Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online (Contoh Makalah)


PEMASARAN LANGSUNG DAN PEMASARAN ONLINE

Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online (Contoh Makalah)

Pemasaran langsung adalah hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara hati-hati untuk meraih respon segera dan mencapai hubungan pelanggan yang abadi.
A.    Model Baru Pemasaran Langsung
Pemasar langsung awal perusahaan katalog, surat langsung, dan telemarketer mengumpulkan nama pelanggan dan menjual barang berutama lewat surat dan telepon. Meskipun demikian, saat ini didorong oleh kemajuan pesat dalam teknologi database dan media pemasaran baru terutama Internet, pemasaran langsung telah mengalami perubahan dramatis. Menurut Kepala Direct Marketing Association, Dalam tahun-tahun terakhir, pertumbuhan dramatis Internet dan peningkatan teknologi database canggih telah menciptakan ekspansi pemasaran langsung yang luar biasa serta perubahan besar tentang arti pemasaran langsung, cara penggunaannya, dan siapa yang menggunakannya.

B.     Pertumbuhan dan Manfaat Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung telah menjadi bentuk pemasaran yang berkembang paling pesat. Menurut Direct Marketing Association, perusahaan AS membelanjakan $161 miliar untuk pemasaran langsung tahun lalu, memasuki sekitar 48 persen total belanja iklan AS. Pengeluaran ini menghasilkan sekitar $1,85 triliun penjualan pemasaran langsung, atau sekitar 7 persen total penjualan dalam ekonomi AS. Dan penjualan yang digerakkan pemasaran langsung tumbuh pesat. DMA memperkirakan bahwa penjualan pemasaran langsung akan tumbuh 6,4 persen setiap tahun pada tahun 2009, dibandingkan dengan proyeksi 4,8 persen pertumbuhan tahunan untuk total penjualan AS.

Manfaat Bagi Pembeli
Bagi pembeli, pemasaran langsung bersifat menyenangkan, mudah, dan pribadi. Pemasar langsung tidak pernah berada di dekat pintu rumah mereka, dan pelanggan tidak perlu berjuang menembus lalu lintas, menemukan tempat parkir, dan berjalan ke toko untuk mencari produk.
Model baru pemasaran langsung adalah perusahaan seperti GEICO telah membangun seluruh pendekatan mereka terhadap pasar melalui pemasaran langsung: kunjungi geico.com atau hubungi 1-800-947-auto.
Manfaat Bagi Penjual

C.    Database Pelanggan dan Pemasaran Langsung
Database pelanggan adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
Pemasaran langsung yang efektif dimulai dengan database pelanggan yang baik. Database pelanggan (customer database) adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Database pelanggan yang baik bisa menjadi alat membangun hubungan yang potensial. Database memberikan kilasan cara pandang dan perilaku pelanggan kepada perusahaan. Kata seorang ahli “Sebuah perusahaan hanyalah sebaik yang mereka tahu (tentang pelanggannya)”.

D.    Bentuk Pemasaran Langsung
Bentuk utama pemasaran langsung meliputi penjualan personal, pemasaran pengepasan langsung, pemasaran katalog, pemasaran telepon, pemasaran televisi respons langsung, pemasaran kios, teknologi pemasaran langsung digital baru, dan pemasaran online.
  
Pemasaran Pengeposan Langsung
Pemasaran pengeposanlangsung adalah pemasaran langsung dengan mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat, atau barang lain kepada seseorang di alamat tertentu.
Pemasaran Katalog
Pemasaran katalog adalah pemasaran langsung melalui media cetak, video, atau katalog elektronik yang dikirimkan keapda pelanggan terpilih, tersedia di toko-toko, atau dihadirkan secara online.
Pemasaran Telepon
Pemasaran telepon adalah menggunakan telepon untuk menjual secara langsung kepada pelanggan.
Pemasaran Televisi Respon Langsung
Pemasaran televisi respon langsung adalah pemasaran langsung melalui televisi, termasuk iklan televisi respon langsung (atau infokomersial) dan saluran belanja rumah.

E.     Pemasaran Online
Pemasaran online adalah usaha perusahaan untuk memasarkan produk dan pelayanan serta membangun hubungan pelanggan melalui Internet.
Pemasaran dan Internet
Internet adalah jaring publik luas dari jaringan komputer yang menghubungkan segala jenis pengguna di seluruh dunia satu sama lain dan menghubungkan mereka dengan penyimpanan informasi yang sangat besar.
Bisnis ke Konsumen (B2C)
Pemasaran online bisnis ke konsumen (B2C) adalah menjual barang dan jasa secara online kepada konsumen akhir.
Bisnis ke Bisnis (B2B)
Pemasaran online bisnis ke bisnis (B2B) menggunakan situs web B2B, e-mail, katalog produk online, jaringan dagang online, dan sumber daya online lainnya untuk menjangkau pelanggan bisnis baru, melayani pelanggan saat ini dengan lebih efektif, dan meraih efisiensi pembelian dan harga yang lebih baik.
Konsumen ke Konsumen
Pemasaran online konsumen ke konsumen (C2C) adalah pertukaran barang dan informasi secara online antara konsumen akhir.
Sebagian besar pemasaran online konsumen ke konsumen (C2C, Consumer to Consumer) dan komunikasi terjadi di Web antara pihak yang berminat atas kisaran luas produk dan subjek. Dalam beberapa kasus, internet menyediakan alat yang sangat baik dimana konsumen dapat membeli atau menukarkan barang atau informasi secara langsung satu sama lain.
Konsumen ke Bisnis (C2B)
Pemasaran online konsumen ke bisnis (C2B) adalah pertukaran online dimana konsumen mencari penjual, mempelajari penawaran mereka, dan mengawali pembelian, kadang-kadang bahkan menggerakkan syarat transaksi.
Tempat pemasaran online yang terakhir adalah pemasaran online ke konsumen ke bisnis (C2B, Consumer to Business).

F.     Jenis Pemasar Online
Perusahaan Klik dan Semen
Perusahaan klik dan semen adalah perusahaan “bata dan semen” tradisional yang telah menambah pemasaran online ke operasi mereka.
Situs Web perusahaan
Situs Web perusahaan adalah situs web yang dirancang untuk membangun itikad baik pelanggan dan melengkapi saluran penjualan lain, dan bukan untuk menjual produk perusahaan secara langsung.
Situs Web pemasaran adalah situs web yang melibatkan konsumen dalam interaksi yang akan menggerakkan mereka lebih dekat ke pembelian langsung atau hasil pemasaran lainnya.
Iklan Online
Iklan online adalah iklan yang muncul ketika konsumen berselancar di Web termasuk iklan pajangan (spanduk, interstitials, ikan pop-up), iklan yang berhubungan dengan pencarian, iklan baris online (classifieds online), dan bentuk lainnya.
Pemasaran Viral
Pemasaran viral versi internet dari pemasaran mulut ke mulut situs web, pesan e-mail, atau kegiatan pemasaran lainnya yang sangat menular sehingga pelanggan ingin membagikannya kepada teman mereka.
Komunitas Web
Komunitas Web adalah situs web dimana para anggotanya berkumpul secara online dan bertukar pikiran mengenai hal yang diamati bersama.
Spam
Spam adalah e-mail komersial yang tidak diminta, dan tidak diinginkan.
Pemasaran Langsung Terintegrasi
Pemasaran langsung terintegrasi adalah kampanye pemasaran langsung yang menggunakan berbagai wahana dan berbagai tahap untuk meningkatkan tingkat respons dan laba.

0 Response to "Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online (Contoh Makalah)"

Poskan Komentar