Selasa, 24 November 2015

Contoh Karya Tulis Tentang Upaya Penyehatan Lingkungan


Contoh Karya Tulis Tentang Upaya Penyehatan Lingkungan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Keadaan lingkungan perkotaan yang sudah tidak sehat lagi, karena banyaknya pencemaran terhadap lingkungan perkotaan. Pencemaran yang terjadi hampir di diseluruh kota ini, baik itu di tanah dan di udara.
Penduduk belum mengetahui arti penting dari kesehatan lingkungan hidup. Penduduk perkotaan yang tinggal di pinggir-pinggir kota, dipinggir sungai tidak mendapatkan fasilitas hidup yang memadai, seperti penduduk belum mempunyai tempat jamban yang layak untuk digunakan. Serta banyaknya tumbuh bibit-bibit penyakit yang menyerang penduduk yang tinggal di pinggiran sungai karena mereka belum mengetahui manfaat lingkungan yang baik.

B.     Tujuan Penulis
Tujuan utama dari karya tulis ini adalah untuk mewujudkan lingkungan hidup yang sehat menuju derajat kesehatan masyarakat dan keluarga yang lebih baik. Kemudian pembangunan mempunyai makna mengolah sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masa kini tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan mengolah sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraannya.
Semula upaya peningkatan perbaikan kesehatan masyarakat agar terhindari dari penyakit menular, kekurangan gizi, kekurangan air bersih, dan secara khusus untuk perlindungan rakyat terhadap pencemaran, limbah industri, bahaya narkotika dan penyalahgunaan obat, serta peningkatan pengawasan kesehatan lingkungan.

C.    Pokok Masalah
Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat, perpindahan penduduk ke kota, industrialisasi serta perkembangan teknologi dan tuntutan manusia yang akan meningkat dapat menyebabkan terjadinya perubahan tata hubungan manusia dengan lingkungan. Hal itu dapat menimbulkan masalah lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.
Masalah tersebut, antara lain belum terpenuhi kebutuhan akan air bersih, penggunaan jamban keluarga yang masih rendah. Tercemarnya tanah, udara dan air oleh limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga dan sarana transportasi, serta tumbuhnya berbagai macam bibit penyakit.

BAB II
PEMBAHASAN

KERANGKA KESEHATAN LINGKUNGAN
A.    Kesehatan Lingkungan Dalam Sistem Kesehatan Lingkungan Nasional
Kesehatan bukan berarti bebas dari bermacam penyakit. Kesehatan memiliki arti yang sangat luas, oleh karena itu diperlukan sistem kesehatan nasional yang mantap untuk menangani masalah-masalah kesehatan dalam rangka mencapai derajat / tingkat kesehatan masyarakat.
Ada empat faktor yang saling berketerikatan dalam sistem kesehatan nasional yaitu faktor lingkungan, faktor perilaku, faktor pelayanan kesehatan dan faktor bawaan. Faktor yang paling besar pengaruhnya adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang dimaksud disini meliputi lingkungan fisik, biologi, dan sosial, politik pendidikan dan ekonomi.
Ada beberapa upaya untuk melaksanakan kesehatan lingkungan, antara lain dengan cara :
a)      Adanya pembangunan dan peningkatan pemanfaatan serta pemeliharaan sarana kesehatan di lingkungan keluarga maupun lingkungan    masyarakat.
b)      Diperlukan pengawasan mutu lingkungan yang baik agar mutu lingkungan selalu terjaga.
c)      Pengelolaan lingkungan biologi dan pembinaannya juga mendukung upaya kesehatan lingkungan.
d)     Perlunya penanganan dan penanggulangan masalah kesehatan lingkungan agar akibat tidak baik dari pembangunan dapat dihindari.

