Senin, 19 Oktober 2015

Materi Pelatihan Manajemen Organisasi

Materi Pelatihan Manajemen Organisasi


A.    Pendahuluan
Manajemen merupakan sebuah proses usaha menyusun sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dimana keberhasilan pelaksanaannya memerlukan kepemimpinan yang berakhlak, berwawasan, mampu menerjemahkan wawasan kedalam program kerja, serta dapat menjalin kerjasama dengan segenap komponen organisasi.
Sedangkan organisasi adalah wadah kegiatan orang-orang dalam usaha mencapai tujuan. Maka pengorganisasian adalah bagaimana membagi-bagi tugas pokok kedalam tugas-tugas spesifik, menempatkan orang-orang yang tepat, menggerakkan serta memajukan dengan sumber-sumber daya organisasi yang ada sehingga berjalan dengan efektif dan efisien.

B.     Beberapa Falsafah Manajemen
Disini kita bandingkan 3 contoh falsafah manajemen yang mempengaruhi prinsip, struktur dan tujuan sebuah organisasi.
·         Barat
Berfalsafah materi, dengan memupuk kepentingan dan kebebasan individu.
·         Jepang
Falsafahnya materi, kesuksesan dicapai melalui usaha kelompok.
·         Islam
Falsafah Tauhid, kemajuan dicapai multi dimensi (ruh dan kebendaan) kesuksesan akan dicapai melalui keadilan dan musyawarah.

C.    Tujuan Manajemen
Dalam perspektif Islam diutamaklan tindakan proaktif melalui tuntutan Tauhid dengan cara :
1.      Membangun dan membina diri
-          Pandangan hidup yang komprehensif dan progresif
-          Berakhlak mulia
-          Meningkatkan kemampuan dengan penguasaan ilmu.
2.      Menyusun organisasi/masyarakat dengan mengamalkan prinsip Al-Adl wal Ihsan (Adil dan baik dan bijaksana).
3.      Menentukan objek dan arah tujuan organisasi.

D.    Proses Manajemen
Mencakup beberapa unsur :
1.      Menyusun tujuan organisasi dengan jelas, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
2.      Menentuklan jenis kegiatan organisasi untuk mewujudkan pencapaian tujuan.
3.      Menyusun struktur manajemen organisasi dengan efektif untuk mencapai tujuan organisasi, yang mengarah kepada desentralisasi dalam membuat keputusan untuk membina kreativitas dan inovasi anggota.

E.     Langkah-langkah Efektivitas Tatalaksana Organisasi
1.      Planning
Penyusunan perencanaan yang tepat. Diketahui dan dipahami oleh seluruh anggota organisasi.
2.      Organizing
Penyusunan model struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan organisasi.
3.      Staffing
Penempatan orang-orang yang tepat, the right man on the right job, seseorang sesuai dengan keahliannya atau mengisi formasi jabatan dengan orang-orang yang profesional.
4.      Coordinating
Menyatupadukan seluruh kegiatan menuju pencapaian tujuan, hal ini dilakukan melalui rapat-rapat koordinasi.
5.      Improving
Langkah-langkah pengawasan / evaluasi proses pengambilan keputusan.
Bagi organisasi sosial maka tatalaksana organisasi meliputi unsur-unsur :
-          Konsolidasi pengurus.
-          Perencanaan – tujuan
-          Anggota organisasi
-          Program kerja
-          Sarana prasarana
-          Biaya

F.     Ciri Manajemen Sukses
1.      Kepemimpinan yang efektif
Pimpinan yang berakhlak dan berkelayakan.
2.      Anggota/pekerja yang berkualitas, yaitu berakhlak berkemampuan dan ditempatkan dalam posisi yang tepat.
3.      Sistem yang baik, adanya musyawarah dan mufakat serta keharmonisan hubungan antar anggota.

G.    Penutup
Dalam pengurusan organisasi, Islam mengajarkan metodologi pendekatan yang sesuai dan praktis, dapat mengikuti perkembangan zaman dalam menuju kesuksesan yang hakiki yaitu melalui penerapan nilai-nilai tauhid.
Amanah yang dipikul mesti dipertanggungjawabkan, tidak hanya kepada manusia pemberi amanah tersebut, tapi lebih utamanya kepada Allah SWT.
Islam memberi keutamaan kepada pembangunan SDM secara menyeluruh. Dalam penyusunan organisasi ruang untuk individu diperluas untuk mengembangkan kreatifitasnya. Dan dalam pembuatan keputusan mestilah sesuai dengan kebutuhan dan relevan. Disinilah konsep tolong menolong dan jamaah kita wujudkan.