Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Penerapannya pada Anak Usia Dini
PENGERTIAN BELAJAR MENURUT
PARA AHLI DAN BAGAIMANA PENERAPANNYA PADA ANAK USIA DINI
a.
Jerome S. Bruner
Pada dasarnya belajar merupakan proses kognitif yang
terjadi dalam diri seseorang.
Penerapannya pada anak usia dini dengan kegiatan guru
menjelaskan materi yang akan diajarkan kepada anak atau melalui audiovisual
atau televisi sehingga anak jelas dengan materi yang diajarkan itu.
b.
Robert Gogne
Belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah
sifat stimulus dari lingkungan menjadi beberapa tahap pengolahan informasi yang
diperlukan untuk memperoleh kapasitas yang baru.
Penerapannya pada anak usia dini dengan cara memberikan
rangsangan dalam memberikan pembelajaran.
c.
BF. Skinner
Belajar adalah perilaku dan perubahan perilaku yang
tercermin dalam kekerapan respon yang merupakan fungsi dan kejadian dalam
lingkungan dan kondisi.
Penerapannya pada anak usia dini adanya respon dan
rangsangan serta penguatan.
d.
Bell-Gredler (1986: 1)
Belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk
mendapatkan aneka ragam Competencies, skills and attitudes, diperoleh secara
bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua.
Penerapannya pada anak TK dengan cara menanyakan kepada
anak mau jadi apa nanti dan memotivasi anak.
e.
W.H. Burton
Memandang belajar sebagai tingkah laku diri individu dan
individu dengan lingkungannya.
Penerapannya pada anak usia dini dengan adanya
pembelajaran yang bisa memotivasi anak untuk mengembangkan diri dengan lingkungan.
f.
J. Neweg
Melihat dari dimensi yang berbeda, dimana prilaku
seseorang mengalami perubahan sebagai akibat pengalaman unsur.
Penerapannya di anak usia dini, dengan adanya
pengalaman-pengalaman anak di sekolah atau di lingkungan.
g.
Fontana
Belajar adalah : suatu proses perubahan yang relatif
tetap, dalam prilaku individu sebagai hasil dan pengalaman.
Penerapannya pada anak usia dini yaitu : menerangkan
kepada anak bahwa ada akibat dari sesuatu contoh seseorang anak yang
berhati-hati menyeberang supaya tidak tertabrak mobil dan minuman keras,
obat-obatan dan lain-lain.
h.
Bewer dan Hilgord (1981)
Bahwa belajar mengacu pada perubahan perilaku atau
potensi individu sebagai hasil dari pengalaman dan perubahan tersebut tidak
disebabkan oleh insting, kematangan atau kelelahan dan kebiasaan.
Penerapnnya pada anak usia dini dengan cara memberikan
pelajaran terus menerus seperti adanya pembelajaran pembentukan perilaku.
0 Response to "Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Penerapannya pada Anak Usia Dini"
Posting Komentar