Selasa, 22 September 2015

Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Secara Umum Di Indonesia


Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Secara Umum Di Indonesia


Setiap orang mempunyai pekerjaan yang tidak sama. Jenis pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar kita antara lain :

Pegawai Negeri

Pegawai negeri adalah orang yang bekerja di kantor pemerintah untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Pegawai negeri digaji oleh pemerintah. Selain itu juga memperoleh tunjangan untuk kesejahteraan keluarga. Pegawai negeri berdasarkan bidangnya antara lain :

  1. Guru
  2. Pegawai Pemerintah Daerah / Kota
  3. Pegawai Departemen Agama
  4. Pegawai Departemen Keuangan
  5. Pegawai Departemen Kesehatan
  6. Pegawai Departemen Kehakiman
  7. Pegawai Departemen Pertanian
  8. TNI
  9. POLRI





Pegawai Perusahaan Swasta
Karyawan/pegawai perusahaan swasta diangkat oleh perusahaan/industri swasta sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Mereka memperoleh penghasilan dari gaji yang diberikan oleh perusahaan. Pegawai swasta contohnya, guru, buruh, sales, pengemudi, pramuniaga, pramugari, dan lain-lain. Upah pegawai swasta disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dengan mengacu pada UMR (Upah Minimum Regional). UMR adalah upah minimal (terendah) yang diberikan kepada pekerja.

Petani
Petani adalah orang yang bekerja mengolah tanah agar dapat ditanami. Tanaman yang ditanam seperti padi, jagung, sayuran dan buah-buahan. Sebagian besar petani Indonesia menanam padi sebab makanan pokok penduduk Indonesia sebagian besar adalah nasi. Maka dari itu negara Indonesia dikenal sebagai negara agraris, artinya yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja dibidang pertanian.

Nelayan
Penduduk daerah pesisir/pantai sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Nelayan adalah orang yang pekerjaannya mencari ikan di laut. Hidup sebagai nelayan harus berjiwa pemberani.

Peternak
Peternak adalah orang yang memilihara hewan ternak. Adapun usaha yang dilakukan ialah beternak atau disebut peternakan. Hewan yang diperlihara berupa sapi, kuda, ayam, kerbau, itik dan lain-lain. Hewan ternak diambil manfaatnya berupa daging, susu, telur, bulu dan lain-lain.

Pengrajin
Pengrajin adalah orang yang bekerja menaikkan daya guna/manfaat suatu barang. Misalnya kayu dibuat menjadi lemari. Pengrajin mendapat hasil dari penjualan hasil kerajinan / dari majikan pemilik usaha kerajinan.