-->

Dinamika Pasar Modern dan Pasar Tradisional

Tak dapat dipungkiri kemajuan zaman membawa perubahan drastis dalam metode pengembangan bisnis. Sekitar lima atau sepuluh tahun yang lalu, model bisnis yang hanya begitu-begitu saja alias monoton dan konvensional, kini semakin berkembang dengan model bisnis yang lebih modern, sebut saja bisnis online yang semakin tenar dan menjadi trend di kalangan pebisnis baik pemula maupun yang sudah kawakan. Selain itu, usaha waralaba atau franchise pun juga semakin merajalela.

Dinamika Pasar Modern dan Pasar Tradisional

Perkembangan minat masyarakat terhadap investasi dibidang bisnis, secara tidak langsung mendorong pertumbuhan bisnis pasar modern yang ada di Indonesia juga semakin meningkat. Beragam jenis pasar modern seperti supermarket, hypermartket, mini market yang menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat yang ditata rapi dan bersih dengan harga yang sudah pasti, yang pada saat ini sudah masuk sampai ke pelosok daerah.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar modern dewasa ini sudah menjadi tuntutan dan konsekwensi dari gaya hidup modern yang berkembang di masyarakat. Tidak hanya di kota metropolitan tetapi sudah merambah sampai ke kota-kota kecil di tanah air. Sangat mudah menjumpai minimarket, supermarket bahkan hypermarket di sekitar tempat tinggal kita. Tempat-tempat tersebut menjanjikan tempat belanja yang nyaman dengan harga yang tidak kalah menariknya. Kehadiran pasar modern memang membuat belanja menjadi suatu wisata keluarga yang memberi pengalaman tersendiri. Pasar modern kini juga dikemas dalam tata ruang yang apik, terang, lapang, sejuk dan disuguhi dengan berbagai macam wahana permainan serta hiburan.



Meskipun informasi gaya hidup modern dengan mudah diperoleh dan perkembangan pasar modern semakin pesat, tetapi tampaknya masyarakat masih memiliki dan mempunyai budaya untuk tetap berkunjung dan berbelanja ke pasar tradisional. Disisi lain terdapat perbedaan yang mendasar antara pasar tradisional dan pasar modern, perbedaan ini adalah di pasar tradisional masih terdapat proses tawar menawar harga, sedangkan di pasar modern harga sudah pasti ditandai dengan lebel harga.

Oleh karena itu, diharapkan pemerintah tetap mengembangkan pasar tradisonal di seluruh pelosok negeri ini dan diharapkan pasar modern tidak menggeser peran pasar tradisional bagi masyarakat di daerah. Pasar tradisional masih membawa daya pikat tersendiri bagi sebagian masyarakat. Keberadaan pasar modern mempunyai peran strategis dalam perkembangan kegiatan perdagangan dan jasa dan diharapkan tidak mematikan pasar tradisional.

Untuk itu dalam upaya perbaikan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah tidak akan banyak berarti jika tidak didukung oleh segenap komponen masyarakat dan dunia usaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dinamika Pasar Modern dan Pasar Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel