Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia industri semakin pesat seiring dengan
semakin meningkatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang. Hal ini menjadikan
pendorong dalam segala aktivitas kehidupan. Semakin ketat tuntutan dalam dunia pendidikan.
Untuk menunjang dalam pembelajaran di sekolah juga
dikenal dengan alat komputer agar siswa dapat mengetahui informasi-informasi
yang berhubungan dengan pendidikan.
1.2 Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini dalah
untuk mengetahui informasi yang ada dalam dunia pendidikan melalui komputer
kemudian dapat diketahui kekurangan atau kelebihan dari komputer.
1.3 Ruang Lingkup
Makalah yang Penulis bahas hanya mengenai media komputer
dalam pembelajaran PKN tentang keragaman suku dan budaya.
1.4 Sasaran Penggunaan Media
Melalui media komputer dalam pembelajaran PKN.
Memperkenalkan kepada siswa beragam suku dan budaya melalui gambar.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Media Komputer
Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin
memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang
dibuatnya dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.
Kata media itu sendiri berasal dari bahasa latin yang
merupakan bentuk jamak dari kata “Medium” yang berarti “Pengantar atau
perantara”, dengan demikian dapat diartikan bahwa media merupakan wahana
penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.
Kit Y. Borne (1985: 82) menyatakan bahwa “penggunaan
media tidak harus membawa bungkusan berita-berita semua, siswa cukup dapat
mengawasi suatu berita”.
Arief Sadiman (1984: 6) mengatakan bahwa media adalah
segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk
belajar seperti buku dan kaset.
Dari pandangan yang ada di atas dapat dikatakan bahwa
media merupakan alat yang memungkinkan anak untuk mengerti dan memahami sesuatu
dengan mudah dibandingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap
muka dan ceramah tanpa alat bantuan.
Dari pernyataan tersebut di atas dapat dikategorikan
bahwa komputer merupakan media rancangan yang mana di dalam penggunaannya
sangat diperlukan perancang khusus dan didesain sedemikian rupa agar dapat
dimanfaatkan. Perangkat keras (hardware) yang difungsikan dalam
menginspirasikan media tersebut adalah menggunakan satu unit komputer lengkap
yang sudah terkoneksi dengan LCD proyektor. Dengan demikian media ini hendaknya
menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
2.2 Penggunaan
Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran merupakan
proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer dapat
melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah
memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan
informasi yang diinginkan.
Kegiatan belajar mengajar dihubungkan dengan cara guru
menyampaikan materi pembelajaran agar dapat dipahami oleh anak didik. Untuk itu
ditunjang dengan komputer agar siswa dapat mengekspresikan gagasan dan
mengeluarkan pendapat merupakan suatu wujud kreativitas melalui komputer dalam
pembelajaran PKN.
2.3 Kelebihan Media Komputer
Adapun kelebihan komputer dalam pembelajaran adalah :
1.
Komputer dapat menciptakan
belajar yang efektif bagi siswa.
2.
Koputer dapat diprogram agar
mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar siswa.
3.
Komputer dapat dijadikan
sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual.
2.4 Kekurangan Media Komputer
Disamping memiliki sejumlah kelebihan komputer sebagai
sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
1.
Tingginya biaya pengadaan dan
pengembangan komputer.
2.
Pemeliharaan dan perawatan
komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan
bahwa media komputer sangat berperan sebagai alat bantu atau media dalam
pembelajaran PKN di Sekolah Dasar tentang keanekaragaman suku.
Dengan menggunakan media gambar melalui komputer dapat
memperjelas materi pelajaran yang disampaikan guru, karena mempunyai daya tarik
tersendiri dalam merangsang, memotivasi minat anak didik untuk melakukan proses
belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan guru terasa lebih menarik.
3.2 Saran
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan sebelumnya, maka
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKN di Sekolah Dasar agar lebih
menarik oleh anak didik. Saran penulis adalah :
- Guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar anak didik.
- Dalam penggunaan media gambar sebagai pembelajaran PKN harus ada persiapan yang matang, karena tanpa persiapan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.
0 Response to "Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah"
Posting Komentar