Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Fungsinya



Komputer dapat bekerja jika memiliki tiga perangkat, yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan penggunanya. Tanpa ada ketiganya komputer tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.
Perangkat keras merupakan perangkat komputer yang dapat dilihat dengan mata (berwujud). Berdasarkan fungsinya perangkat keras ini dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu peralatan masukan (input devices), peralatan proses (process devices), dan peralatan keluaran (ouput devices).
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Fungsinya

1.      Perangkat Keras dan Fungsinya
a.       Peralatan Masukan (Input Devices)
Adalah unit yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Berbagai macam peralatan masukan atau input devices adalah sebagai berikut.
1)      Keyboard
Keyboard atau papan petik merupakan peralatan yang utama dalam komputer. Keyboard berfungsi untuk me-masukkan data berupa huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media untuk melakukan perintah-perintah ke dalam komputer dengan cara menekan tombol-tombol yang tepat.
Ada beberapa bagian tombol dalam keyboard, yaitu
a)      Typewriter keys
Typewriter keys merupakan bagian yang paling lengkap. Bagian typewriter keys terdiri atas tombol-tombol huruf (alphabetic), tombol-tombol angka (numeric), dan tombol tanda baca.
b)      Control keys
Terdapat apda blok typewriter keys. Pada bagian ini terdapat tombol-tombol karakter khusus seperti tombol Enter, Backspace, Shift, Capslock, Tab, Ctrl, Alt.
c)      Fungtion keys
Terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yang terletak di keyboard bagian teratas.
d)     Key pad
Terletak dibagian sebelah kanan. Berisikan tombol angka (numeric) dan tombol operator aritmatik, seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, pengurangan. Selain itu, ada tombol Enter, Numlock, serta tombol-tombol lain yang berfungsi untuk menggerakkan kursor, misalnya: Page Up, Page Down, Home, End dan empat tanda panah (ß, à, ­, ¯) 

2)      Alat Penunjuk
a)      Mouse
Mouse berguna untuk menunjuk perintah yang diinginkan secara cepat atau untuk memindahkan kursor ke tempat yang diinginkan.
b)      Trackball
Alat penunjuk yang berupa bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan.
c)      Touch screen
Atau layar sentuh merupakan layar monitor yang dapat berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya.
d)     Ligh pen
Atau pena cahaya merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima masukannya.

3)      Scanner
Merupakan alat yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks untuk disimpan ke dalam memori komputer.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio, ada pula yang berukuran postcard.
4)      Mikropon dan Headphone
Berfungsi untuk merekan atau memasukkan suara yang akan disimpan ke dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

b.      Peralatan Proses (Process Device)
CPU dalam arti sempit adalah sebuah processor, dimana processor ini merupakan otak dari pada komputer yang digunakan untuk mengatur seluruh aktivitas komputer.

1)      Random Access Memory (RAM)
Berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data.
2)      Read Only Memory (ROM)
ROM merupakan jenis penyimpanan primer yang dapat dibaca, tetapi tidak dapat ditulisi.
3)      Hard disk
Hard disk merupakan media penyimpanan yang ada di dalam CPU. Kapasitasnya berkisar antara 4 GB hingga diatas 200 GB.
4)      VGA Card
Pemrosesan gambar ke layar hanya mengandalkan kerja processor. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah tersedia VGA Card (Video Graphic Array) yang didesain untuk melakukan rendering grafis 3D secara penuh dan efisien tanpa perlu menggunakan processor lagi.
5)      Sound Card
Digunakan memroses data berupa suara. Dapat dibedakan menjadi tiga jenis, meliputi :
1.      Sound card on board
2.      Sound card add in interna, dan
3.      Sound card add on external.

