Rabu, 13 Januari 2016

Komposisi, Lapisan dan Jenis-jenis Tanah


A.    Jenis-jenis Tanah
Jenis-jenis tanah sebagai berikut :
-          Tanah humus, yaitu tanah yang berasal dari pembusukan sisa-sisa tumbuhan dan hewan.
-          Tanah gambut, yaitu tanah yang terdiri dari lapisan lumpur yang tebal.
-          Tanah volkanik, yaitu tanah yang tersusun dari endapan lahar gunung berapi. Jenis tanah ini sangat subur, sangat cocok untuk pertanian.
-          Tanah aluvial, yaitu tanah yang terdiri dari berbagai endapan.
-          Tanah los, yaitu tanah yang berasal dari debu yang dibawa angin, kemudian membentuk lapisan tanah

Komposisi, Lapisan dan Jenis-jenis Tanah

B.     Lapisan Tanah
a.       Tanah Lapisan Atas
Tanah lapisan bagian atas mempunyai warna gelap kehitam-hitaman dan gembur. Tanah lapisan ini sangat subur, karena banyak mengandung humus dan berbagai jasad hidup. Karena itu tanah ini sangat cocok untuk kehidupan tumbuh-tumbuhan.
b.      Tanah Lapisan Bawah
Tanah lapisan bagian bawah mempunyai warna lebih muda dari pada tanah lapisan atas. Tanah pada lapisan ini kurang begitu subur, karena sedikit mengandung humus dan jasad hidup.
c.       Lapisan Bahan Induk Tanah
Lapisan induk tanah berwarna kemerah-merahan. Lapisan bagian ini merupakan bahan asal dari tanah lapisan atas dan lapisan bawah.
d.      Lapisan Batuan Induk
Lapisan batuan induk merupakan bagian lapisan yang paling bawah dari susunan tanah.

C.    Komposisi dan Jenis-Jenis Tanah
Jenis tanah dapat berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya. Hal itu antara lain tergantung pada jenis batuan tempat tanah terbentuk. Berikut ini disajikan beberapa jenis tanah.
a.       Tanah berpasir
Tanah berpasir mudah dilalui air. Tanah ini hanya mengandung sedikit bahan organik sehingga tanah ini tidak begitu subur. Bahan organik adalah zat yang berasal dari makhluk hidup.
b.      Tanah berhumus
Tanah ini berwarna gelap dan banyak mengandung humus. Humus berasal dari sisa-sisa tumbuhan. Tanah berhumus cenderung dapat menahan air. Tanah ini paling subur dibanding jenis tanah lain.
c.       Tanah liat
Tanah liat termasuk jenis tanah yang berat. Tanah ini sulit dilalui air. Jika basah, tanah ini sangat lengket dan elastis. Hal inilah yang membuat tanah liat dijadikan bahan dasar keramik.
d.      Tanah berkapur
Tanah berkapur mengadung bebatuan tanah jenis ini sangat mudah dilalui air. Tanah berkapur mengandung sedikit sekali humus.