Teknik-Teknik Mengarang Beserta Contoh Karangannya

Teknik-Teknik Mengarang Beserta Contoh Karangannya


1.      Menggambar Dengan Teknik Gambar Berseri
“ KEINDAHAN PANTAI TIRTAMAYA ”

Pantai Tirtamaya sangat indah. Pantai ini terletak di utara Jawa Barat, Kabupaten Indramayu, sekitar 50 km sebelah utara Kota Cirebon.
Pantai ini memiliki panorama alam yang indah sekali. Lautnya biru, pohon dan nyiur sangat rindang di sekitarnya. Di tepi pantai terdapat beberapa bangku tempat wisatawan berjemur.
Ombak laut agak tenang. Sesekali ombak bergulung lalu menghempas pantai. Pantainya agak landai, pasirnya cukup bersih, serta udaranya sangat sejuk. Keteduhan dapat dirasakan ketika berada di Pantai Tirtamaya.
Namun, di pantai yang nyaman itu sangat mengherankan. Tidak terlihat turis berkunjung kesana. Kursi-kursi tempat berjemur terlihat kosong. Pantai terlihat tanpa penghuni. Tidak terlihat aktivitas pun disana.
Dilihat disisi lain, kondisi pantai sangat mengenaskan. Abrasi hebat telah terjadi, telah menggerus objek wisata ini. Pohon-pohon peneduh tumbang disapu ombak. Fasilitas wisata yang tersedia pun tidak terlihat lagi. Yang kelihatan hanya akar pohon yang sudah diterpa ombak. Keteduhan tidak dirasakan lagi disana.

2.      Mengarang Dengan Teknik Objek Langsung
“ GULUNGAN OMBAK ”

Deburan ombak pantai terdengar kencang, saat ombak menghantam batu terlihat percik-percik air melambung diudara.
Seorang bocah perempuan bermain-main ditepi pantai sendirian, dipinggir pantai yang telah terkikis ombak, sambil waspada melihat gulungan ombak yang begitu mengganas.
Angin yang begitu kencang membuat bocah tersebut takut, saat bocah tersebut memandang ke arah lautan, air laut pun bergulung dengan kencang. Seorang nelayan melihat bocah tersebut, dengan mata yang berkedip.
Pada nelayan tersebut tidak pergi bernelayan, karena air laut sangat berbahaya untuk bernelayan pada saat sekarang ini. Nelayan tersebut memandangi gulungan ombak yang begitu bergelombang besar.

3.      Mengarang Dengan Teknik Perbandingan Objek Langsung
“ HP i-Mobile”

Perbandingan 2 HP bermerek i-mobile, I. i-mobile 318 (magnesium design), II. i-mobile 625 (the best camera phone), dari segi bentuk pun berbeda i-mobile 318 lebih kecil, i-mobile 625 lebih besar, dilihat dari segi warna mempunyai sama-sama warna hitam.
Sedangkan manfaat atau fungsinya i-mobile 318, VGA Games, Yamaha Audio Amplifier Built-in, magnesium case, 120 MB internal memori, MP3 Player/FM Radio, Video Player/Recorder, Bluetooth, Support Micro-SD Card, sedangkan i-mobile 625 3 Mega Pixel Camera Module by Casio Hitachi Mobile Communications + Audio Focost Photo Light, Yamaha Audio Amplifier Biult-in, Motion Sensor, Video + Bluetooth. Dari harga pun berbeda i-mobile 318 Rp. 700 Ribu, i-mobile 625 Rp. 1,5 Juta.

4.      Mengarang Dengan Teknik Perbandingan Dua Tulisan
TAMAN DAN AKU INGIN ”

Puisi Taman mengisahkan percintaan remaja yang sedang dimabuk cinta dengan khayalan yang sangat sederhana atau tidak muluk-muluk. Mereka hanya menginginkan kebahagiaan yang hanya untuk dinikmati mereka berdua tanpa ada suatu penghalang.
Sedangkan puisi Aku Ingin suatu keinginan seseorang remaja untuk mendapatkan cinta yang murni, yang tumbuh dari hati nurani (tulus), tanpa kata rayuan dan syarat apapun.

0 Response to "Teknik-Teknik Mengarang Beserta Contoh Karangannya"

Poskan Komentar