Makalah Lengkap Sistem Jaringan Komputer


Seiring dengan perkembangan manusia dalam menggunakan data, mencari informasi, dan melakukan pertukaran data dari satu komputer ke komputer lain maka timbulah ide untuk membuat jaringan komputer (network). Sebelum ada jaringan komputer, seorang pengguna komputer yang membutuhkan data dari komputer lain biasanya menggunakan media disket untuk mengambil dan memindahkan data ke komputernya.
Beberapa model konfigurasi jaringan komputer biasanya terdiri atas satu komputer yang mempunyai spesifikasi terbaik dijadikan sebuah file server. Dimana file server ini digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang mengatur aktivitas jaringan atau sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer lainnya. Adapun komputer-komputer lainnya yang terhubung kedalam jaringan itu biasanya disebut dengan workstation. Workstation ini bisa berhubungan dengan komputer file server dan komputer workstation lainnya.
Makalah Lengkap Sistem Jaringan Komputer

1.      Jenis-Jenis Jaringan
Jaringan komputer mempunyai tiga jenis tipe jaringan, yaitu sebagai berikut.
a.       Local Area Network (LAN)
Suatu jaringan komputer yang hanya berhubungan dalam satu lokasi, seperti dalam satu gedung perkantoran atau dalam satu sekolah. Pada umumnya jaringan ini jaraknya tidak lebih dari satu kilometer karena apabila terlalu jauh, transfer data atau informasinya menjadi lebih lambat.

b.      Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan suatu jaringan komputer yang lebih besar jangkauannya dari pada Local Area Network (LAN).

c.       Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antar provinsi bahkan antar negara. Biasanya dalam jaringan ini akan menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut.

2.      Media Transmisi Data
Dalam suatu jaringan tentunya dibutuhkan media transmisi (perantara) untuk saling berkomunikasi antar komputer. Dalam jaringan komputer terdapat beberapa media transmisi data yang banyak digunakan pada suatu jaringan. Media transmisi data tersebut dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.
a.       Jaringan Menggunakan Kabel (Wired Network)
Menggunakan media kabel di setiap komputer yang dihubungkan harus menggunakan kabel. Dalam menggunakan kabel harus diperhatikan jarak kabel yang digunakan karena bila terlalu panjang akan menyebabkan komunikasi antar komputer menjadi lambat atau bahkan tidak bisa sama sekali.
1.      Kabel UTP
Tersusun atas sepasang konduktor yang  terbungkus plastik dan masing-masing konduktor tersebut dilapisi plastik sebagai isolator yang diberi warna. Jangkauan frekuensi antara 100 Hz sampai 5 MHz.

2.      Kabel STP
Bentuknya hampir sama dengan UTP, hanya saja memiliki pembungkus rangkap. Pembungkus tengahnya berupa metal shield atau metal foil yang berguna untuk menghindari gangguan elektromagnetis. Jenis konektor yang diperlukan kabel STP sama dengan konektor kabel UTP.
3.      Kabel koaksial
Terdiri atas sebuah kondutor intu\i dari tembaga yang dilapisi tiga pembungkus. Pembungkus ini biasanya terbuat dari plastik. Pembungkus pertama dan ketiga merupakan isolator dan pembungkus kedua yang berada ditengah merupakan konduktor. Konektor yang dipakai adalah BNC (Bayonet Network Connector), konektor T, dan terminal 50 ohm. Terminator berfungsi sebagai peredam sinyal agar tidak membalik dan mengganggu sinyal aslinya.
4.      Serat Optik
Terbuat dari plastik atau kaca yang berfungsi sebagai transmisi sinyal yang berbentuk cahaya. Konektor yang digunakan adalah konektor FO. Dengan menggunakan serat optik ini memungkinkan transmisi data dengan kecepatan 10 Mbps – 2 Gbps.

b.      Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)
Hubungan antar komputer tidak memerlukan media kabel sehingga sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik.

3.      Peralatan Jaringan
Perangkat tersebut meliputi :
a.       Kartu Antarmuka Jaringan (Network Interface Card)
Disebut juga dengan adaptor merupakan peralatan utama yang harus ada untuk menunjang komunikasi antar komputer. Ada beberapa kartu antarmuka jaringan yang tersedia dipasaran, diantaranya:
1.      Ethernet
2.      Arcnet
3.      Token ring
Dari ketiga kartu antar muka jaringan tersebut, yang sering digunakan adalah Ethernet.

b.      Media Penghubung Jaringan
Dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai  berikut :
1.      Jaringan menggunakan kabel
Ada beberapa macam kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer, diantaranya :
a)      Kabel koaksial
b)      Kabel serat optik 9fiber optik)
c)      Kabel Twisted Pair (kabel belitan ganda)
2.      Jaringan  tanpa kabel
Yang dihubungkan tanpa kabel biasanya menggunakan gelombang radio, microwave, infrared, dan saluran satelit.

4.      Tipe Jaringan
Dalam jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
a.       Tipe Jaringan Peer to Peer
Terdiri atas dua komputer yang saling berkomunikasi dimana pada setiap komputernya dapat bertindak sebagai server sekaligus sebagai client.
b.      Tipe Jaringan Client-Server
Terdapat satu komputer server dimana komputer server tersebut menyediakan layanan data atau informasi yang dapat digunakan komputer client.

5.      Topologi Jaringan
Cara dan bentuk secara fisik untuk menghubungkan antar komputer. Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari topologi jaringan, yaitu sebagai berikut.
a.       Topologi Bus
Topologi bus disebut juga dengan linear bus dikarenakan hubungannya hanya melalui satu kabel yang linear.
b.      Topologi Star
Hubungan antarnode dihubungkan dengan menggunakan peralatan yang disebut dengan hub atau concentrator. Setiap node akan dihubungkan dengan kabel ke hub.
c.       Topologi Ring
Pada setiap node saling berhubungan dengan node lainnya sehingga terbentuk seperti lingkaran (ring). Keuntungan dari topologi ring adalah pemasangan dan pengaturannya relatif mudah karena setiap komputer terhubung ke dua komputer lain dan deteksi kerusakannya mudah.
d.      Topologi Tree
Disebut juga dengan topologi pohon atau topologi bertingkat. Topologi jenis ini paling umum digunakan karena memiliki keandalan, yaitu apabila salah satu kabel putus pada client, tidak berpengaruh pada client yang lain.
e.       Topologi Mesh
Setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dengan melalui sebuah link khusus. Pada setiap sambungannya hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan dua komputer saja.

6.      Cara Kerja Jaringan
Bisa dilihat dari tipe jaringannya. Untuk tipe jaringan terdiri atas jaringan berbasis server dan jaringan peer to peer.
a.       Jaringan Berbasis Server
Disebut juga client-server terdiri atas server yang biasa menggunakan sistem operasi Windows 2000 server dan client yang bisa menggunakan sistem operasi Wqindows 98SE, Windows 2000 Professional, Windows XP atau sistem operasi lainnya.
b.      Jaringan Peer to Peer
Setiap komputer dapat membuat account user dan berbagi sumber (sharing) dengan komputer yang lain dalam satu jaringan sehingga bersifat sebagai server sekaligus juga bersifat sebagai workstation. Jaringan tipe ini diorganisasikan dengan sebuah workgroup. Sistem operasi yang bisa digunakan untuk tipe jaringan peer to peer ini, seperti Windows 98SE, Windows NT Workstation, dan Windows 2000 Profesional. Disini hubungan antar workstation tidak ada perizinannya sehingga untuk pengamanan data menjadi kurang aman.

0 Response to "Makalah Lengkap Sistem Jaringan Komputer"

Poskan Komentar