Dampak Penyediaan Fasilitas Information Sharing terhadap Prinsip Manajemen



Kemampuan teknologi informasi dalam menyediakan fasilitas informasi sharing dapat menciptakan organisasi yang memiliki karakteristik sangat  berbeda dengan organisasi yang dikenal di masa lalu.
Setiap organisasi dibangun dengan empat macam batas :
1.      Batas vertikal, yaitu batas-batas antara tingkat atau jenjang manajer dalam organisasi, sehingga memisahkan antara pemimpin dan pengelola dengan yang dipimpin dan yang dikelola.
2.      Batas horisontal, yaitu batas-batas antara fungsi dan disiplin.
3.      Batas eksternal, yaitu batas-batas antara organisasi dengan pemasok, customer, dan badan pengatur.
4.      Batas geografis, yaitu batas-batas antara bangsa, kultur, dan pasar.
Namun, batas-batas yang ketat dan tidak fleksibel akan mengganggu interaksi antarorganisasi dan antarkomponen organisasi, sehingga organisasi tidak dapat dengan cepat melayani kebutuhan customer, tidak dapat fleksibel dalam menghadapi perubahan kebutuhan customer, tidak terpadu dalam menghadapi lingkunga bisnis yang turbulen, dan tidak inovatif dalam menghadapi persaingan.
Batas vertikal dapat dikurangi sampai ke tingkat minimum, dengan meningkatnya kemampuan knowledge workers untuk melakukan akses langsung ke shared database yang diselenggarakan oleh perusahaan.
Dengan demikian teknologi informasi memungkinkan dibangunnya cross functional organization, struktur organisasi yang diorientasikan ke sistem yang digunakan untuk menghasilkan value bagi customers.
Teknologi informasi juga memungkinkan hubungan berkualitas (quality relationship) antarorganisasi perusahaan dapat dibangun, sehingga jejaring organisasi yang terbentuk dapat menghasilkan value terbaik bagi customers. Batas eksternal dapat ditembus dengan dimanfaatkannya electronic data interchange (EDI) dan electronic fund transfer (EFT), sehingga transaksi bisnis antarorganisasi dapat diselenggarakan dengan cepat, andal, tepat, dan kompleks.
Prinsip-prinsip manajemen yang digunakan untuk mengelola jejaring organisasi, organisasi dengan sedikit jenjang, dan organisasi lintas fungsional sangat berbeda dengan prinsip-prinsip manajemen yang dikembangkan dalam manajemen tradisional.

0 Response to "Dampak Penyediaan Fasilitas Information Sharing terhadap Prinsip Manajemen"

Poskan Komentar