Sabtu, 26 Maret 2016

Makalah Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja



1.1.1   Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja
Masa remaja, menurut Mappiare (1982), berlangsung antara umur 12 tahun sampai umur 21 tahun bagi wanita, dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Rentang usia remaja ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu 12/13 tahun sampai dengan 17/18 tahun adalah remaja awal dan uisa 17/18 tahun sampai 22/23 tahun adalah remaja akhir.
Remaja yang dalam bahasa aslinya disebut adolescence berasal dari bahasa latin adolescence yang artinya “tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan”. Masa remaja tidak berbeda dengan periode lain dalam rentang kehidupan. Anak dianggap sudah dewasa apabila sudah mampu mengadakan reproduksi.
Remaja juga sedang mengalami perkembangan pesat dalam aspek intelektual. Transpormasi intelektual dari cara berfikir remaja ini memungkinkan mereka tidak hanya mampu mengintegrasikan dirinya kedalam masyarakat dewasa, tetapi juga merupakan karakteristik yang paling menonjol dari semua periode perkembangan (Shaw dan Castonzo, 1985).
Remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas. Mereka sudah tidak termasuk golongan anak-anak, tetapi belum juga dapat diterima secara penuh untuk masuk kegolongan orang dewasa. Remaja ada diantara anak-anak dan orang dewasa. Oleh karena itu, remaja sering kali dikenal dengan fase “mencari jati diri” atau fase “topan dan badai”.
Perkembangan intelektual yang terus menerus menyebabkan remaja mencapai tahap berfikir operasional formal. Kemampuan intelektual seperti ini yang membedakan fase remaja dari fase sebelumnya.
(Muhammad Ali, 2004 : 9)

Makalah Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja

1.1.2   Tugas - Tugas Pekembangan Remaja
Menurut Hurluck (1991) tugas perkembangan remaja adalah berusaha :
1)      Mampu menerima keadaan fisiknya.
2)      Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa.
3)      Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis.
4)      Mencari kemandirian emosional.
5)      Mencari kemandirian ekonomi.
6)      Mengembangkan konsep dan keterampilan.
7)      Memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa dan orang tua.
8)      Mengembangkan perilaku tanggung jawab.
9)      Mempersiapkan diri memasuki perkawinan.
10)  Memahami dan mempersiapkan berbagai tanggung jawab kehidupan keluarga.
Perkembangan fase remaja ini amat berkaitan dengan perkembangan kognitifnya, yaitu fase operasional formal. Kematangan pencapaian fase kognitif akan sangat membantu kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas perkembangannya itu dengan baik. Agar dapat memenuhi dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan diperlukan kemampuan kreatif remaja. Kemampuan kreatif ini banyak diwarnai oleh perkembangan kognitif.

1.1.3   Ciri – Ciri Remaja
1.      Bertambahnya panjang ukuran tulang.
2.      Bertambah lebar ukuran kepala.
3.      Terjadinya perubahan pada suara.
4.      Berat tubuh bertambah.
5.      Sempurnanya jaringan syaraf.
6.      Sempurnanya susunan tulang.
7.      Bertambah luasnya telapak tangan.
8.      Semakin kuatnya jaringan otot.
9.      Mampu memahami bentuk-bentuk huruf.
(Muhammad Ali, 2004 : 10)

1.1.4   Remaja Dalam Konteks Keluarga
Peranan remaja tidak boleh di ketepikan. Sebagai komponen penting remaja berperan membantu perkembangan dan pembunan keluarganya. Maju mundur keluarga tersebut secara langsung dihasilkan oleh peranan yang dimainkan olehnya. Ciri-ciri yang dapat diperkukuhkan bagi keluarga perlu disematkan didalam jiwa mereka. Input-input yang sesuai dalam berbagai disiplin dan bidang akan membantu mereka melaksanakan tugas dan tanggungjawab mereka.
Projek dirancang dan dilaksanakan untuk remaja. Akan tetapi kita perlu lagi mencari jalan-jalan yang belum dilalui, yang akhirnya akan terlihat satu-satunya yang boleh menyebabkan masyarakat remaja lebih iklas, tekun, prihatin, berkomitmen, berpengetahuan, berwibawa dalam menghadapi kehidupan akan datang dan untuk membantu serta membimbing bukan saja remaja bahkan lain-lain golongan masyarakat keseluruhannya kearah tujuan yang lebih bermanfaat kepada kehidupan mereka.