Makalah Motorik Dasar Tentang Belajar Motorik Dan Belajar Gerak
A. Belajar Motorik
2.1 Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang
potensial terhadap situasi tertentu yang diperoleh dari pengalaman yang
dilakukan secara berulang-ulang. Hilgard, (1981).
Menurut Inger (1980), belajar adalah perubahan-perubahan
perilaku yang potensial yang tercermin sebagai akibat dari latihan dan
pengalaman masa lalu terhadap situasi tugas tertentu. Belajar menurut pendapat
ahli lain adalah perubahan tingkah laku atau perubahan kecakapan yang mampu
bertahan dalam waktu tertentu dan bukan berasal dari proses pertumbuhan.
2.2 Pengertian Motorik
Motorik adalah suatu peristiwa laten yang meliputi
keseluruhan proses-proses pengendalian dan pengaturan fungsi-fungsi organ baik
tubuh secara fisiologis maupun secara psikis yang menyebabkan terjadinya suatu
gerak.
B. Belajar Gerak
3.1 Pengertian Gerak
Dalam ilmu fisika, gerak diartikan sebagai suatu proses
perpindahan suatu benda dari suatu posisi keposisi lain yang dapat diamati
secara objektif dalam suatu dimensi ruang dan waktu.
Gerak adalah perpindahan suatu benda dari suatu tempat
ke posisi ketempat yang lain yang dapat diamati secara objektif dalam suatu
dimensi ruang dan waktu (fisika). Gerak adalah perubahan tempat posisi dan
kecepatan tubuh atau bagian manusia yang terjadi dalam suatu dimensi ruang dan
waktu serta dapat diamati secara objektif (belajar motorik).
3.2 Pengertian Belajar Gerak
Belajar gerak, secara khusus dapat diartikan sebagai
suatu proses perubahan atau modifikasi tingkah laku individu akibat dari
latihan dan kondisi lingkungan (Drowarzky, 1981).
C. Belajar Gerak Menurut Para Ahli
4.1 Gagne, 1977:3
Belajar gerak adalah sebagai tingkah laku atau perubahan
kecakapan yang mampu bertahan dalam jangka waktu tertentu, dan bukan berasal
dari proses pertumbuhan.
4.2 Romiszowski, 1981:253
Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan melalui
respon-respon / maskular, yang pada umumnya diekspedisikan dalam gerak tubuh
atau bagian tubuh.
4.3 Rabb, 1972
Belajar gerak merupakan suatu pengaturan kembali pola
gerak dasar yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku gerak yang terjadi,
sebagai hasil latihan.
4.4 Weineck, 1983:71
Tugas utama dari belajar gerak adalah penerimaan segala
informasi yang relevan tentang gerakan-gerakan yang dipelajari, kemudian
mengolah dan menyusun informasi tersebut memungkinkan suatu realisasi secara
optimal.
D. Proses Terjadinya Gerak
Dalam proses belajar gerak ada tiga tahapan belajar yang
harus dilalui oleh siswa untuk dapat mencapai tingkat keterampilan yang
sempurna (otomatis). Tiga tahapan belajar gerak ini harus dilakukan secara
berurutan, karena tahap belajar prasyarat tahap belajar ketiga. Apabila ketiga
tahapan belajar gerak ini tidak dilakukan oleh guru pada saat mengajar
pendidikan jasmani, maka guru tidak boleh mengharap banyak dari apa yang selama
ini mereka lakukan, khususnya untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani yang
ideal.
5.1 Tahap Kognitif
Pada tahap ini setiap guru akan memulai mengajar suatu
keterampilan gerak, pertama kali yang harus dilakukan adalah memberikan informasi
untuk menanamkan konsep-konsep tentang apa yang akan dipelajari oleh siswa
dengan benar dan baik. Setelah siswa memperoleh informasi tentang apa, mengapa,
dan bagaimana cara melakukan aktifitas gerak yang akan dipelajari, diharapkan
di dalam benak siswa telah terbentuk motor-plan, yaitu keterampilan intelektual
dalam merencanakan cara melakukan keterampilan gerak.
5.2 Tahap Asosiatif/Fiksasi
Tahap ini juga sering disebut sebagai tahap latihan.
Pada tahap latihan ini siswa diharapkan mampu mempraktekkan apa yang hendak
dikuasai dengan cara mengulang-ulang sesuai dengan karakteristik gerak yang
dipelajari. Apakah gerak yang dipelajari itu gerak yang melibatkan otot kasar
atau otot halus atau gerak terbuka atau gerak tertutup?
5.3 Tahap Otomatis
Pada tahap ini telah dapat melakukan aktifitas secara
terampil, karena siswa telah memasuki tahap gerakan otomatis, artinya, siswa
dapat merespon secara cepat dan tepat terhadap apa yang ditugaskan oleh guru
untuk dilakukan. Tahap-tahap keterampilan gerak telah memasuki tahapan otomatis
adalah bila seseorang siswa dapat mengerjakan tugas gerak tanpa berpikir lagi
terhadap apa yang akan dan sedang dilakukan dengan hasil yang baik dan benar.
0 Response to "Makalah Motorik Dasar Tentang Belajar Motorik Dan Belajar Gerak"
Posting Komentar