Peranan Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional
PERANAN PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL
1.
Peranan pendidikan dalam pembangunan perubahan masyarakat pada
umumnya
1)
Segi Sasaran Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar yang ditujukan kepada
peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian kuat dan utuh serta
bermoral tinggi.
2)
Segi Lingkungan Pendidikan
a.
Lingkungan Keluarga
Didalam lingkungan keluarga anak dilatih berbagai
kebiasaan yang baik (habit formation)
tentang hal-hal yang berhubungan dengan kecekatan, kesopanan, dan moral.
b.
Lingkungan Sekolah
Di lingkungan sekolah (pendidikan formal), peserta didik
dibimbing untuk memperluas bekal yang telah diperoleh dari kalangan kerja
keluarganya berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
c.
Lingkungan Masyarakat
Di lingkungan masyarakat (pendidikan non formal),
peserta didik memperoleh bekal praktis untuk berbagai jenis pekerjaan,
khususnya mereka yang tidak sempat melanjutkan proses belajarnya melalui jalur
formal.
3)
Segi Jenjang Pendidikan
Jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan
Menengah (SM) dan Pendidikan Tinggi (PT) memberikan bekal kepada para peserta
didik secara berkesinambungan. Pendidikan dasar merupakan basic education yang memberikan bekal dasar bagi pendidikan
menengah dan pendidikan tinggi. Artinya pendidikan tinggi berkualitas, jika
pendidikan menengahnya berkualitas, dan pendidikan menengah berkualitas jika
pendidikan dasar berkualitas.
Dengan demikian basic education pada pendidikan dasar juga diartikan bahwa
pendidikan dasar memberikan bekal dasar kepada warga negara yang tidak sempat
melanjutkan pendidikan untuk dapat melibatkan diri ke dalam gerak pembangunan.
4)
Segi Pembidangan Kerja atau
Sektor Kehidupan
Pembidangan kerja menurut sektor
kehidupan meliputi antara lain bidang ekonomi, hukum, sosial politik, keuangan,
dan komunikasi, pertanian, pertambangan, pertahanan, dan lain-lain.
Pembinaan dan pengembangan
bidang-bidang tersebut hanya mungkin dikerjakan jika diisi oleh orang-orang
yang memiliki kemampuan seperti yang dibutuhkan orang-orang dimaksud hanya
bersedia jika pendidikan berbuat untuk itu.
2.
Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pemberdayaan sumber daya manusia
termasuk tenaga kerja, baik sebagai sasaran pembangunan maupun sebagai pelaku
pembangunan. Dengan demikian, pembangunan ketenagakerjaan merupakan salah satu
aspek pendukung keberhasilan pembangunan nasional. Disisi lain, terdapat
beberapa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan nasional tersebut,
khususnya dibidang ketenaga kerjaan, sehingga diperlukan kebijakan dan upaya
dalam mengatasinya.
Manusia dan pembangunan merupakan kekuatan utama
sekaligus tujuan dari pembangunan itu sendiri.
Peran pendidikan dalam pembangunan SDM diantaranya :
a.
Mencerdaskan kehidupan bangsa.
b.
Membangun manusia sebagai
pelaksanaan transportasi.
c.
Membina manusia menjadi tenaga
produktif.
d.
Membentuk kepribadian yang
berorientasi kepada prestasi.
e.
Memperhitungkan dimensi sumber
daya manusia dan pengembangan lapangan kerja.
f.
Merobah pola pikir masyarakat
yang masih pada taraf rendah.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas pengembangan SDM
di Indonesia dilakukan melalui tiga jalur utama :
1)
Pendidikan
2)
Pelatihan
3)
Pengembangan karir di tempat
kerja.
Jalur pendidikan merupakan tulang
punggung pembanmgunan SDM yang dimulai dari tingkat dasar sampai perguruan
tinggi. Sementara itu, jalur pelatihan dan pengembangan karir ditempat kerja
merupakan jalur suplemen dan komplemen terhadap pendidikan.
Arah pembangunan SDM di Indonesia
ditujukan pada pengembangan kualitas SDM secara komprehensif meliputi aspek
kepribadian dan sikap mental, penguasaan ilmu dan teknologi, serta
profesionalisme yang semuanya dijiwai oleh nilai-niolai religius, sesuai dengan
agamanya. Dalam rangka pengembangan SDM di Indonesia, banyak tantangan yang
harus dihadapi. Tantangan pertama adalah jumlah penduduk yang besar, tantangan
kedua luasnya wilayah Indonesia ,
tantangan ketiga adalah mobilitas penduduk yang arus besarnya justru lebh
banyak ke Pulau Jawa dan ke kota-kota besar.
Tantangan seperti itu, memerlukan
konsep, strategi dan kebijakan yang tepat agar pengembangan SDM di Indonesia
dapat mencapai sasaran yang tepat secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan
karena peningkatan kualitas SDM Indonesia tidak hanya untuk meningkatkan
produktivitas dan daya saing di dalam maupun diluar negeri, tetapi juga untuk
meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan penghasilan bagi masyarakat.
3.
Peranan Pendidikan Dalam Pemeliharaan Lingkungan Hidup
Secara umum lingkungan adalah segala
benda, kondisi, keadaan yang mempengaruhi kehidupan makhluk termasuk manusia.
Manusia sebagai khalifah Allah telah diberkati fasilitas
yang lengkap dan ditugaskan secara kreatif dan dinamis mengerahkan kemampuannya
untuk memahami realitas alam untuk memanfaatkan dan didayagunakan demi
kesejahteraan manusia.
Peran pendidikan dalam pembangunan
lingkungan hidup sebagai berikut :
a.
Memberi arahan pada manusia
bahwa memelihara, mengelola dan melestarikan lingkungan hidup adalah suatu
keharusan.
b.
Memberikan bimbingan, bahwa
pengendalian alam harus bersifat rasional dan tidak merusak tata lingkungan hidup
manusia.
c.
Supaya pembangunan yang
dilaksanakan dapat menjaga keseimbangan dan pembinaan ekosistem.
d.
Untuk mengelola SDA masyarakat
dapat memberikan manfaat bagi manusia.
e.
Membudayakan pola hidup yang
serasi dengan ekosistemnya.
0 Response to "Peranan Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional"
Posting Komentar