Jumat, 29 Mei 2015

Contoh Makalah Tentang Budidaya Kayu Jati


BAB I
PENDAHULUAN
Contoh Makalah Tentang Budidaya Kayu Jati


A.    Latar Belakang
Latar belakang penulis membuat karya ilmiah ini adalah budidaya jati merupakan peluang emas untuk bangsa Indonesia yang berada di negara agraris untuk meningkatkan devisa negara. Karena pohon jati hanya mampu berkembang di daerah agraris yang pergantian antara musim hujan dan musim panas sangat jelas. Dengan demikian pesaing untuk memenuhi permintaan pasar dalam dan luar negeri sangat sedikit. Maka peningkatan investasi budidaya jati sungguh menjanjikan keuntungan yang besar.

B.     Tujuan
Kebutuhan kayu jati di dalam negeri sampai saat ini masih sangat kurang. Oleh karena itu, masih sangat besar peluang untuk menanamnya dengan memanfaatkan lahan tandus atau lahan tidur. Budidaya jati merupakan peluang emas untuk meningkatkan penghasilan.

C.    Ruang Lingkup
Dalam karya tulis ini penulis akan membahas tentang kayu jati si bangsawan dari tanah tandus.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Profil Pohon Jati
1.      Batang Jati
Tectona grandis kita kenal dengan kayu jati, termasuk suku verbana leag. Tanpa memilih tanah yang subur. Jati mampu hidup dan berkembang pada tanah gersang. Batangnya berkulit coklat agak kehitam-hitaman.
2.      Daun Jati
Daun lebar, jika muda berwarna cokelat kemerah-merahan. Daun jati banyak dimanfaatkan penduduk sebagai pembungkus makanan. Sedangkan daun jati muda biasanya digunakan untuk pewarna makanan dan sebagai campuran obat.
3.      Bunga Jati
Pohon jati berbunga pada saat permulaan musim hujan. Bentuk karangan bunga jati tersusun seri anak payung menggarpu ke ujung.
4.      Buah Jati
Buah pohon jati tidak sebanding dengan batang, buahnya kecil. Bunga jati pada waktu menjadi buah membesar dan menggantung mahkota.
5.      Kualitas Kayu
Kayu jati memiliki kualitas bagus. Kayu jati memiliki kekerasan tersendiri dan menghasilkan kayu pertukangan istimewa. Kayu jati tidak akan retak karena panas dan hujan.
6.      Ulat Jati
Ulat jati adalah jenis ulat yang hidup di pohon jati. Ulat jati muncul setahun sekali saat memasuki muzim penghujan. Ulat jati hanya berumur pendek, tidak lebih dari dua minggu.


B.     Jenis Jati dan Macamnya
1.      Jati Plus Perhutani (JPP).
2.      Jati Jumbo.
3.      Jati Emas Plus.
4.      Jati Utama.
5.      Jati Super Gama.
6.      Jati Artamas.

C.    Pembuatan Bibit Jati
1.      Pemilihan buah atau benih jati.
2.      Penyemaian benih jati.
a.       Perlakuan benih sebelum ditabur.
b.      Teknik penaburan benih.
c.       Pemeliharaan benih.
d.      Membuat bedeng sapih.
e.       Kerambah jati siap sapih.
f.       Teknik penyapihan.
g.      Pemeliharaan benih sapihan.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Untuk mengetahui segala sesuatu tentang kayu jati. Sebagaimana diketahui bahwa meskipun harga kayu jati sangat mahal, hal ini tidak menyurutkan niat orang untuk memilihnya sebagai bahan bangunan yang berkualitas.

B.     Saran
Karya tulis ini memberikan pembaca untuk mengetahui dan membuka wawasan pembaca mengenai kayu jati. Dan kita harus yakin bahwa kayu jati merupakan emas untuk meningkatkan penghasilan. Semoga dengan membaca karya tulis ini pembaca dapat menjadi pembaca yang bisa membudidayakan kayu jati dengan baik dan benar.