Resume Perkembangan Peserta Didik AUD
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
AUD
A. Pengertian Pertumbuhan dan
Perkembangan
Pertumbuhan adalah : perubahan pada
diri individu yang bersifat fisik dan dapat diukur secara kwantitatif yang
menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis, hasil pertumbuhan antara
lain bertambahnya ukuran kwantitatif badan anak.
Seperti : - Berat badannya yang bertambah.
- Ukuran anggota tubuhnya yang bertambah.
Perkembangan adalah : suatu proses
perubahan pada diri individu yang bersifat kwantitatif atau fungsi fisikologis
yang berlangsung terus menerus ke arah yang lebih baik/progresif.
Perubahan fisikologis bersifat
kwantitatif yaitu : bertingkah laku lebih matang baik sosial, emosional, moral
maupun intelektual.
Sumber : Tim
Dosen Pembina Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. 2002 (1-3) Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pendidikan
Tinggi.
Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai : perubahan
kuantitatif pada material suatu akibat adanya pengaruh lingkungan. Perubahan
kuantitatif dapat berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada
dari kecil menjadi besar.
Aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan :
- Anak sebagai keseluruhan
Pertumbuhan anak, baik fisik, intelektual, maupun sosial
sangat ditentukan oleh latar belakang keluarnya, latar belakang pribadinya dan
aktivitas sehari-harinya.
- Umur mental anak mempengaruhi pertumbuhan
Umur mental mempengaruhi kapasitas mentalnya. Kapasitas
mental anak menentukan prestasi belajarnya.
- Permasalahan tingkah laku sering berhubungan denmgan pola-pola pertumbuhan.
Anak yang pertumbuhannya cepat, lambat, atau tidak
teratur sering menimbulkan problem pengajaran.
- Penyesuaian pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan.
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada anak akibat
pertumbuhan setelah dihadapkan dengan tantangan kultural masyarakat,
harapan-harapan orang tua, guru-guru tercermin didalam penyesuaian sosialnya.
Teori-teori perkembangan
- Teori Nativisme
Perkembangan yang dibawa semenjak lahir atau
perkembangan anak ditentukan bawaan semenjak lahir.
- Teori Empirisme
Perkembangan seseorang dipengaruhi oleh faktor dari luar
atau faktor lingkungan dan pendidikan.
- Teori Rekapitulasi
Perkembangan individu merupakan ulangan dari
perkembangan jenisnya. Teori rekapitulasi pertumbuhan anak dapat dibagi menjadi
5 fase dan ciri-cirinya :
a.
Masa berburu atau masa
penyamun, umur + 8 tahun.
Ciri-cirinya : anak senang menangkap binatang, bermain
menyelinap dan sembunyi.
b.
Masa pengembala umur 10 tahun
Ciri-cirinya anak gemar sekali memelihara binatang.
c.
Masa petani umur 10-12 tahun
Ciri-cirinya : anak gemar sekali menanam tanaman dan
memelihara kebun.
d.
Masa pedagang umur 12-18 tahun
Ciri-cirinya : anak gemar bermain jual beli,
mengumpulkan benda-benda seperti perangko, gambar-gambar, kartu-kartu dan
lain-lain.
e.
Masa industri umur 14 tahun
Ciri-cirinya : anak gemar membuat permainan dan
barang-barang kerajinan.
- Teori Naturalisme
Perkembangan anak dipengaruhi oleh kebudayaan. Anak yang
sifatnya baik berteman dengan orang tidak baik ia akan terpengaruh menjadi
tidak baik.
- Teori Konvergensi
Perkembangan hidupnya yang dipengaruhi oleh
bakat/pembawaan dan lingkungan, atau dasar-dasar yang diajar.
Sumber : Drs.
Mustaqim, dan Drs. Abdul Wahid (33-36) PT. Renika Cipta. Jakarta
Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini
Menurut Carbin (1990) mengemukakan
perkembangan motorik adalah perubahan pada kemampuan gerak mulai dari masa kandungan,
bayi, balita, remaja sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek prilaku dan
kemampuan gerak.
B. Ciri-Ciri Umum Aud Yang
Sedang Berkembang
a.
Anak usia dini pada umumnya
sangat aktif.
Ia sangat menyukai kegiatan itu dilakukannya sendiri,
seperti ia beraktifitas seperti :
berlari, meloncat, melompat, memanjat sesuai dengan kebutuhannya, dan selalu
dibawah pengawasan guru dan orang tua.
b.
Setelah melakukan berbagai
kegiatan anak usia dini membutuhkan istirahat yang cukup.
c.
Otot-otot anak usia dini belum
berkembang secara sempurna, belum bisa melakukan kegiatan yang belum dapat ia
lakukan seperti memasang dan mengikat tali sepatu.
d.
