Transportasi Ramah Lingkungan (Contoh Makalah)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Budaya gaya hidup hijau sekarang
memang sedang ramai dibicarakan, hal itu disebakan karena besarnya efek dari
pemanasan global (global warming). Salah Satu fakta yang bisa kita rasakan dari
pemanasan global adalah dengan meningkatnya suhu di lingkungan kita, yang
dulunya sejuk menjadi panas yang dulunya panas menjadi lebih panas. Pemanasan
Global merupakan dampak dari kegiatan manusia yang lebih mementingkan bisnis
dari pada menjaga lingkungan hidup.
Salah satu tindakan kongkret yang
bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global adalah mengajak
orang lain untuk menerapkan budaya “transportasi” sehat. Berbagai alat
transportasi yang ramah lingkungan juga telah diciptakan dan terus dikembangkan
untuk mengurangi efek pemanasan global. Contoh alat transportasi modern yang
ramah lingkungan seperti : Motor dan Mobil bertenaga listrik. Motor dan Mobil
tersebut dapat digunakan sebagai alat transportasi pada umumnya, namun ramah
lingkungan. Namun Mobil dan Motor ramah lingkungan ini memang agak sedikit
jumlahnya karena masih dalam tahap pengembangan
B. Tujuan
Karya tulis ini penulis buat bertujuan untuk:
·
Untuk mengetahui alat
transportasi ramah lingkungan.
·
Untuk mengetahui macam-macam
alat transportasi sederhana ramah lingkungan.
·
Untuk mengetahui perkembangan
alat transportasi modern yang ramah lingkungan
·
Serta untuk memenuhi salah satu
tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
C. Rumusan Masalah
Dalam penulisan Karya Tulis ini penulis membatasi
pembahasan tentang :
·
Alat Transportasi Ramah
Lingkungan
·
Macam-macam Alat Transportasi
Sederhana Ramah Lingkungan
·
Perkembangan Alat Transportasi
Modern yang RamahLingkungan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Alat Transportasi Ramah
Lingkungan
1.
Dampak Terhadap Lingkungan
Populasi udara sebagai dampak
pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh sistem transportasi yang tidak Sustainable atau tidak ramah lingkungan
dapat dibagi dalam dua kelompok besar yaitu :
a.
Dampak terhadap lingkungan
udara
Dampak yang timbul meluputi
meningkatnya konsentrasi pencemar konservatif yang meliputi :
1)
Karbon monoksida (CO).
2)
Oksida sulfur (SO2).
3)
Oksida nitrogen (NO2)
4)
Hidrokarbon (HC).
5)
Timbal (Pb).
6)
Ozon perkotaan (O3).
7)
Partikulat (debu).
b.
Dampak terhadap lingkungan air
Secara tidak langsung, kegiatan
transportasi akan memberikan dampak terhadap lingkunga air terutama melalui air
buangan dari jalan raya. Air yang terbuang dari jalan raya, terutama terbawa
oleh air hujan, akan mengandung bocoran baan bakar dan juga larutan dari
pencemar udara yang tercampur dengan air tersebut.
2.
Dampak Terhadap Kesehatan
Dampak terhadap kesehatan merupakan
dampak lanjutan dari dampak terhadap lingkungan udara. Tingginya kadar timbal
dalam udara perkotaan telah mengakibatkan tingginya kadar timbal dalam darah
manusia yang hidup di perkotaan.
Keracunan timbal atau timah hitam (Pb) dapat
mengakibatkan :
a.
Sakit kepala.
b.
Mual, muntah-muntah.
c.
Kejang perut.
d.
Apabila terus berlanjut, para
penderita keracunan zat-zat kimia dari polusi udara tersebut bisa menderita
penurunan daya ingat.
e.
Gangguan penglihatan.
f.
Kerusakan otot jantung, dan
susunan syaraf pusat.
3.
Dampak Terhadap Ekonomi
Dampak terhadap ekonomi lebih banyak
merupakan dampak turunan terutama dari adanya dampak terhadap kesehatan. Bila
kita sakit karena akibat pencemaran udara dan air tersebut maka dampaknya kita
harus berobat ke dokter dan tentunya ini menghabiskan banyak biaya yang harus
dikeluarkan.
Dampak terhadap ekonomi akan semakin
bertambah dengan terjadinya kemacetan dan tingginya waktu yang dihabiskan dalam
perjalanan sehari-hari. Akibat dari tingginya kemacetan dan waktu yang
dihabiskan di perjalanan, maka waktu kerja semakin menurun dan akibatnya
produktivitas juga berkurang.
B. Macam-macam Alat
Transportasi Sederhana Ramah Lingkungan
1.