c.       Peralatan Keluaran (Output Devices)
Merupakan alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dan pengolahan komputer yang kita sebut dengan istilah laporan atau output. Terdiri atas tiga jenis yaitu sebagai berikut :
1)      Alat output tampilan
Monitor membantu melihat hasil pemrosesan dan pengolahan di layar (soft copy). Monitor di produksi dengan menggunakan dua teknologi yang berbeda, yaitu monitor dengan menggunakan tabung CRT (Catode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).
2)      Alat output cetakan
Adalah printer. Printer menghasilkan output berupa cetakan pada kertas (hard copy). Printer terbagi atas beberapa jenis, printer dot matrix, printer ink jet dan printer laser jet.
a)      Printer dot matrix
Jenis printer yang proses pencetakkannya menggunakan jarum-jarum dan biasanya menggunakan pita.
b)      Printer ink jet
Adalah jenis printer yang proses pencetakkannya cepat dan menggunakan tinta (ink) dengan cara disemprot. Suaranya tidak bising misalnya HP-Deskjet dan Bubble Jet.
c)      Printer laser jet
Jenis printer yang mirip dengan mesin fotocopy. Ciri printer ini ialah tintanya menggunakan toner. Mempunyai kecepatan cetak yang tinggi dan suaranya tidak bising.

3)      Alat Output Suara
Yang berupa suara, alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara disebut speaker.

d.      Peralatan Penyimpanan (Backing Storage)
Merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data yang telah dibuat. Data disimpan ke dalam media penyimpanan agar tidak hilang dan dapat dibuka kembali pada saat diperlukan.
Beberapa media penyimpanan yang ada dalam komputer, yaitu hard disk, disket, compac disk, dan flash disk.
1)      Hard disk
Merupakan media penyimpanan yang berada didalam CPU yang terbuat dari bahan aluminium yang dilapisi dengan magnet, yang di dalamnya terdapat piringan bulat, tipis dan bersusun dengan diameter sebesar 5 ¼ inchi.
Hard disk mempunyai kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, ada yang kapasitasnya 1.2 GB, 2.1 GB, 3.2 GB, 4 GB, 6 GB, 10 GB, 20 GB, 40 GB, bahkan sampai di atas 200 GB.

2)      Disket (floopy disk)
Disket merupakan media penyimpanan yang sangat mudah didapat di toko-toko komputer karena hampir semua pengguna komputer menggunakan disket.
Disket terbuat dari bahan plastik, yang didalamnya terdapat piringan tipis berwarna hitam yang dilapisi dengan magnet yang sangat halus. Kapasitas penyimpanan datanya lebih besar yaitu 1.44 MB.

3)      Compact Disk (CD)
Sering disingkat dengan CD juga merupakan media penyimpanan data. Bentuk dari CD seperti piringan yang berukuran 5 ¼ inchi. Kapasitas penyimpanan data yang dapat ditampung dalam CD sangat besar hingga mencapai 700 MB.

4)      Flash disk
Merupakan media penyimpanan yang baru di dunia komputer. Belum banyak user yang menggunakannya. Modelnya berupa segi empat dengan ukuran kecil dan hanya dapat digunakan untuk komputer yang memiliki USB.

2.      Perangkat Lunak dan Fungsinya
Merupakan perangkat yang harus ada pada komputer. Jika perangkat lunak tidak tersedia, komputer tidak dapat beroperasi.
Software adalah sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian atau pemrosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh pengguna komputer.
Perangkat lunak komputer dapat dikelompokkan menjadi perangkat lunak sistem operasi, sistem aplikasi, dan sistem utility.
a.       Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan kumpulan dari beberapa perintah atau program untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer. Sistem operasi yang banyak digunakan adalah PC-DOS dan MS-DOS.

b.      Perangkat Lunak Sistem Aplikasi
Berikut ini beberapa jenis perangkat lunak sistem aplikasi.
1)      Penerjemah bahasa
Menyediakan fasilitas untuk menerjemahkan bahasa baik dengan compiler maupun intepreter, misalnya Pascal, Cobol, dan lain sebagainya.
2)      Pemrograman sendiri
Misalnya program inventory control, program rumah sakit, program perbankan, dan lain sebagainya.
3)      Program paket jadi
      Dibuat oleh perusahaan dan kita hanya sebagai pemakai, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel, CorelDraw, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

c.       Program Utility
Digunakan sebagai program bantuan, misalnya antivirus. Program ini digunakan untuk membantu menghilangkan virus yang berada di dalam komputer.

0 Response to "Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Fungsinya"

Posting Komentar