Anak usia dini belum dapat
memfokuskan pandangannya pada satu objek yang kecil karena koordinasi gerak
motoriknya belum sempurna baik tangan untuk menggapai sesuatu dan otot bola
mata yang belum sempurna.
e.
Walaupun tubuh anak itu mulai
lentur akan tetapi struktur tengkorak belahan otak kiri dan otak kanannya masih
lunak.
f.
Anak usia dini umumnya
laki-laki akan lebih besar dari pada anak perempuan, tetapi dalam melakukan
kegiatan anak perempuan cenderung lebih terampil dan gesit dibanding anak
laki-laki.
Pengaruh Pertumbuhan Fisik Terhadap Tingkah Laku Anak
Usia Dini
Anak yang pertumbuhan fisiknya normal
dan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan anak ini akan cenderung aktif. Anak
yang pertumbuhan fisiknya lambat atau bermasalah (cacat) kemungkinan akan
berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangannya.
C. Prinsip-Prinsip /
Hukum-Hukum Perkembangan
Prinsip-prinsip perkembangan adalah :
1.
Perkembangan berlangsung seumur
hidup dan meliputi seluruha aspek.
2.
Setiap individu memiliki
kecepatan dan kualitas perkembangan yang berbeda.
3.
Perkembangan secara relatif
beraturan mengikuti pola-pola tertentu misalnya, merangkak sebelum belajar,
merabah sebelum bicara.
4.
Perkembangan berlangsung secara
berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
5.
Perkembangan berlangsung dari
kemampuan yang bersifat umum menuju ke yang lebih khusus, mengikuti proses
diferensiasi dan integrasi.
6.
Secara normal perkembangan
individu mengikuti seluruh fase, tetapi karena faktor-faktor khusus, fase
tertentu dilewati dengan cepat atau sangat lambat.
7.
Sampai batas-batas tertentu
perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat. Perkembangan
dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan.
8.
Perkembangan aspek-aspek
tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya.
9.
Pada saat-saat tertentu dan
dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan wanita.
Sumber : Perkembangan Peserta Didik (112-114)
Prinsip-Prinsip Perkembangan
- Prinsip Kesatuan Organus
Anak adalah suatu kesatuan organ bukan kumpulan
elemen-elemen atau unsur-unsur yang masing-masing berdiri sendiri.
- Prinsip tempo dan irama perkembangan
Tiap-tiap anak memiliki irama dan tempo perkembangan
sendiri-sendiri, ada yang cepat dan ada yang lambat.
- Tiap-tiap golongan (spesies) mengikuti pola perkembangan umum yang sama.
- Prinsip Konvergensi
Adanya kerjasama antara faktor pembawaan dengan faktor
lingkungan akan memungkinkan terjadinya perkembangan yang memuaskan.
- Prinsip kematangan
Efek usaha belajar tergantung kepada tingkat kematangan
yang telah dicapai oleh anak.
- Setiap proses perkembangan terdapat hasrat mempertahankan diri.
- Sifat fisikis tidak timbul secara berturut-turut tetapi dalam waktu yang bersamaan.
- Perkembangan meliputi differensiasi dan integral.
- Pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan asuhan yang perlu dilakukan secara sadar.
Sumber : Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (36-44)
Hukum-Hukum Perkembangan
- Hukum Konvergensi
Menurut aliran nativisme yang dipelopori oleh
schepenhaon berpendapat bahwa manusia adalah hasil bentukan dari pembawaan
sejak lahir.
Menurut john locke/teori tabulasara mengatakan : ketika
anak lahir, ia diumpamakan sebagai kertas buram yang putih, belum ada ditulis,
atau digoresi oleh bakat apapun.
Wiliam Stern menggabungkan kedua pendapat ini,
mengatakan bahwa : pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak adalah
pengaruh dari unsur lingkungan dan pembawaan.
- Hukum Tempo Perkembangan
Setiap perkembangan yang dialami berlangsung menurut
tempo (kecepatan) masing-masing. Ada
yang cepat perkembangannya dan ada yang lambat perkembangannya.
- Hukum Masa Pakai
Menurut Maria Montesori masa peka merupakan masa
pertumbuhan ketika suatu fungsi jiwa mudah sekali dipengaruhi dan dikembangkan.
masa peka setiap anak itu berbeda-beda. Ada
yang umur 3 tahun sudah dikembang mas apekanya. Ada yang sudah berumur 4 tahun baru
berkembang masa pekanya.
- Hukum Rekapitulasi
Perkembangan yang dialami seorang anak merupakan ulangan
(secara cepat) sejak kehidupan suatu bangsa yang berlangsung dengan lambat.
Perkembangan jiwa anak merupakan ringkasan dari sejarah kehidupan umat manusia.
0 Response to "Resume Perkembangan Peserta Didik AUD"
Posting Komentar