Contoh Makalah Tentang Hakikat Belajar
HAKIKAT BELAJAR
A. Batasan Tentang Belajar
Rumusan tentang apa yang dimaksud
dengan belajar cukup bervariasi. Perbedaan tersebut tentu saja diwarnai atas
perbedaan pandangan dan tekanan masing-masing.
a.
W.H Burton : Memandang
belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu dan individu denmgan
lingkungannya.
b.
J. Neweg : Melihat dari dimensi
yang dapat berbeda. Dia menganggap bahwa belajar adalah suatu proses. Dimana
perilaku seseorang mengalami perubahan sebagai akibat pengalaman unsur.
c.
Skinner : Belajar adalah
suatu perilaku. Pada seseorang yang belajar responnya lebih baik dan begitu
pula sebaliknya.
d.
Bagne : Belajar adalah
proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan.
Dari batasan-batasan yang ditemukan
di atas dapat dikemukakan bahwa paling tidak ada dua unsur penting yang
terkandung dalam proses belajar, yaitu :
1.
Mengalami : Belajar adalah suatu rangkaian aktifitas yang
dialami seseorang melalui interaksinya dengan lingkungan.
- Perubahan dalam diri seseorang
Proses yang dialami seseorang baru bisa dikatakan
mempunyai makna belajar, badan menghasilkan perubahan dalam diri yang
bersangkutan, esensi dari perubahan ialah adanya yang baru.
B. Ciri-ciri Belajar
Berdasarkan rumusan di atas bahwa
belajar itu diartikan dalam arti luas, meliputi keseluruhan proses perubahan
individu.
Untuk mendapatkan pengalaman yang
lebih lengkap tentang pengertian belajar tersebut maka berikut ini dikemukakan
beberapa ciri penting dari konsep tersebut:
a.
Perubahan yang fungsional.
b.
Belajar adalah perbuatan yang
sudah mungkin sewaktu terjadinya prioritas.
c.
Belajar terjadi melalui
pengalaman yang bersifat individu.
d.
Perubahan yang terjadi bersifat
menyeluruh dan terintegrasi.
e.
Belajar adalah proses
integrasi.
f.
Perubahan berlangsung dari yang
sederhana menjadi kompleks.
C. Unsur-unsur Dalam Belajar
Perilaku belajar merupakan perilaku
yang kompleks, karena banyak unsur yang terlihat didalamnya, diantaranya :
a.
Tujuan : Dasar aktifitas
belajar adalah untuk memenuhi kebutuhan yang dirasakan oleh yang bersangkutan.
Contohnya pada anak usia dini: tujuan belajar untuk
mengembangkan : kognitif, fisik/motorik, afektif.
b.
Pola respon dan kemampuan yang
dimiliki. Setiap individu memiliki pola respon yang dapat digunakan saat
menghadapi situasi belajar.
Kalau pada anak usia dini dia merespon sesuatu
pembelajaran belum sepenuh merespon apa yang dikatakan oleh guru: disini guru
berperan penting untuk merespon minat belajar anak. Supaya anak siap untuk
menghadapi pembelajaran
c.
Situasi belajar
Situasi yang dihadapi mengandung berbagai alternatif
yang dapat dipilih.
Contoh pada anak usia dini : pembelajaran berdasarkan
minat dan kemampuan dengan cara pemakaian pembelajaran berbentuk area dan
sentra.
d.
Penafsiran terhadap situasi
Dalam menghadapi situasi, individu harus menentukan
tindakan mana yang akan diambil, mana yang harus dihindari dan mana yang paling
aman.
Pada usia anak dini dia cenderung memilih permainan mana
yang dia suka, anak tidak boleh dipaksakan.
e.
Reaksi atau respon
Setelah pilihan dinyatakan maka yang dapat dilakukan
seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, yaitu :
·
Situasi dihadapi secara
instriktif.
·
Situasi dihadapi secara
habitual.
·
Situasi dihadapi secara
rasional.
·
Situasi dihadapi secara
emosional.
0 Response to "Contoh Makalah Tentang Hakikat Belajar"
Posting Komentar