Sepeda Kayuh, Hemat dan Ramah Lingkungan
Sepeda kayuh sebagai sarana
transportasi ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara. Selain itu
juga menyehatkan kita karena dengan bersepeda berarti membakar kalori dan lemak
dalam tubuh sehingga dengan tubuh yang bugar kita tidak gampang sakit. Disisi
ekonomisnya, sepeda kayuh sangat hemat dan murah karena tidak perlu bahan
bakar.
a.
Sepeda sebagai alat
transportasi dan rekreasi
Sebagai alat transportasi, sepeda
memang dirancang untuk membawa barang. Sepeda pada awalnya dirancang untuk
menunjang mobilitas manusia, agar dengan energi yang relatif kecil dapat
mencapai jarak yang cukup jauh.
Nilai tambah sepeda sebagai alat
transportasi dapat digambarkan sebagai berikut :
1)
Teknologi freewheel pada sepeda
memungkinkan sepeda dipakai dengan nyaman, sekalipun pada jalan mendaki lebih
dari 10%.
2)
Pemakaian sepeda mempunyai
fleksibelitas yang tinggi dalam menghadapi kemacetan lalu lintas.
3)
Jangkauan jarak tempuh
pemakaian sepeda relatif besar untuk suatu kawasan kota besar (4 sampai dengan
5 km per 15 menit).
4)
Nilai investasi relatif sangat
kecil dibandingkan kendaraan bermotor/sepeda motor.
5)
Perawatan sepeda umumnya bisa
dilakukan secara mandiri.
6)
Pemakaian sepeda secara teratur
memberikan sumbangan kebugaran fisik yang baik.
7)
Pemakaian sepeda memberikan
sumbangan untuk kebersihan udara.
8)
Sepeda, secara teknis dapat
dimodifikasi dengan mudah.
b.
Kelemahan sepeda kayuh
1)
Sepeda hanya memungkinkan bagi
transportasi barang secara terbatas.
2)
Pengendara sepeda tidak bisa
terhindar dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.
3)
Keselamatan pengendara sepeda
relatif lemah, bila terjadi kecelakaan dengan alat transportasi lainnya.
4)
Sepeda relatif mudah dicuri.
5)
Bila kondisi cuaca kurang baik
atau topografi jalur lintasan yang naik turun membuat pengendara mudah
berkeringat, hal mana bisa mengganggu kenyamanan kerja di kantor atau tempat
lainnya.
2.
Becak Si Rodatiga Ramah Lingkungan
Becak, cara kerja tidak jauh dari
sepeda yaitu dengan dikayuh. Becak merupaka alat angkutan yang ramah lingkungan
karena tidak menyebabkan polusi udara. Selain itu, becak tidak menyebabkan
kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis-turis
mancanegara.
a)
Defisini becak
Becak (dari bahasa Kokkien: be chia “kereta kuda”) adalah suatu
model transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga
disebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang
pengemudi.
b)
Asal-usul becak
Ternyata asal usul becak dari Jepang.
Munculnya kendaraan yang ditarik dengan tenaga manusia itu, untuk pertama
kalinya hanya kebetulan saja. Tahun 1869, seorang pria Amerika yang menjabat
pembantu di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang, berjalan-jalan menikmati
pemandangan Kota Yokohama. Suatu saat ia berpikir, bagaimana cara istrinya yang
kakinya cacat bisa ikut berjalan-jalan. Tentu diperlukan sebuah kendaraan.
Kendaraan itu pikirnya tidak usah ditarik kuda karena hanya untuk satu
penumpang saja. Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas
secarik kertas.
Orang-orang Jepang yang melihat
kendaraan pribadi yang ditarim manusia itu, menamakannya “Jinrikisha”. Penarik
jinrikisha biasanya diberi upah tiap minggu. Lama-lama, jinrikisha menarik
perhatian masyarakat Jepang, khususnya para bangsawan.
Diilhami jinrikisha dan rickshaw,
tiba-tiba saja sekitar tahun 1941 untuk pertama kalinya di kota-kota besar di
Indonesia muncul becak. Berbeda dengan jinrikisha dan rickshaw yang beroda dua
dengan ban mati, becak sudah lebih modern. Rodanya tiga dan menggunakan ban
angin, mengemudikannya dikayuh dengan kedua kaki.
C. Perkembangan Alat
Transportasi Modern yang Ramah Lingkungan
1.
Mobil Listrik “Batterai Operate”
Mobil listrik jenis ini mengandalkan
baterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan. Bagian yang sangat
penting pada mobil listrik jenis ini adalah :
a.
Motor listrik
b.
Baterai (AKI)
c.
Charger (alat pengisian ulang
energi listrik pada AKI).
d.
Sistem kendali (controller).
e.
Managemen energi (EMS) atau
Energy Managemen System.
2.
