf dan otot.
- Mengembangkan keterampilan lokomotor, seperti: berjalan, berlari, melompat, meloncat, meluncur, melangkah, mendorong, menderap/ mencongklang, bergulir, dan menarik.
- Mengembangkan keterampilan non-lokomotor, seperti: mengayun, melengok, meliuk, bergoyang, meregang, menekuk, menggantung, membongkok.
- Mengembangkan keterampilan dasar manipulatif, seperti: memukul, menendang, menangkap, berhenti, melempar, mengubah arah, memantulkan, bergulir, memvoli.
- Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti: ketepatan, irama, rasa gerak, power, waktu reaksi, kelincahan.
- Mengembangkan keterampilan olahraga, seperti: sepak bola, soft ball, bola voli, bola basket, baseball, atletik, tennis, beladiri dan lain sebagainya.
- Mengembangkan keterampilan rekreasi, seperti: menjelajah, mendaki, berkemah, berenang dan lainnya.
C. Aspek Kognitif
- Mengembangkan kemampuan menggali, menemukan sesuatu, memahami, memperoleh pengetahuan dan membuat keputusan.
- Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan, keselamatan, dan etika.
- Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.
- Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsi tubuh dan hubungannya dengan aktivitas jasmani.
- Menghargai kinerja tubuh: penggunaan pertimbangan yang berhubungan dengan jarak, waktu, tempat, bentuk, kecepatan, dan arah yang digunakan dalam mengimplementasikan aktivitas dan dirinya.
- Meningkatkan pemahaman tentang memecahkan problem-problem perkembangan melalui gerakan.
D. Aspek Sosial
- Menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan dimana berada.
- Mengembangkan kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan dalam situasi kelompok.
- Belajar berkomunikasi dengan orang lain.
- Mengembangkan kemampuan bertukar pikiran dan mengevaluasi ide dalam kelompok.
- Mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat berfungsi sebagai anggota masyarakat.
- Mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterima di masyarakat.
- Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif.
- Belajar menggunakan waktu luang yang kinstruktif.
- Mengembangkan sikap yang mencerminkan karakter moral yang baik.
E. Aspek Emosional
- Mengembangkan respon yang sehat terhadap aktivitas jasmani.
- Mengembangkan reaksi yang positif terhadap aktivitas jasmani.
- Melepas ketegangan melalui aktivitas fisik yang tepat.
- Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas.
- Menghargai pengalaman estetika dari berbagai aktivitas yang relevan.
0 Response to "Contoh Makalah Tentang Fungsi Pendidikan Jasmani"
Posting Komentar