Kompetensi Seorang Guru (Contoh Makalah)
KOMPETENSI SEORANG GURU
Dalam UU No. 14/2005 tentang Guru
dan Dosen dijelaskan bahwa kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan,
keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh
guru dalam melaksanakan tugas profesinya.
Kompetensi tersebut meliputi:
1. Kompetensi pedagogik;
2. Kompetensi profesional;
3. Kompetensi sosial;
4. Kompetensi kepribadian;
Kompetensi Pedagogik
Bimbingan
yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada anak atau orang lain
yang belum dewasa, disebut pendidikan (pedagogik). Setelah itu pedagogik
berarti suatu usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk
mempengaruhi seseorang atau sekelompopk orang lain menjadi dewasa atau tingkat
hidup dan penghidupan yang lebih tinggi.
Dalam bentuk
lain, pedagogik itu dipandang sebagai suatu proses atau aktifitas yang
bertujuan agar tingkah laku manusia mengalami proses tersebut mendapat
perubahan. Tingkah laku seseorang adalah setiap respons yang dapat dilihat atau
diperlihatkan oleh orang lain
Di samping
itu, pedagogik juga merupakan suatu ilmu, sehingga orang menyebutnya ilmu
pedagogik. Ilmu pedagogik adalah ilmu yang membicarakan masalah atau
persoalan-persoalan dalam pendidikan dan kegiatan-kegiatan mendidik, antara
lain seperti tujuan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan,
anak didik, pendidik dan sebagainya. Pedagogik termasuk ilmu yang sifatnya
teoritis dan praktis. Oleh karena itu pedagogik banyak berhubungan dengan
ilmu-ilmu lain seperti: ilniu sosial, ilmu psikologi, psikologi belajar, metodologipengajaran,
sosiologi, filsafat dan lainya.
Kompetensi
pedagogik yang dimaksud dalam tulisan ini yakni antara lain kemampuan
pemahaman tentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan
pembelajaran yang mendidik. Kompetensi pedagogik seorang guru ditandai dengan
kemampuannya menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu, serta sikap dan
tindakan yang dapat dijadikan teladan.
Pemahaman
tentang peserta didik meliputi pemahaman tentang psikologi perkembangan anak.
Sedangkan pembelajaran yang mendidik meliputi kemampuan merancang pembelajaran,
mengimplementasikan pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran, dan
melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
Kompetensi Profesional
Guru
memiliki peran strategis dalam pengembangan sekolah. Untuk itu, guru dituntut
memiliki kompetensi dan profesionalisme yang memadai. Untuk itu lembaga
pendidikan membutuhkan tenaga-tenaga profesional yang berkompeten dalam upaya
mengelola sekolah. Secara implisit nilai dan profesionalisme adalah sebagai berikut:
1. Memiliki keahlian khusus
2. Merupakan suatu panggilan hidup
3. Memiliki teori-teori yang baku
secara universal
4. Mengabdikan diri untuk masyarakat
dan bukan untuk diri sendiri
5. Dilengkapi kecakapan diagnostik dan
kompetensi yang aplikatif
6. Memiliki otonomi dalam melaksanakan
pekerjaannya
7. Mempunyai kode etik
Kompetensi Kepribadian
Guru menjadi
sosok yang ideal bagi siswanya, hal ini dibuktikan apabila ada orang tua yang memberikan
argumen yang berbeda dengan gurunya maka siswa tersebut akan menyalahkan
argumen si orangtua dan membenarkan seorang guru. Guru adalah acuan bagi
peserta didiknya oleh karena itu segala tingkah laku yang dilakukannya sebagian
besar akan ditiru oleh siswanya Guru sebagai demonstrator dapat diasumsikan
guru sebagai suritauladan bagi siswanya dan contoh bagi peserta didik.
Kepribadian Sosial
Mulyasa
(2006) kegagalan pelaksanaan pembelajaran sebagian besar disebabkan oleh
penerapan metode pendidikan konvensional, anti dialog, proses penjinakan,
pewarisan pengetahuan, dan tidak bersumber pada realitas masyarakat.
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara peserta didik
dengan lingkungan, sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih balk.
Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor
eksternal maupun faktor internal. Dalam pembelajaran, tugas guru yang paling
utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan
perilaku pembentukan kompetensi peserta didik.
0 Response to "Kompetensi Seorang Guru (Contoh Makalah)"
Posting Komentar