Rabu, 16 September 2015

Program Praktek Pengembangan Pelayanan Yang Pantas Untuk AUD Dari Lahir Sampai Usia 8 Tahun



PROGRAM PRAKTEK PENGEMBANGAN PELAYANAN YANG PANTAS UNTUK AUD DARI LAHIR SAMPAI USIA 8 TAHUN

Program Praktek Pengembangan Pelayanan Yang Pantas Untuk AUD Dari Lahir Sampai Usia 8 Tahun


Pendahuluan
Di pertengahan tahun 1980-an, banyak perhatian publik terfokus pada mutu sistem bidang pendidikan bangsa kita. Program pendidikan anak usia dini usia 4 dan 5 tahun menjadi fokus dari beberapa kontroversi. Berbagai persoalan diperdebatkan, mencakup lama hari yang diprogramkan untuk kelompok umur ini. Efek dari berbagai macam usaha, dan sifat kurikulum.

Persoalan kurikulum menjadi perhatian bagi pendidik anak usia dini dilihat dari pertambahan permintaan untuk menggunakan teknik pengajaran formal yang tidak sesuai untuk anak usia muda. Perhatian yang berlebih pada prestasi diartikan sebagai keterampilan akademik dan penambahan keuntungan pada tes psikometrik.

Ada beberapa kecendrungan terutama dari kesalahan pemahaman tentang bagaimana anak sukses menggunakan standar pendidikan orang dewasa diberlakukan untuk kurikulum anak-anak usia muda dan menekankan program pendidikan anak usia dini untuk menunjukkan bahwa anak benar-benar belajar.
Banyak program yang menanggapi dengan menekankan pengembangan keterampilan akademik dengan kegiatan menulis di kertas yang mana merupakan pengembangan yang tidak sesuai untuk anak usia muda.

Asosiasi PAUD Amerika, mempercayai mempunyai kualitas yang tinggi, program pengembangan yang sesuai harus tersedia untuk seluruh anak usia 4 dan 5 tahun, NAEYC mengakui kualitas tersebut tidak ditentukan oleh lama pelaksanaan program atau oleh usaha-usaha walaupun ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas. NAEYC mengakui itu merupakan sebuah penetapan kualitas secara luas/menyeluruh dari sebuah program anak usia dini yang berjenjang dimana program tersebut merupakan program yang sejalan/sejuai. Pernyataan sikap menggambarkan kedua praktek yang sesuai dan yang tidak sesuai/sejalan dalam program anak usia dini. Ada pengakuan tentang praktek yang sesuai yang diusahakan oleh sebuah pertumbuhan tubuh dari laboratorium dan ruang klinic teori penelitian. Pernyataan ini bermaksud untuk digunakan oleh guru, orang tua, pengelola sekolah, pemimpin sekolah/kepala sekolah, dan yang lainnya yang menyediakan program pendidikan untuk anak usia 4 dan 5 tahun.

Bagaimana Anak Usia Dini Belajar.
Anak usia dini belajar dengan melakukan kegiatan. Piaget (1950, 1972), Montesori (1964), Erikson (1950) dan pengembang teori dan penelitian lainnya Eland, 1986, Kamii (1985) telah menggambarkan bahwa pengajaran adalah sebuah proses yang komplek yang dihasilkan dari interaksi pemikiran anak-anak dan pengalaman mereka di dunia luar. Kedewasaan adalah sebuah kontribusi terpenting untuk pengajaran karena ia menyediakan sebuah kerangka kerja dari apa yang didapat anak-anak dari hasil pengajaran. Seperti anak yang lebih tua, mereka memperoleh keterampilan baru dan pengalaman yang memfasilitasi proses pengajaran. Sebagai contoh, seperti anak yang tumbuh secara fisik, mereka lebih sanggup untuk memanipulasi dan mengenali lingkungannya. Juga, seorang anak dewasa, mereka akan lebih dapat untuk mengerti dari apa yang terlihat pada orang lain.

Pengetahuan tidak memberikan sesuatu kepada anak pada awalnya pemikiran mereka kosong. Anak memperoleh pengetahuan tentang dunia fisik dan sosial dalam kehidupan mereka setelah bermain dan berinteraksi dengan benda dan orang. Anak tidak membutuhkan tenaga untuk belajar mereka termotivasi oleh hasrat mereka untuk membuat pengertian tentang dunianya.

Bagaimana Cara Untuk Mengajar Anak Usia Dini
Bagaimana anak usia dini belajar harus ditentukan bagaimana guru-guru anak usia dini mengajar. Kata mengajar cenderung diartikan penyampaian secara langsung atau pemberikan informasi. Tetapi cara yang benar untuk mengajar anak usia dini tidak menceramahi atau memberi instruksi secara verbal kepada mereka. Guru-guru anak usia dini tidak lebih seperti penuntun atau pemberi fasilitas (Forman dan Kuschner, 1963, Lay-Dopyera, 1986, Piaget, 1972). Mereka menyiapkan lingkungan yang dapat memberikan stimulasi, benda-benda yang memberikan tantangan dan kegiatan-kegiatan untuk anak. Guru-guru secara tertutup mengamati untuk melihat apa yang diketahui oleh anak-anak dan ekstra sikap dalam menghadapi tantangan untuk mendorong pemikiran mereka lebih lanjut.

Ini memungkinkan untuk mencoba anak selama mereka dapat membawakan potongan-potongan secara benar dari keterangan sebagaimana susunan alpabet atau angka-angka dari 1 sampai 20. bagaimanapun, anak-anak menanggapi untuk tugas hafalan tidak mengambarkan pengertian secara nyata dari sebuah informasi. Untuk anak, untuk mengetahui secara lengkap dan mengingat apa yang telah mereka pelajari, apakah ini berhubungan dengan membaca, berhitung atau lingkup bahan mata pelajaran lainnya. Sebuah informasi harus berarti bagi anak dalam menghubungkan pengalaman dan pengembangan dari anak-anak.
Informasi pengajaran dalam hubungannya berarti tidak hanya penting untuk pemahaman anak-anak dan pengembangan dari sebuah konsep, tetapi juga penting untuk memotivasi stimulasi pada anak. Jika pengajaran sejalan untuk anak, mereka akan lebih menyukai untuk tetap melakukan dengan sebuah tugas dan menjadikan motivasi untuk lebih giat belajar.

Pengembangan Praktek Yang Sesuai Untuk Anak Usia 4 dan 5 Tahun
Pengembangan strategi pengajaran yang sesuai berdasarkan pada pengetahuan pada bagaimana anak usia dini belajar. Kurikulum didapat dari berbagai sumber sebagaimana dasar dari berbagai disiplin ilmu. Yang mana tingkatan antara kedua strategi pengajaran dan kurikulum merupakan pengembangan yang sesuai itu merupakan sebuah program penetapan kualitas secara luas/menyeluruh program pengembangan yang sesuai dari kesesuaian usia dan kesesuaian secara individu, itu merupakan program yang telah dirancang untuk kelompok umur dan pengimplementasian perhatian yang dibutuhkan dan perbedaan dari pendaftaran anak secara individu.

Dikarenakan orang mengembangkan konsep dari kedua contoh yang positif dan negatif, maka komponen dari sebuah program untuk anak usia 4 dan 5 tahun telah menggambarkan disini keduanya dalam syarat-syarat praktek apa yang sesuai dan praktek apa yang tidak sesuai. Ada komponen-komponen yang berlebihan dan telah diidentifikasi disini hanya untuk kejelasan tujuan saja.