Mobil Hybrid
Teknologi mobil hybrid yang
dipopulerkan oleh perusahaan kendaraan terkemuka ini. Sebagai solusi menghemat
BBM dan mengatasi pencemaran lingkungan. Cara kerja mesin listrik dengan
prinsip regenerative (isi ulang atau recharging saat kendaraan sedang
beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil
tersebut tidak bisa mengisi ulang listriknya. Bila listrinya habis, Batterai
atau aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam. Khusus
mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan
kinetic energy saat mengerem. Bahkan sebagian energi mesin dari mesin
bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi
batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan
BBM.
3.
Mobil Surya “Solar Car”
Mobil tenaga surya atau tenaga
matahari, adalah jenis kendaraan listrik yang menggunakan tenaga matahari
sebagai sumber energinya. Energi matahari ditangkap dengan menggunakan panel
cell surya kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang berfungsi
untuk memutar roda. Agar dapat digunakan secara stabil maka pada mobil surya
dilengkapi dengan tempat penyimpanan energi umumnya digunakan accu atau
batterai.
Dilengkapi dengan alat control
pengatur kecepatan maka mobil ini dapat melaju sesuai dengan kecepatan sesuai
dengan kecepatan yang dirancang. Di Indonesia berkisar 12 tahun yang lalu mobil
surya telah dikembangkan oleh mahasiswa ITS Surabaya.
4.
Mobil Fuel Cell
Fuel cell adalah sebuah terobosan
teknologi yang dilakukan oleh kalangan ilmuan dan industri mobil untuk mencari
sumber energi alternatif penggerak mesin. Dan salah satu pilihan terkuat adalah
bahan bakar hidrogen, dipilihnya hidrogen karena dianggap memenuhi dua alasan
utama, yakni :
a.
Karena hidrogen ramah
lingkungan. Gas buang hasil pembakaran hidrogen sama sekali tidak mencemari
lingkungan.
b.
Karena secara alamiah hidrogen
tersedia dalam jumlah besar hingga bisa dimanfaatkan dari generasi ke generasi.
5.
Mobil Listrik Marlip
Mobil ini di Indonesia dikembangkan
oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dengan merek Marlip (Marmut
Listrik LIPI). Mobil ini menggunakan sumber tenaga aki 200Ah/12V sebanyak 3
buah. Untuk perjalanan nonstop selama 8 jam, membutuhkan pengisian ulang selama
8 jam pula. Mobil ini dapat menempuh kecepatan rata-rata 40 km/jam. Mobil
Marlip, terdiri dari banyak macam, seperti kereta pasien, mobil golf, kendaraan
patroli polisi, hingga kendaraan perumahan untuk 2 penumpang. Saat ini sedang
dikembangkan juga mobil listrik yang diberi tambahan sel surya diatapnya, untuk
menambah daya jelajah mobil tersebut.
6.
Sepeda Listrik
Bukan rahasia umum lagi hampir
seluruh perusahaan pembuat mobil terkemuka di dunia berlomba menciptakan
kendaraan dengan sumber tenaga alternatif. Selain Bensin, ada Fuel Cell atau
kombinasi Dry Cell dan Fossil Fuel yang biasa kita dengar dengan nama Kendaraan
Hybrid.
Dari berbagai jenis kendaraan listrik
yang pernah dikembangkan, ternyata sepeda motor yang paling sukses dikembangkan
dan disosialisasikan, terutama di Amerika, Eropa, Cina dan Jepang.
Di negara-negara tersebut, pemakaian
sepeda motor listrik telah sangat meluas, mulai dari kendaraan di dalam
kompleks, kendaraan kerja, sekolah, hingga instansi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Global warming adalah pemanasan
global sekarang terus memburuk akibat dari gas buang dari kendaraan
transportasi yang tidak ramah lingkungan. Kendaraan bermotor juga penyumbang
polusi udara dan polusi air yang mempunyai banyak dampak negatif bagi
lingkungan, kesehatan, ekonomi serta pemerintah.
Alternatif untuk mengurangi global
warming adalah pemakaian kendaraan yang ramah lingkungan. Ada 2 macam kendaraan
atau transportasi yang ramah lingkungan, transportasi ramah lingkungan dengan
teknologi sederhana dan transportasi ramah lingkungan dengan teknologi modern.
B. Saran
Pilihlah sebuah alat transportasi
sesuai dengan keinginanmu, hanya saja pilihlah secara bijak. Haruskan Anda
membeli kendaraan pribadi atau haruskan anda memanfaatkan sebuah alat
transportasi yang efektif serta efisien.
DAFTAR PUSTAKA
Firdaus, Sofyan.
2010. Transportasi Ramah Lingkungan. Jakarta: CV. Ricardo.
Muthfisari, Alnurrizki. 2007. Sopan Santun Berlalu
Lintas. Klaten: PT. Maraga Borneo Tarigas.
0 Response to "Transportasi Ramah Lingkungan (Contoh Makalah)"
Posting Komentar