Sejarah Bahasa dan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Sejarah Bahasa dan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar


1.      Sejarah Bahasa
Kapan dan dimana bahasa itu lahir? Seandainya manusia sudah berada di planet bumi ini sejak ribuan abad, bagaimana dan dimana bahasa itu digunakan?
Proses bahasa itu tidak sekali jadi, namun secara bertahap dan menggunakan waktu bertahun-tahun lamanya.
Penggunaan bahasa itu pertama-tama diawali dengan komunikasi melalui simbol atau menggunakan bahasa tubuh. Para pedagang pada masa itu menggunakan bahasa tubuh untuk memperdagangkan barang dagangannya sampai akhirnya mereka menetapkan bahasa yang tetap untuk mempermudah proses perdagangannya.
Penggunaan bahasa itu diawali pada masa prasejarah. Pada masa itu manusia sudah mulai berbicara menggunakan bahasa lisan. Sampai akhirnya ditemukan bukti-bukti tertulis mengenai peradaban manusia pada zaman itu.

2.      Penggunaan Bahasa Indonesia
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik itu sebenarnya harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya ketika berbicara didalam rapat-rapat resmi saja, yang memerlukan bahasa Indonesia yang sempurna agar pembicaraan kita didengarkan dan dimengerti oleh orang banyak.
Kebanyakan hanya di kota-kota besar saja yang mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Tetapi, di daerah-daerah pinggiran atau kota-kota yang jauh dari pusat pemerintahan masih saja menggunakan bahasa daerahnya sendiri ketika berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Beragam cara dan usaha dapat dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memasyarakatkan bahasa Indonesia yang baik dan benar ini. Seperti :
1.      Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dalam setiap jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai tingkat universitas. Bukan hanya dalam pemberian mata pelajaran saja, tetapi juga dalam pergaulan antar sesama peserta didik.
2.      Penyuluhan ke berbagai daerah terpencil yang kebanyakan bahasanya masih kental dengan adat istiadat setempat. Penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat daerah terpencil tersebut bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.
3.      Dan lain-lain.
Pembudayaan Bahasa Indonesia yang baik ini tentu saja tidak lepas dari peranan keluarga, karena keluargalah kesatuan paling kecil dalam sebuah negara. Oleh karena itu pembudayaan bahasa Indonesia yang baik ini harus dimulai dari lingkungan keluarga.

0 Response to "Sejarah Bahasa dan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar"

Poskan Komentar