Contoh Makalah Tentang Perkembangan Sosial Remaja


Contoh Makalah Tentang Perkembangan Sosial Remaja


PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA

A.    Pengertian Sosialisasi
Ø  Menurut Brim (1966)
Sosialisasi adalah proses memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan seseorang berpartisipasi secara proaktif dalam kelompok atau dalam masyarakat.
Ø  Gumgum Gumilar
Sosialisasi adalah keseluruhan kebiasaan yang dipunyai manusia tersebut (dibidang ekonomi, kekeluargaan, pendidikan, agama, politik) harus dipelajari oleh setiap anggota baru suatu masyarakat melalui proses.

B.     Beberapa Teori Bertingkah Laku Sosial
1.      Teori Psikoanalisa
Menurut Freud : remaja telah melewati masa “Oedipus Compleks” (mencintai orang tua yang berbeda jenis kelamin). Jika nilai-nilai bertingkah laku sosial terlalu tinggi atau rendah dari pada nilai-nilai ciri yang disetujui masyarakat maka akan terjadi kegoncangan dalam proses peniruan terhadap tingkah laku sosial orang tua.
2.      Teori Social Learning
Remaja mempelajari tingkah laku sosial yaitu dengan memperoleh kepuasan atau menghindari ketegangan dan cara meniru atau mengimitasi dan observasi.
3.      Teori Kognitif
Menurut Kolberg: “Perkembangan sosial sangat ditentukan oleh perkembangan konsep diri, konsep tentang orang lain dan pemahaman serta antara standar bertingkah laku sosial dengan kepentingan lingkungan sosial. 

C.    Tingkah Laku Sosial Pada Periode Remaja
Masa remaja adalah saat untuk mencoba melakukan peranan sosial yang baru yang menuntut cara-cara bertingkah laku sosial tertentu. Ada berbagai kekhususan tingkah laku sosial remaja yang penting untuk dipahami yaitu :
1.      Ketertarikan Terhadap Lawan Jenis
Ketertarikan terhadap lawan jenis dilihat dari kesukaan dan kegembiraan dalam kelompok yang anggota kelompoknya heterogen, kedekatan hubungan dengan lawan jenis pada remaja awal mudah berakhir dan waktu yang relatif singkat.

2.      Kemandirian Bertingkah Laku Sosial
Pada umumnya remaja memilih dan menentukan sendiri dengan siapa dia akan berteman. Mereka tidak ingin orang tua turut campur dalam menentukan hubungan sosial mereka, khususnya dengan teman sebaya. Kemampuan bertingkah laku sosial yang sesuai dengan tuntutan nilai kehidupan masa sekarang belum tentu menjamin kemampuan sosial remaja pada masa yang akan datang. Oleh karena itu remaja harus dipersiapkan dengan kondisi yang menjadi dasar dalam bertingkah laku sosial, yaitu :
-          Konsep diri
-          Memahami moral-moral yang berlaku dalam lingkungan sosial.
-          Kontrol emosi yang mandiri.
-          Kamampuan memecahkan masalah hubungan sosial remaja harus dibekali dengan keterampilan dalam menghadapikonflik dengan teman sebaya maupun dengan orang dewasa.

3.      Kesenangan Kelompok
Hidup dengan kelompok teman sebaya merupakan kebutuhan pada masa remaja. Hurlock (1980) mengemukakan bahwa terjadi perubahan bentuk kelompok sesuai dengan peningkatan perkembangan mereka,   yaitu :
a.       Kelompok teman dekat.
b.      Kelompok kecil.
c.       Kelompok besar.
d.      Kelompok terorganisasi.
e.       Kelompok geng.

D.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkah Laku Sosial Remaja
1.      Pengaruh Orang Tua
Orang tua sangat mempengaruhi perkembangan tingkah laku sosial remaja. Remaja telah diperkenalkan tingkah laku-tingkah laku sosial dan nilai bertingkah laki yang dinjunjung tinggi oleh orang tua.
Freud (Berzonsky, 1991) menekankan pentingnya disiplin orang tua terhadap remaja dalam mengembangkan tingkah laku sosial.
Beberapa tipe yang dilakukan orang tua dan bentuk tingkah laku sosial yang akan dimiliki remaja yaitu :
a.       Tipe pemeliharaan menunjukkan cinta yang tulus dan sepenuh hati.
b.      Tipe pemeliharaan yang hangat dalam memberikan batasan-batasan dan disiplin terhadap anak dan remaja.
c.       Tipe pemeliharaan yang hangat tetapi terlalu bebas dibanding tingkat perkembangan.
d.      Tipe pemeliharaan yang menolak atau memusuhi.
e.       Tipe pemeliharaan yang membatasi tingkah laku anak dan remaja.

2.      Pengaruh Sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan resmi yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan kepada siapapun yang berhak. Disekolah harusnya banyak dilakukan kegiatan kelompok untuk mengebangkan tingkah laku sosial seperti kerja sama, saling membantu, saling menghormati dan menghargai. 

3.      Pengaruh Teman Sebaya
Kelompok teman sebaya memungkinkan remaja belajar keterampilan sosial, mengembangkan minat yang sama dan saling membantu dalam mengatasi kesulitan dalam rangka mencapai kemandirian. Penolakan sosial dapat menghancurkan kehidupan remaja yang sedang mencari identitas diri.

0 Response to "Contoh Makalah Tentang Perkembangan Sosial Remaja"

Posting Komentar