Selasa, 03 November 2015

Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah


Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan dunia industri semakin pesat seiring dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang. Hal ini menjadikan pendorong dalam segala aktivitas kehidupan. Semakin ketat tuntutan dalam dunia pendidikan.
Untuk menunjang dalam pembelajaran di sekolah juga dikenal dengan alat komputer agar siswa dapat mengetahui informasi-informasi yang berhubungan dengan pendidikan.

1.2  Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini dalah untuk mengetahui informasi yang ada dalam dunia pendidikan melalui komputer kemudian dapat diketahui kekurangan atau kelebihan dari komputer.

1.3  Ruang Lingkup
Makalah yang Penulis bahas hanya mengenai media komputer dalam pembelajaran PKN tentang keragaman suku dan budaya.

1.4  Sasaran Penggunaan Media
Melalui media komputer dalam pembelajaran PKN. Memperkenalkan kepada siswa beragam suku dan budaya melalui gambar.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Pengertian Media Komputer
Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang dibuatnya dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.
Kata media itu sendiri berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “Medium” yang berarti “Pengantar atau perantara”, dengan demikian dapat diartikan bahwa media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.
Kit Y. Borne (1985: 82) menyatakan bahwa “penggunaan media tidak harus membawa bungkusan berita-berita semua, siswa cukup dapat mengawasi suatu berita”.
Arief Sadiman (1984: 6) mengatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti buku dan kaset.
Dari pandangan yang ada di atas dapat dikatakan bahwa media merupakan alat yang memungkinkan anak untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dibandingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantuan.
Dari pernyataan tersebut di atas dapat dikategorikan bahwa komputer merupakan media rancangan yang mana di dalam penggunaannya sangat diperlukan perancang khusus dan didesain sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan. Perangkat keras (hardware) yang difungsikan dalam menginspirasikan media tersebut adalah menggunakan satu unit komputer lengkap yang sudah terkoneksi dengan LCD proyektor. Dengan demikian media ini hendaknya menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.

2.2   Penggunaan
Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran merupakan proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.
Kegiatan belajar mengajar dihubungkan dengan cara guru menyampaikan materi pembelajaran agar dapat dipahami oleh anak didik. Untuk itu ditunjang dengan komputer agar siswa dapat mengekspresikan gagasan dan mengeluarkan pendapat merupakan suatu wujud kreativitas melalui komputer dalam pembelajaran PKN.

2.3   Kelebihan Media Komputer
Adapun kelebihan komputer dalam pembelajaran adalah :
1.      Komputer dapat menciptakan belajar yang efektif bagi siswa.
2.      Koputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar siswa.
3.      Komputer dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual.

2.4   Kekurangan Media Komputer
Disamping memiliki sejumlah kelebihan komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
1.      Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan komputer.
2.      Pemeliharaan dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa media komputer sangat berperan sebagai alat bantu atau media dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar tentang keanekaragaman suku.
Dengan menggunakan media gambar melalui komputer dapat memperjelas materi pelajaran yang disampaikan guru, karena mempunyai daya tarik tersendiri dalam merangsang, memotivasi minat anak didik untuk melakukan proses belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan guru terasa lebih menarik.

3.2  Saran
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan sebelumnya, maka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKN di Sekolah Dasar agar lebih menarik oleh anak didik. Saran penulis adalah :
  1. Guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar anak didik.
  2. Dalam penggunaan media gambar sebagai pembelajaran PKN harus ada persiapan yang matang, karena tanpa persiapan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.