B.     Pendidikan Ekologi Dalam Kesehatan Lingkungan
Bumi yang kita huni ini terdiri dari unsur sumber daya alam, seperti udara, air, dan tanah serta kehidupan yang ada didalamnya. Unsur sumber daya alam harus dijaga karena apa yang terjadi dialam ini akan mengganggu dan mempengaruhi masyarakat dan tumbuhan yang ada di bumi ini. Misalnya, ada pencemaran udara akan mempengaruhi ataupun mengganggu si penyebab pencemaran itu sendiri bahkan penghuni lainnya.
Manusia sebagai salah satu jenis di alam merupakan salah satu unsur kehidupan yang amat beragam. Manusia berlomba-lomba untuk mendapatkan daya yang mereka perlukan untuk hidup dimana manusia harus pula ikut dalam perlombaan itu sendiri. Dalam lingkungan binaan, manusia membuat pemukiman dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang bukan sekedar kebutuhan dasar untuk hidupnya.
Tujuan manusia dan tujuan kesehatan lingkungan sering bertentangan. Timbul pertentangan antara akibat dan manfaat, antara kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek, antara kebutuhan generasi sekarang dan kebutuhan generasi yang akan datang. Disinilah pentingnya pembinaan prilaku manusia agar senantiasa sejalan dengan kepentingan kesehatan lingkungan.

C.    Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan
Ruang lingkup kesehatan ligkungan dapat dibedakan menjadi dua seperti lingkungan alam dan lingkungan binaan manusia. Lingkungan jasmani ini dapat menjadi tempat bermukim manusia karena adanya lingkungan hidup yang terdiri atas manusia dan unsur hayati yang bukan manusia.
Ruang lingkup kesehatan lingkungan secara garis besar dapat dikemukakan sebagai berikut :
a.       Berkenaan dengan lingkungan jasmani dan biologis.
b.      Berkenaan dengan perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.


UPAYA PENYEHATAN LINGKUNGAN
A.    Keadaan Lingkungan
Secara ringkas keadaan lingkungan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dapat diuraikan sebagai berikut :
a.       Umum
1)      Iklim yang bersifat tropis (panas) memungkinkan berkembangnya lingkungan kehidupan yang  lebih mempengaruhi kesehatan karena tumbuhnya bibit panyakit yang lebih cepat di bandingkan dengan keadaan cuaca lain.
2)      Pertambahan dan peningkatan pertumbuhan penduduk yang tinggi, penyebaran penduduk yang tidak merata, pesatnya pertumbuhan pembangunan di kota besar akan mempersulit penyediaan sarana kesehatan lingkungan yang diperlukan.
3)      Perkembangan industri yang tidak disertai dengan pengolahan limbah yang baik dan memadai dapat menyebabkan timbulnya pencemaran lingkungan yang ada dan pada akhirnya akan menambah masalah kesehatan lingkungan.

b.      Masalah Kesehatan Lingkungan
1)      Dari hasil pengamatan beberapa sungai besar di Indonesia telah terkena pencemaran.
2)      Kejadian keracunan makanan, pestisida, ataupun akibat pencemaran limbah industri cenderung makin meningkat.

B.     Tujuan dan Sasaran
a.       Tujuan
Upaya penyehatan lingkungan bertujuan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang sehat menuju derajat kesehatan masyarakat dan keluarga yang baik.

b.      Sasaran
1)      Masyarakat makin memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, menghindari pencemaran kotoran manusia dan pencemaran air limbah serta bahan berbahaya lainnya.
2)      Penduduk yang tinggal di pedesaan, diharapkan bergorong royong setiap minggu untuk menjaga kesehatan rumah.
3)      Perlunya diadakan pengembangan atau pemebentukan sistem informasi kesehatan lingkungan untuk mendukung kegiatan pencegahan dan pencemaran lingkungan.

C.    Kegiatan Pokok
Kegiatan pokok yang dapat dilaksanakan :
a)      Pembinaan penyehatan lingkungan pemukiman.
b)      Pengawasan kualitas lingkungan.
c)      Pengembangan sarana penunjang.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pengolahan lingkungan berdasarkan pada pelestarian kemampuan lingkungan yang serasi dan seimbang untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan demi peningkatan kesejahteraan manusia.
1)      Terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.
2)      Terwujudnya manusia yang peduli terhadap pembinaan lingkungan.
3)      Terlindungnya negara terhadap dampak kegiatan luar yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

B.     Saran – Saran
-          Rakyat Indonesia harus memperhatikan lingkungan di sekitar rumah, masyarakat.
-          Diadakan gotong royong setiap minggu agar saluran-saluran air selalu terjaga dari bermacam bibit penyakit.
-          Diharapkan untuk pembaca untuk lebih menyadari pentingnya kesehatan lingkungan di sekitar kita ini.

DAFTAR PUSTAKA

Tersiawan, Magyartoto. 1995. “Lingkungan Berlanjut”. Jakarta : Balai Pustaka.