Contoh Makalah Tentang Hakikat Belajar


HAKIKAT BELAJAR
Contoh Makalah Tentang Hakikat Belajar


A.    Batasan Tentang Belajar
Rumusan tentang apa yang dimaksud dengan belajar cukup bervariasi. Perbedaan tersebut tentu saja diwarnai atas perbedaan pandangan dan tekanan masing-masing.
a.        W.H Burton  :  Memandang belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu dan individu denmgan lingkungannya.
b.       J. Neweg       :  Melihat dari dimensi yang dapat berbeda. Dia menganggap bahwa belajar adalah suatu proses. Dimana perilaku seseorang mengalami perubahan sebagai akibat pengalaman unsur.
c.        Skinner          :  Belajar adalah suatu perilaku. Pada seseorang yang belajar responnya lebih baik dan begitu pula sebaliknya.
d.       Bagne            :  Belajar adalah proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan.
Dari batasan-batasan yang ditemukan di atas dapat dikemukakan bahwa paling tidak ada dua unsur penting yang terkandung dalam proses belajar, yaitu :
1.                                                         Mengalami :   Belajar adalah suatu rangkaian aktifitas yang dialami seseorang melalui interaksinya dengan lingkungan.
  1. Perubahan dalam diri seseorang
Proses yang dialami seseorang baru bisa dikatakan mempunyai makna belajar, badan menghasilkan perubahan dalam diri yang bersangkutan, esensi dari perubahan ialah adanya yang baru.

B.     Ciri-ciri Belajar
Berdasarkan rumusan di atas bahwa belajar itu diartikan dalam arti luas, meliputi keseluruhan proses perubahan individu.
Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap tentang pengertian belajar tersebut maka berikut ini dikemukakan beberapa ciri penting dari konsep tersebut:
a.       Perubahan yang fungsional.
b.      Belajar adalah perbuatan yang sudah mungkin sewaktu terjadinya prioritas.
c.       Belajar terjadi melalui pengalaman yang bersifat individu.
d.      Perubahan yang terjadi bersifat menyeluruh dan terintegrasi.
e.       Belajar adalah proses integrasi.
f.       Perubahan berlangsung dari yang sederhana menjadi kompleks.

C.    Unsur-unsur Dalam Belajar
Perilaku belajar merupakan perilaku yang kompleks, karena banyak unsur yang terlihat didalamnya, diantaranya :
a.       Tujuan : Dasar aktifitas belajar adalah untuk memenuhi kebutuhan yang dirasakan oleh yang bersangkutan.
Contohnya pada anak usia dini: tujuan belajar untuk mengembangkan : kognitif, fisik/motorik, afektif.
b.      Pola respon dan kemampuan yang dimiliki. Setiap individu memiliki pola respon yang dapat digunakan saat menghadapi situasi belajar.
Kalau pada anak usia dini dia merespon sesuatu pembelajaran belum sepenuh merespon apa yang dikatakan oleh guru: disini guru berperan penting untuk merespon minat belajar anak. Supaya anak siap untuk menghadapi pembelajaran
c.       Situasi belajar
Situasi yang dihadapi mengandung berbagai alternatif yang dapat dipilih.
Contoh pada anak usia dini : pembelajaran berdasarkan minat dan kemampuan dengan cara pemakaian pembelajaran berbentuk area dan sentra. 
d.      Penafsiran terhadap situasi
Dalam menghadapi situasi, individu harus menentukan tindakan mana yang akan diambil, mana yang harus dihindari dan mana yang paling aman.
Pada usia anak dini dia cenderung memilih permainan mana yang dia suka, anak tidak boleh dipaksakan.
e.       Reaksi atau respon
Setelah pilihan dinyatakan maka yang dapat dilakukan seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, yaitu :
·         Situasi dihadapi secara instriktif.
·         Situasi dihadapi secara habitual.
·         Situasi dihadapi secara rasional.
·         Situasi dihadapi secara emosional.

0 Response to "Contoh Makalah Tentang Hakikat Belajar"

Poskan Komentar