Sabtu, 06 Juni 2015

Makalah Tentang Organisasi


ORGANISASI
Makalah Tentang Organisasi


A. Timbulnya Organisasi
Manusia adalah makhluk sosial, oleh sebab itu ia tak mungkin hidup seorang diri, lepas dari hidup bersama atau kelompok masyarakat kecuali dalam keadaan sangat terpaksa.
Dalam hidup bersama itulah manusia dapat kesempatan untuk mengadakan kerja sama dengan orang lain. Asal dilakukan dengan kesadaran sepenuhnya pasti mempunyai tujuan yang bersifat sederhana, maupun ideal tingginya, baik sifatnya semata-mata material, ekonomi, sosial kekeluargaan ataupun politik.
Secara garis besar suatu organisasi terbentuk dari perhimpunan orang-orang yang saling mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan semula.

B. Pengertian Organisasi
Ada 2 pendapat mengenai pengertian organisasi.
1. James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama (suatu badan).
2. Chester I Barnard
Organisasi adalah sebagai suatu sistem dari pada aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih (sistem yang skematis).

Ada 3 ciri-ciri organisasi :
- Adanya sekelompok orang-orang.
- Antar hubungan terjadi dalam suatu kerjasama yang harmonis.
- Kerjasama yang didasarkan atas hak, kewajiban/tanggungjawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan.
Organisasi sebagai badan atau suatu badan dimana terdapat perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian organisasi dapat didefenisikan sebagai berikut :
1. Organisasi dalam arti badan
Sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan atau beberapa tujuan tertentu.
2. Organisasi dalam arti bahan
Gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan kerjasama dari orang-orang yang terdapat dalam rangkaian usaha untuk mencapai suatu tujuan.

C. Defenisi Organisasi
1. G.R. Terry
Suatu struktur dengan bagian-bagian yang berintegrasi hingga hubungan mereka dengan keseluruhan.
2. Leonard D. White
Mengungkapkan 2 pengertian :
a. Organisasi adalah pola hubungan yang ditetapkan secara formal oleh hukum dan oleh tap manajemen.
b. Organisasi adalah sejumlah tata hubungan kerjasama yang terjadi dari hubungan kerjasama antar sejumlah orang dalam suatu jangka waktu yang panjang atau disebut dengan organisasi informal.
Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur dasar dari organisasi adalah :
- Adanya 2 orang atau lebih
- Adanya maksud untuk bekerja sama
- Adanya pengaturan hubungan
- Adanya tujuan yang hendak dicapai

D. Fungsi-fungsi Dalam Organisasi
Organisasi adalah alat untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan-tujuan ini bermacam-macam karena beraneka macam tujuan itu. Maka bermacam pula bentuk dan susunan organisasi tersebut.
Leonard White mengemukakan 3 fungsi dalam organisasi :
1. Fungsi Line
Adalah fungsi yang erat hubungannya dengan pelaksanaan tugas pokok organisasi yaitu langsung mengatur tata kehidupan masyarakat dalam suatu bidang.
Menurut William Newman, wewenang pejabat line adalah
- Membuat keputusan/kebijakan.
- Bertanggung jawab.
- Menafsirkan kebijaksanaan yang telah ditentukan atasan dalam wilayah kekuasaannya.
- Membuat perencanaan/planning.
- Mengusahakan tercapainya efisiensi yang tinggi usaha kerjasama itu.

2. Fungsi Auxiliary
Adalah fungsi memberikan bantuan terhadap pejabat line, bantuan yang dapat berwujud bantuan tersebut seperti.
- Pembiayaan
- Tenaga pegawai
- Perlengkapan

3. Fungsi Staf
Seorang staf adalah unsur penasehat bagi seorang pejabat tinggi tapi tanpa wewenang operasional.
• Fungsi utama staf dalam lingkungan militer adalah
- Merencanakan
- Menasehati
- Membantu pejabat tinggi/komandan dalam pengamatan tanpa wewenang untuk memerintah suatu pelaksanaan operasional.
• Fungsi staf dikalangan non militer adalah
- Mengkaji atau menjelaskan problem administrasi.
- Merencanakan
- Menasehati
- Mengamati tetapi tidak ada wewenang untuk memimpin pelaksanaan tugas.