Masalah-Masalah Psikis Yang Terjadi Pada Masa Persalinan



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Persalinan adalah kejadian yang berakhir dengan proses pengeluaran bayi yang telah mencukupi bulan atau hampir cukup bulan. Disusul dengan keluarnya selaput janin dari tubuh ibu. peristiwa proses kelahiran itu bukan hanya merupakan proses murni fisiologis belaka, tetapi banyak pula diwarnai komponen-komponen psikologis. Persalinan adalah mempunyai kelangsungan hidup dan mencapai derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya, melalui berbagai upaya yang terintegritas dan lengkap intervensi minimal sehingga prinsip keamanan dan kualitas pelayanan dapat terjaga pada tingkat yang optimal. Didalam persalinan tersebut terdapat beberapa perubahan psikis yang terjadi pada ibu hamil. Dengan demikian bidan harus mengetahui perubahan tersebut agar dapat mengatasi masalah psikis pada masa persalinan.

1.2  Rumusan Masalah
  1. Menjelaskan tentang masalah-masalah persalinan.
  2. Apa-apa saja yang terjadi dalam masa persalinan.

1.3  Tujuan
  1. Untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada persalinan.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Persoalah Yang Terjadi Pada Kontraksi Uterus
Persoalah yang terjadi pada kontraksi-kontraksi uterus ini yang tadinya tidak nyeri berubah menjadi kontraksi-kontraksi yang terkoordinir nyeri, sehingga menyebabkan pembukaan cervix dan pengeluaran bayi. Banyak faktor yang memegang peranan dan bekerja sama sehingga terjadi persalinan.
Beberapa teori yang dikemukakan ialah :
1.      Teori Oxytocin
Pada akhir kehamilan kadar oxytocin bertambah. Oleh karena itu timbul kontraksi otot-otot rahim.
2.      Pengaruh Janin
Hypofise dan kelenjar suprarenal janin rupa-rupanya juga memegang peranan oleh karena pada anencephalus kehamilan sering lebih lama dari biasa.

2.2   3 Kala Dalam Persalinan
·         Kala I atau Kala Pembukaan
Dimulai dari His persalinan yang pertama sampai pembukaan cervix menjadi lengkap.
·         Kala II atau Kala Pengeluaran
Dimulai dari pembukaan lengkap sampai lahirnya bayi.
·         Kala III atau Kala Uri
Dimulai dari lahirnya bayi sampai lahirnya placenta.

2.3   Tenaga Yang Mendorong Anak Keluar
a.       His
His adalah kontraksi otot-otot rahim pada persalinan pada bulan terakhir dari kehamilan sebelum persalinan dimulai, sudah ada kontraksi rahim yang disebut his pendahuluan atau his palsu yang sebetulnya hanya merupakan peningkatan daripada kontraksi yang dikemukakan.
His Persalinan :
Nyeri disebabkan oleh anoxia dari sel-sel otot waktu kontraksi, tekanan pada ganglia dalam cervix dan segmen bawah rahim oleh serabut-serabut otot-otot yang berkontraksi, regangan dari cervix karena kontraksi atau renggangan dan tarikan pada peritoneum waktu kontraksi.

b.      Tenaga Mengejan
Setelah pembukaan lengkap dan setelah ketuban pecah tenaga yang mendorong anak keluar selain his, terutama disebabkan oleh kontraksi otot-otot dinding perut yang mengakibatkan peninggian tekanan intraabdominal.
Waktu kepala sampai pada dasar panggul, timbul suatu reflex yang mengakibatkan bahwa pasien menutup glottisnya, mengkontraksikan otot-otot perutnya dan menekan diafragmannya ke bawah. Tenaga mengenjang ini juga melahirkan placenta setelah placenta lepas dari dinding rahim.

0 Response to "Masalah-Masalah Psikis Yang Terjadi Pada Masa Persalinan"

Posting Komentar