Aneka Makhluk Hidup Laut dan Manfaatnya

Aneka Makhluk Hidup Laut dan Manfaatnya


Ø  Echinoidea (Landak Laut / Bulu Babi)
Landak laut biasanya hidup di daerah pantai, di atas batu karang, di dasar laut, dalam lumpur, atau di sumur-sumuran daerah pantai, bahkan ada juga yang hidup di muara sungai dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang.
Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memiliki duri yang dapat digerakkan.
Beberapa contoh Echinoidea antara lain Diadema antillarum dan Strongylocentrotus (berbentuk bola); Spatangus (berbentuk oval); serta Echinarachnius (berbentuk seperti uang logam) yang sering disebut dolar pasir.
Duri-duri dibentuk dari kristal kalsium karbonat yang berujung melebar dan berhubungan dengan tuberkulum. Di antara duri-duri terdapat pediselaria yang berfungsi untuk menangkap makanan dan membersihkan tubuh.
Sedangkan saluran cincinnya melingkari kerongkongan, dan saluran radial berada di dalam cangkang yang berhubungan dengan kaki ambulakral.
Jenis Echinoidea yang mengerami telur atau merawat telur dalam bilik hingga menetas menjadi larva.
Sistem Organ dalam Tubuh Echinoidea
Sistem Organ
Keterangan
Sistem pencernaan makanan
Saluran pencernaan yang dikelilingi oleh lima rangka samping yang ada dalam cangkang (terkenal sebagai “lentera Aristoteles”) adalah lambung yang diperluas oleh kantong-kantong dan berakhir di rektum. Anus terletak di daerah permukaan aboral, yaitu di pusat tubuhdi antara lempeng kapur yang mengandung dua, empat, sampai lima lubang genital. Echinoidea memiliki mulut dan anus di bagian pinggir tubuhnya, tetapi ada pula yang mulutnya terletak di tengah.
Sistem saraf
Sistem saraf berupa cincin yang melingkari mulut dan selanjutnya bercabang ke saraf radial.
Sistem pernapasan
Pernapasan dilakukan oleh 10 insang yang menjorok dari membran peritonium.
Sistem reproduksi
Dari gonad terdapat saluran ke lubang genital. Sesudah terjadi fertilisasi di air, maka hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi larva.

Echinoidea memiliki daya regenerasi tinggi, yaitu jika bagian tubuh rusak akan segera diperbaiki. Contoh spesies anggota Echinoidea antara lain Arbacia punctulata, Tripneustes sp., Eucidaris sp., dan Colobocentrotus sp.

Ø  Holothuroidea (Teripang / Timun Laut)
Holothuroidea hidup di laut, yaitu di dasar laut dengan cara bersembunyi di lumpur/pasir.
Holothuroidea tidak berduri dan memiliki banyak endoskeleton yang tereduksi. Tubuh bulat memanjang tertutup oleh kulit yang berkutikula dan tidak bersilia.
Dibawah kulit terdapat dermis yang mengandung osikula, selapis otot melingkar, dan 5 otot ganda yang memanjang.
Anterior mulut terdapat 10-30 tentakel yang identik dengan kaki buluh, tetapi dapat dijulurkan dan ditarik kembali. Jenis hewan ini mempunyai kaki ambulakral yang dapat berkontraksi dan berfungsi sebagai alat respirasi.
Sistem Organ dan Tubuh Holothuroidea
Sistem Organ
Keterangan
Sistem pernapasan
Alat pernapasan berupa saluran bercabang-cabang seperti pohon yang sebenarnya merupakan perluasan kloaka ke dalam selom.
Sistem pencernaan makanan
Saluran pencernaannya bulat panjang dengan posisi merentang di atas rongga tubuh dalam selom. Kerongkongan pendek merupakan sambungan dari mulut ke lambung. Dari lambung, saluran pencernaan selanjutnya adalah usus yang panjang dan berhubungan dengan kloaka.

Sistem reproduksi
Pada umumnya, alat reproduksi terpisah, tetapi ada beberapa jenis yang hermafrodit. Gonad bentuknya seperti sikat dengan saluran penghubung yang terbuka di daerah tentakel.
Zigot tumbuh menjadi larva aurikularia. Beberapa jenis hewan ini menyimpan telur yang telah dibuahi di dalam tubuhnya.

Peranan Holothuroidea bagi manusia
Teripang mulai dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif dengan nama populer jeli gamat. Di dalam teripang terkandung kolagen, Mucopolu-sacharida (MPS), dan Docosahexaenoic Acid (DHA) sehingga dapat mengobati beberapa penyakit seperti sirosis hati, migren, luka, hepatitis, jantung koroner.

Ø  Crinoidea (Lili Laut)
Crinoidea biasanya hidup di laut yang dalam (+ 3.648 m). Hidupnya dengan cara menempel di dasar laut, dibarisan koral, atau membentuk taman laut. Jenis yang sekarang masih ada misalnya Antedon sp.
Bentuk tubuhnya dapat menyerupai bunga lili, bunga bakung, atau bulu burung. Tubuhnya tersusun dari lempeng kapur dan berbentuk cangkir (kaliks). Dari kaliks ini tersembul lima lengan lentur misalnya pada lili air (Metacrinus) dan yang berenang bebas (Antedon sp.)
Beberapa jenis lili laut memiliki tangkai sebagai alat perekat sehingga bentuknya seperti sebuah pohon yang terdiri dari batang dan akar. Sebagian lili laut yang lain tidak memilikinya, misalnya bulu bintang (Antedon tenella). Bulu bintang tidak bertangkai, tetapi memiliki sirus untuk memegang suatu objek.
Mulut dan anus hewan ini terletak bersebelahan; mulut di daerah oral, sedangkan anus di daerah aboral. Anus sering berupa tonjolan seperti kerucut.
Sistem Organ dalam Tubuh Crinoidea
Sistem Organ
Keterangan
Sistem saraf
Sistem saraf terletak di aboral. Pusat saraf berbentuk cincin yang bercabang ke lengan.
Sistem reproduksi
Reproduksi aseksual dengan regenerasi bagian tubuh. Reproduksi seksual dengan fertilisasi eksternal. Crinoidea bersifat diesis. Rongga tubuhnya sempit dan memiliki gonad yang terdapat dalam pinula. Beberapa Crinoidea melepas telur ke air, tetapi ada juga yang menahannya hingga menetas di pinula.
Daya regenerasi tinggi. Jika kaliks hilang, akan segera diperbaharui.

Peranan Echinodermata bagi Kehidupan
Echinodermata merupakan detritivor atau pemakan detritus (sisa organisme mati), baik siswa hewan maupun tumbuhan.
Oleh karena itu, Echinodermata sangat berguna untuk membersihkan laut dari sampah organik yang dihasilkan oleh organisme mati.

0 Response to "Aneka Makhluk Hidup Laut dan Manfaatnya"

Poskan Komentar