-->

Rancangan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah

A.    Latar Belakang
Pada saat ini pemerintah sedang berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan mulai jenjang dasar sampai menengah, salah satunya melalui penyempurnaan kurikulum yang sedang berlaku. Lahirnya kurikulum baru yang disebut Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 (KBK) tentu memerlukan kesiapan dari guru yang akan melaksanakannya di sekolah, termasuk didalamnya adalah guru SD. Namun kenyataan yang ada saat ini menunjukkan bahwa guru-guru SD merasa belum memahami dengan benar KBK dan implementasinya di sekolah (hasil dari pengkajian PPPG Matematika di 5 Propinsi sampel). Salah satu yang masih dirasakan berat dalam pemahaman dan pelaksanaannya adalah pembelajaran tematik untuk kelas I dan II SD.
Dalam kerangka dasar kurikulum 2004 disebutkan bahwa untuk kelas I dan II ditentukan 50% dari jam pelajaran yang ada untuk membaca dan menulis permulaan serta berhitung (calistung) dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan tematik. Dengan pemahaman yang masih kurang tentang pembelajaran tematik tentu akan memberatkan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajarannya.

B.     Arti Pembelajaran Tematik
Menurut Siskandar (2003) bagi guru SD kelas rendah (kelas I dan II) yang siswanya masih berperilaku dan berpikir konkrit, pembelajaran sebaiknya dirancang secara terpadu dengan menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran. Dengan cara ini maka pembelajaran untuk siswa kelas I dan II menjadi lebih bermakna, lebih utuh dan sangat kontektual dengan dunia anak-anak. Namun, bukan berarti pembelajaran tematik hanya dapat diperuntukkan bagi siswa kelas I dan II, tapi dapat pula untuk kelas yang lain.

Berdasarkan hal diatas maka agar lebih memahami tentang pembelajaran dengan pendekatan tematik perlu kiranya diuraikan hal-hal yang berkaitan dengan teori mengenai pembelajaran terpadu yang merupakan landasan teori dari pembelajaran tematik.
Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan atau strategi pembelajaran yang mengaitkan / melibatkan satu mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dengan menggunakan penghubung suatu tema tertentu yang disepakati.

Rancangan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah

Ø  Tujuan
1.      Meningkatkan pemahaman konsep secara lebih bermakna.
2.      Mengembangkan keterampilan mengolah, memanfaatkan informasi.
3.      Menumbuhkan sikap positif, nilai-nilai luhur, kebiasaan baik dalam kehidupan.
4.      Menumbuh kembangkan sikap sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, menghargai pendapat orang lain.
5.      Meningkatkan gairah dalam belajar.
6.      Memilih kegiatan sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Ø  Ciri-ciri
1.      Berpusat pada siswa
2.      Memberikan pengalaman langsung pada siswa.
3.      Lebih memperhatikan proses dari pada hasil semata.
4.      Menekankan pembentukan pemahaman dan bermakna.
5.      Fleksibel
6.      Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. 

Ø  Manfaat
1.      Topik-topik mata pelajaran mempunyai keterkaitan konsep.
2.      Siswa memanfaatkan keterampilannya dari keterkaitan antar mata pelajaran.
3.      Melatih siswa mampu memproses informasi sesuai dengan daya pikirnya mengembangkan jaringan konsep.
4.      Siswa dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis.
5.      Daya ingat terhadap materi dapat ditingkatkan.
6.      Transfer pembelajaran dapat mudah terjadi.

Ø  Strategi
1.      Malalui pemanduan siswa.
2.      Memadukan materi dari beberapa mata pelajaran.

Ø  Langkah-langkah Penyiapan Pembelajaran Tematik
1.      Pelajari kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran untuk kelas dan sementer sama.
2.      Tentukan suatu tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran. Contoh : keluarga, lingkungan, kejadian sehari-hari, komunikasi dan lain-lain.
3.      Buatlah jaringan hubungan kompetensi dasar dengan tema yang dipilih. Dalam hal ini guru harus dapat memberikan dan menentukan kompetensi-kompetensi dasar pada mata pelajaran dengan tema yang akan dikembangkan atau dipilih.

4.      Susunlah rencana pembelajaran sesuai dengan jaringan tema yang telah ditentukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rancangan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel