Rabu, 28 Oktober 2015

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur Pada Abad Ke XVI

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur Pada Abad Ke XVI


Pertumbuhan dan perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme sangat erat kaitannya dengan perkembangan dan penemuan-penemuan baru dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Eropa pada masa renaisance. Hal ini dapat memacu lahirnya kembali kebudayaan Yunani dan Romawi kuno sehingga menyebabkan pula para cendikiawan dan ilmuwan mencoba menggali kembali ilmu sasra, arsitektur, penemuan-penemuan baru dibidang mesin, listrik dan yang menjadi unsur utama lahirnya Revolusi Perancis, Reformasi gery, mercharlisme dan hak menentukan nasib sendiri (kebebasan dan kemerdekaan).
Secara lebih jelasnya kedatangan bangsa barat ke dunia Timur pada abad XVI disebabkan oleh faktor politik, ekonomi dan ideologi.
  1. Latar Belakang Politik
Kepentingan negara dan prastise raja sangat berpedan dalam gerakan ekspansi perluasan wilayah, kepentingan inilah yang mendorong bangsa Eropa untuk datang ke Timur. 

  1. Faktor Ekonomi
Kemajuan baru dibidang Iptek telah menempatkan negara-negara Eropa seperti Inggris menjadi negara yang kuat di sektor industri yang sangat membutuhkan bahan baku dan tempat pemasaran serta tenaga-tenaga penjual (Distributor).
Diantara bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Perancis dan Belanda dengan mengarungi samudera datang ke dunia timur termasuk ke Indonesia.
  1. Faktor Ideologi
Unsur lain yang menjadi penyebab kedatangan Eropa adalah ideologi, yaitu keinginan untuk menanamkan paham yang dianut termasuk menyebarkan agama Kristen dan kebudayaannya.
Hal sesuai dengan semboyan dari misi yang dibawa yaitu Gald Gospel dan Glory yang artinya mencari kekayaan sekaligus menyebarkan agama/kebudayaan dan memperoleh kekuasaan dibidang politik.