Contoh Makalah Tentang Pendekatan Pembelajaran
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
A. Pengertian Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan atau strategi pembelajaran merupakan
penerjemahan filsafat atau teori mengajar menjadi rumusan tentang cara mengajar
yang harus ditempuh dalam situasi khusus atau dalam keadaan tertentu yang
spesifik.
B. Pendekatan Ditinjau Dari
Segi Pengolahan Pesan
Cara pendekatan dalam proses belajar mengajar :
1.
Belajar penerimaan (reception
learning)
Pendekatan proses pembelajaran penerimaan dikembangkan
menjadi strategi ekspositif, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
-
Penyajian informasi yang
diberikan dalam bentuk penjelasan simbolik atau demonstrasi praktis.
-
Tes terhadap resepsi, ungkapan,
dan pemahaman. Ulangi pesan/ informasi bila diperlukan.
-
Menyediakan kesempatan untuk
menerapkan prinsip umum sebagai latihan dengan suatu contoh tertentu.
-
Menyediakan kesempatan untuk
menerapkan kedalam situasi nyata sesuai informasi yang baru dipelajari.
2.
Belajar penemuan (discovery and
discovery learning), terbagi 2 pendekatan :
-
Metode discovery, dengan
langkah-langkah :
a. Menyajikan kesempatan untuk bertindak atau berbuat dan mengamati
konsekuensi-konsekuensi tindakan tersebut.
b. Tes terhadap pemahaman tentang hubungan sebab akibat.
c. Penyajian kesempatan-kesempatan guna penerapan hal yang baru saja
dipelajari kedalam situasi atau masalah-masalah nyata.
-
Metode inkuiri, dengan
langkah-langkah :
- Indifikasi kebutuhan siswa.
- Seleksi pendahuluan terhadap prinsip-prinsip, pengertian (konsep) dan peneralisasi yanmg akan dipelajari dan peran masing-masing siswa.
- Guru membantu memperjelas tugas atau problema yang akan dipelajari dan peran masing-masing siswa.
- Seleksi bahan dan problema atau tugas-tugas.
- Mempersiapkan setting kelas dan alat-alat yang diperlukan.
- Memberi kesempatan bagi siswa untuk melakukan penemuan.
- Membantu siswa dengan informasi data jika diperlukan.
- Guru memimpin analisis sendiri (Self analysis) dengan pernyataan yang mengarah dan mengidentifikasi proses.
- Merangsang terjadinya interaksi antar siswa.
- Motivasi siswa yang giat dalam proses penerimaan.
- Membantu siswa merumuskan prinsip-prinsip dan generalisasi atas hasil penemuan.
C. Pendekatan Ditinjau Dari
Pengorganisasian Siswa
a.
Pendekatan secara individual
Pembelajaran secara individual adalah kegiatan belajar
mengajar yang menitik beratkan bantuan dan bimbingan belajar kepada
masing-masing, dengan ciri-ciri :
1.
Pencapaian tujuan pembelajaran.
2.
Peranan siswa dan guru
3.
Program pembelajaran
b.
Pembelajaran secara kelompok,
dengan ciri-ciri :
1.
Pencapaian tujuan pembelajaran
2.
Peranan guru dan siswa
Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas adakalanya guru
membentuk kelompok-kelompok kecil dengan anggota antara 4-8 orang siswa. Dalam
pembelajaran kelompok guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif
kepada setiap anggota kelompok. Dalam pembelajaran kelompok hubungan guru
dengan siswa lebih akrab kelompok memperoleh bantuan sesuai dengan kebutuhan
dan keamanan, sementara siswa terlibat secara aktif didalam kelompok rangka
pencapaian tujuan belajar.
c.
Pembelajaran secara klasik
1.
Mengelola kelas
2.
Mengelola pembelajaran
Pembelajaran klasikal merupakan pembelajaran yang paling
praktis dimana seorang guru menghadapi siswa yang jumlahnya mencapai empat
puluhan. Pembelajaran klasikal menuntut kemampuan guru sekaligus dalam dua hal
yaitu mengelola kelas dan mengelola pembelajaran.
Pengelolaan kelas adalah penciptaan kondisi yang
memungkinkan terselenggaranya kegiatan belajar yang baik.
Pengelolaan pengajaran bertujuan untuk mencapai tujuan
belajar.
D. Pendekatan Ditinjau Dari
Segi Format Belajar
1.
Pembelajaran tatap muka adalah
proses belajar dimana guru siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran
yang berlangsung pada proses tersebut terjadinya interaksi antara guru dan
siswa dalam mempelajari materi tertentu.
2.
Pembelajaran non tatap muka
disebut dengan belajar mandiri dalam kegiatan ini siswa berinteraksi langsung
dengan guru kelas.
E. Posisi Guru dan Siswa di Dalam
Pengelolaan Pesan
Dalam kegiatan belajar mengajar guru berusaha agar pesan
dan materi pelajaran yang mencakup pengetahuan atau sikap dan keterampilan
dapat dikuasai oleh siswa dengan baik.
0 Response to "Contoh Makalah Tentang Pendekatan Pembelajaran"
Posting Komentar