Materi Pelatihan Manajemen Organisasi
A. Pendahuluan
Manajemen merupakan sebuah proses
usaha menyusun sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dimana keberhasilan pelaksanaannya memerlukan kepemimpinan yang berakhlak,
berwawasan, mampu menerjemahkan wawasan kedalam program kerja, serta dapat
menjalin kerjasama dengan segenap komponen organisasi.
Sedangkan organisasi adalah wadah
kegiatan orang-orang dalam usaha mencapai tujuan. Maka pengorganisasian adalah
bagaimana membagi-bagi tugas pokok kedalam tugas-tugas spesifik, menempatkan
orang-orang yang tepat, menggerakkan serta memajukan dengan sumber-sumber daya
organisasi yang ada sehingga berjalan dengan efektif dan efisien.
B. Beberapa Falsafah
Manajemen
Disini kita bandingkan 3 contoh
falsafah manajemen yang mempengaruhi prinsip, struktur dan tujuan sebuah
organisasi.
·
Barat
Berfalsafah materi, dengan memupuk kepentingan dan
kebebasan individu.
·
Jepang
Falsafahnya materi, kesuksesan dicapai melalui usaha
kelompok.
·
Islam
Falsafah Tauhid, kemajuan dicapai multi dimensi (ruh dan
kebendaan) kesuksesan akan dicapai melalui keadilan dan musyawarah.
C. Tujuan Manajemen
Dalam perspektif Islam diutamaklan tindakan proaktif
melalui tuntutan Tauhid dengan cara :
1.
Membangun dan membina diri
-
Pandangan hidup yang
komprehensif dan progresif
-
Berakhlak mulia
-
Meningkatkan kemampuan dengan
penguasaan ilmu.
2.
Menyusun organisasi/masyarakat
dengan mengamalkan prinsip Al-Adl wal Ihsan (Adil dan baik dan bijaksana).
3.
Menentukan objek dan arah
tujuan organisasi.
D. Proses Manajemen
Mencakup beberapa unsur :
1.
Menyusun tujuan organisasi
dengan jelas, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
2.
Menentuklan jenis kegiatan
organisasi untuk mewujudkan pencapaian tujuan.
3.
Menyusun struktur manajemen
organisasi dengan efektif untuk mencapai tujuan organisasi, yang mengarah
kepada desentralisasi dalam membuat keputusan untuk membina kreativitas dan
inovasi anggota.
E. Langkah-langkah
Efektivitas Tatalaksana Organisasi
1.
Planning
Penyusunan perencanaan yang tepat. Diketahui dan
dipahami oleh seluruh anggota organisasi.
2.
Organizing
Penyusunan model struktur organisasi yang tepat dan
sesuai dengan tujuan organisasi.
3.
Staffing
Penempatan orang-orang yang tepat, the right man on the right job, seseorang sesuai dengan keahliannya
atau mengisi formasi jabatan dengan orang-orang yang profesional.
4.
Coordinating
Menyatupadukan seluruh kegiatan menuju pencapaian
tujuan, hal ini dilakukan melalui rapat-rapat koordinasi.
5.
Improving
Langkah-langkah pengawasan / evaluasi proses pengambilan
keputusan.
Bagi organisasi sosial maka tatalaksana organisasi
meliputi unsur-unsur :
-
Konsolidasi pengurus.
-
Perencanaan – tujuan
-
Anggota organisasi
-
Program kerja
-
Sarana prasarana
-
Biaya
F. Ciri Manajemen Sukses
1.
Kepemimpinan yang efektif
Pimpinan yang berakhlak dan berkelayakan.
2.
Anggota/pekerja yang
berkualitas, yaitu berakhlak berkemampuan dan ditempatkan dalam posisi yang
tepat.
3.
Sistem yang baik, adanya
musyawarah dan mufakat serta keharmonisan hubungan antar anggota.
G. Penutup
Dalam pengurusan organisasi, Islam
mengajarkan metodologi pendekatan yang sesuai dan praktis, dapat mengikuti
perkembangan zaman dalam menuju kesuksesan yang hakiki yaitu melalui penerapan
nilai-nilai tauhid.
Amanah yang dipikul mesti
dipertanggungjawabkan, tidak hanya kepada manusia pemberi amanah tersebut, tapi
lebih utamanya kepada Allah SWT.
Islam memberi keutamaan kepada
pembangunan SDM secara menyeluruh. Dalam penyusunan organisasi ruang untuk
individu diperluas untuk mengembangkan kreatifitasnya. Dan dalam pembuatan
keputusan mestilah sesuai dengan kebutuhan dan relevan. Disinilah konsep tolong
menolong dan jamaah kita wujudkan.
0 Response to "Materi Pelatihan Manajemen Organisasi"
Posting Komentar