Upaya Pembaharuan Pendidikan dalam Aspek Tujuan Pendidikan
Pada setiap GBHN mulai dari GBHN 1973, 1978, 1983,
1988, kita memiliki rumusan tujuan pendidikan umum, yang selalu berusaha
melengkapi dan memadukan seluruh cita-cita nasional kita. Hampir setiap lima
tahun sekali rumusan tujuan umum pendidikan nasional kita senantiasa mengalami
perubahan, paling tidak ada upaya menambah rumusan tujuan yang terdapat pada
GBHN pelita sebelumnya, sampai tersusunnya Undang-Undang Sistem Pendidikan
Nasional kita yaitu Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa:
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan
mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Salah satu bentuk upaya pembaharuan dalam aspek
tujuan pendidikan adanya pembakuan kurikulum mulai dari kurikulum 1975, 1976,
1984. Upaya inovatif dari pembakuan kurikulum-kurikulum tersebut adalah adanya
upaya pembakuan rumusan tujuan pendidikan untuk setiap tingkatan, mulai tujuan
institusional (tujuan lembaga pendidikan), tujuan kurikuler (tujuan bidang
studi atau mata pelajaran) dan tujuan instruksional umum. Hal ini memberi
kemudahan pada guru untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan
pembelajarannya di dalam kelas karena para guru tinggal mengembangkan
tujuan-tujuan tersebut di atas ke dalam tujuan yang lebih jelas lagi dan
operasional dalam bentuk rumusan tujuan instruksional khusus. Dengan demikian,
upaya pembaharuan dalam aspek tujuan pendidikan telah membantu memperlancar
upaya pencapaian tujuan pendidikan yang lebih luas bahkan turut membantu
mempermudah dan memperjelas upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional pada
umumnya. Karena dengan inovasi tujuan pendidikan telah mendorong upaya guru
untuk mengembangkan pembelajaran yang senantiasa berorientasi pada tujuan.
0 Response to "Upaya Pembaharuan Pendidikan dalam Aspek Tujuan Pendidikan"
Posting Komentar