Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Penerapannya pada Anak Usia Dini


PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI DAN BAGAIMANA PENERAPANNYA PADA ANAK USIA DINI
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Penerapannya pada Anak Usia Dini


a.       Jerome S. Bruner
Pada dasarnya belajar merupakan proses kognitif yang terjadi dalam diri seseorang.
Penerapannya pada anak usia dini dengan kegiatan guru menjelaskan materi yang akan diajarkan kepada anak atau melalui audiovisual atau televisi sehingga anak jelas dengan materi yang diajarkan itu.

b.      Robert Gogne
Belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulus dari lingkungan menjadi beberapa tahap pengolahan informasi yang diperlukan untuk memperoleh kapasitas yang baru.
Penerapannya pada anak usia dini dengan cara memberikan rangsangan dalam memberikan pembelajaran.

c.       BF. Skinner
Belajar adalah perilaku dan perubahan perilaku yang tercermin dalam kekerapan respon yang merupakan fungsi dan kejadian dalam lingkungan dan kondisi.
Penerapannya pada anak usia dini adanya respon dan rangsangan serta penguatan.

d.      Bell-Gredler (1986: 1)
Belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam Competencies, skills and attitudes, diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua.
Penerapannya pada anak TK dengan cara menanyakan kepada anak mau jadi apa nanti dan memotivasi anak. 

e.       W.H. Burton
Memandang belajar sebagai tingkah laku diri individu dan individu dengan lingkungannya.
Penerapannya pada anak usia dini dengan adanya pembelajaran yang bisa memotivasi anak untuk mengembangkan diri dengan lingkungan.

f.       J. Neweg
Melihat dari dimensi yang berbeda, dimana prilaku seseorang mengalami perubahan sebagai akibat pengalaman unsur.
Penerapannya di anak usia dini, dengan adanya pengalaman-pengalaman anak di sekolah atau di lingkungan.

g.      Fontana
Belajar adalah : suatu proses perubahan yang relatif tetap, dalam prilaku individu sebagai hasil dan pengalaman.
Penerapannya pada anak usia dini yaitu : menerangkan kepada anak bahwa ada akibat dari sesuatu contoh seseorang anak yang berhati-hati menyeberang supaya tidak tertabrak mobil dan minuman keras, obat-obatan dan lain-lain.

h.      Bewer dan Hilgord (1981)
Bahwa belajar mengacu pada perubahan perilaku atau potensi individu sebagai hasil dari pengalaman dan perubahan tersebut tidak disebabkan oleh insting, kematangan atau kelelahan dan kebiasaan.
Penerapnnya pada anak usia dini dengan cara memberikan pelajaran terus menerus seperti adanya pembelajaran pembentukan perilaku.

0 Response to "Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Penerapannya pada Anak Usia Dini"

Poskan Komentar