Selasa, 17 Mei 2016

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )


1.      Judul PTK
Penggunaan media pendidikan pada kegaitan belajar mengajar di dalam kelas.

2.      Bidang Kajian
Sesuai dengan prinsip umum, penggunaan media pendidikan, rasanya belum cukup bila guru hanya mengetahui nilai kegunaan dan landasan penggunaan media pendidikan. Guru harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu perlu kita laksanakan prinsip umum penggunaan media pendidikan sebagai berikut :
a.       Tidak ada sesuatu metoda atau media yang harus dipakai dengan meniadakan yang lain. Misalnya, tanpa kertas dan pensil ataupun tanpa buku dan batu tulis orang masih bisa menulis dengan daun dan duri, tanah dan lidi.
b.      Tidak ada suatu mediapun yang dapat sesuai untuk segala macam kegiatan belajar. Sama halnya tidak satu obatpun yang dapat mengobati segala macam penyakit.
c.       Penggunaan media yang terlalu banyak secara serempak, justru akan membingungkan dan akan memperjelas konsep-konsep yang diajarkan.
d.      Perlu adanya persiapan yang cukup untuk menggunakan media pendidikan. Kesalahan yang terjadi karena sudah ada media pendidikan guru lalai akan tugasnya.
e.       Media harus bagian dari integral dari pelajaran. Media pendidikan bukan merupakan hiasan.
f.       Anak harus diperlakukan sebagai peserta yang aktif.
g.      Murid harus ikut serta dan bertanggung jawab untuk seluruh aktivitas selama pelajaran. 


Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )

3.      Pendahuluan
Sehubungan dengan banyaknya faktor hambatan bagi anak didik untuk belajar aktif dan bergairah perlu kiranya ditunjang dengan penggunaan media pendidikan dari berbagai aspek yang sangat banyak membantu pada pelaksanaan proses belajar mengajar dalam kelas.
Dengan adanya media pendidikan sangat membantu anak didik dalam pembelajaran seperti penggunaan buku, tanpa guru anak didik dapat belajar aktif dengan penuh rasa kegembiraan.
Demikian juga selain dari buku anak didik juga bisa belajar melalui tape, VCD dan sebagainya.

4.      Perumusan dan Pemecahan Masalah
Masalah kekurangan dan kelemahan disini letaknya peran aktif seorang guru dengan keberadaannya didalam kelas.
Dengan berpedoman pada rumusan masalah yang saya kaji, maka langkah-langkah yang dijalankan adalah sebagai berikut :
a.       Menganalisis dengan tepat dan jelas tujuan instruksional yang akan dicapai.
b.      Menetapkan ciri-ciri pokok atau utama untuk hal-hal yang dipelajari.
c.       Menentukan media mana yang akhirnya dipilih dan tersedia untuk kegiatan instruksional yang akan dilaksanakan.
d.      Guru harus menggunakan bahasa yang lugas agar mudah dipahami.

5.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan judul PTK, yaitu penggunaan media pendidikan pada kegiatan belajar mengajar dalam kelas, maka tujuan yang ingin dicapai   adalah :
a.       Untuk mengatasi hambatan dalam berkomunikasi.
b.      Dapat mengantisipasi kegairahan belajar.
c.       Menimbulkan kegairahan belajar.
d.      Memungkinkan interaksi langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
e.       Memungkinkan belajar sendiri menurut kemampuan dan minat anak didik.
Disini anak dapat berperan aktif untuk belajar sendiri, umpamanya anak berminat untuk seni lukis, mereka dapat melaksanakannya sesuai dengan kemampuannya tanpa didampingi oleh guru.
f.       Membentuk sikap mandiri dalam kegiatan observasi, eksperimen, dan penelitian bagi anak didik.
g.      Menumbuhkembangkan sikap disiplin, teliti, kerjasama, dan bertanggung jawab.
h.      Mempermudah memahami konsep bagi anak didik.
i.        Materi lebih mudah dihayati anak didik sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien dan akhirnya dapat memperoleh hasil yang optimal.

6.      Manfaat Penelitian
Kalau kita bertitik tolak pada tujuan dan langkah-langkah yang harus diambil dalam pelaksanaan belajar mengajar dengan memakai alat media pendidikan, kita yakin teori-teori yang ada juga dimanfaatkan kebenarannya, maka hasilnya akan baik dan mengenai sasaran yang diharapkan.
Suatu hasil pendidikan dapat dianggap tinggi mutunya apabila kemampuan pengetahuan dan sikap yang dimiliki para peserta didik berguna bagi perkembangan selanjutnya baik di lembaga pendidikan yang lebih tinggi maupun masyarakat kerja.

7.      Kajian Pustaka
  1. Amin, Siti M, dam Zaini M. Sani. 2004. Matematika SD di Sekitar Kita. Jakarta : Esis.
  2. King, Andrew. 1999. Numeracy Basic. London : Letts Educational Ltd.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006.
  4. Tapson, Frank. 1999. The Oxford Mathematics, 2nd edition. Oxford : Oxford University Press.

8.      Rencana dan Prosedur Penelitian
a.       Subjek penelitian, tempat, waktu, dan lama tindakan :
-          SD Negeri 22 Padang à Tempat penelitian
-          Guru bidang studi Matematika (Ernimanti) à Subjek penelitian dan murid kelas VI Sd à Objek penelitian.
-          Waktu dan lama tindakan adalah 80 menit (1 x pertemuan).

b.      Prosedur / langkah-langkah PTK :
Langkah-langkah PTK yang akan dilaksanakan, terdiri dari  (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, evaluasi, refleksi, yang semuanya bersifat siklis (berulang sesuai dengan jumlah daur / siklus yang direncanakan).
Peran tim peneliti dalam penelitian yaitu menggunakan media pendidikan dan jenis apa yang akan dipergunakan sebab banyak bahan, jenis, dan alat dapat dimanfaatkan untuk kelancaran proses belajar mengajar dengan menggunakan alat media pendidikan seperti :
-          Media audio, seperti pita audio, disc, piringan hitam, radio, kaset, telpon.
-          Media proyeksi tidak bersuara seperti slide, film strip, OHP transparansi, film bisu, microfilm, apaque projection.
-          Media proyeksi audio visual seperti slide suara, film strip bersuara, film bersuara.
-          Media elektronis seperti televisi, komputer assisted instruction (AI).
-          Media non proyeksi seperti foto, lukisan, chart, diagram, poster, peta, papan tulis, buletin dan sebagainya.
-          Media cetak seperti buku, teks terprogram, modul.

-          Realita meliputi model, eksperimen, boneka, simulator, globe.