Media Yang Digunakan Dalam Pengembangan Kognitif Peserta Didik
Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta
mendorong anak untuk belajar. Beberapa contoh media yang biasa digunakan dalam
pendidikan misalnya media proyeksi dan non proyeksi, media audio, film,
pengajaran dengan memakai bantuan komputer (computer
assisted instruction), multi media yang berdasarkan komputer dan hypermedia, internet, media komunikasi
masa seperti radio dan televisi yang dipakai untuk pengarajan jarak jauh.
Tujuan dan Fungsi Media Dalam Pengembangan Kognitif
Media instruksional berfungsi sebagai alat bantu mengajar melainkan
juga mampu berfungsi sebagai pembawa
informasi atau pesan instruksional yang diperlukan anak.
Beberapa fungsi dan tujuan penerapan media dalam pengembangan
kognitif anak adalah sebagai berikut :
1.
Merangsang anak melakukan
kegiatan, pikiran, persaan, perhatian, dan minat.
2.
Bereksperiman.
3.
Menyelidiki atau meneliti.
4.
Alat bantu.
5.
Mencapai tujuan pendidikan yang
maksimal.
6.
Alat peraga untuk memperjelas
sesuatu (menghilangkan verbalisme).
7.
Mengembangkan imajinasi
(kreatifitas).
8.
Melaksanakan tugas yang
diberikan.
9.
Melatih kepekaan berpikir.
10.
Digunakan sebagai alat
permainan.
11.
Keperluan anak dalam melakukan
tugas yang diberikan guru, seperti kertas lipat atau menggunting, kertas HVS
atau buku gambar untuk menggambar.
Syarat-Syarat Media Dalam Pengembangan Kognitif
1.
Menarik / menyenangkan baik
warna maupun bentuk.
2.
Tumpul (tidak tajam) bentuknya.
3.
Ukuran disesuaikan anak usia
TK.
4.
Tidak membahayakan anak.
5.
Dapat dimanipulasi.
Macam-Macam Media Pengembangan Kognitif :
a.
Balok/kotak bangunan
Fungsinya : memperkenalkan kepada anak berbagai bentuk kotak
bangunan yang bisa mereka lihat sehari-hari.
b.
Kotak merjan
Fungsinya : mengenal lima
bentuk merjan dan warnanya, dan melatih konsep berkurang dan bertambah.
c.
Kotak-kotak huruf
Fungsinya : untuk menarik minat baca dan menyusun huruf dalam kata
yang bermakna.
d.
Papan pengenal warna
e.
Papan planel
Fungsinya : memperkenalkan konsep bilangan, dan bercerita dengan
papan planel.
f.
Papan Geometris
Fungsinya : Mengenalkan bentuk-bentuk geometris.
g.
Kotak pos
Fungsinya : membandingkan bentuk-bentuk geometris.
h.
Boneka
Fungsinya : alat peraga untuk bermain sandiwara yang berkaitan
dengan perkembangan kognitif.
i.
Loto
Fungsinya : untuk mengembangkan imajinasi anak.
j.
Domino benda yang sama atau
kepingan gambar
Fungsinya : guru memperlihatkan gambar sambil bertanya “Siapa yang
tahu ini gambar (pepaya dan satu)” anak menjawab “pepaya dan satu”.
k.
Gelas ukur
Fungsinya : untuk percobaan mencampur warna mengenalkan konsep
bilangan.
l.
Ukuran panjang/pendek
Fungsinya : mengukur tinggi / lebar / panjang.
m.
Kotak kubus
Fungsinya : membentuk suatu benda dari kubus secara mendatar.
n.
Alat mengenal peraba
Fungsinya : mengenalkan permukaan kasar dan halus.
o.
Bak air
Fungsinya : melakukan berbagai percobaan tenggelam, terapung,
melayang, menyerap dan lain-lain.
p.
Bak pasir
q.
Buku-buku (story reading)
Fungsinya : merangsang minat baca.
r.
Alat-alat yang ada di luar
kelas
Seperti ayunan, jungkat-jungkit, peluncur, papan titian.
0 Response to "Media Yang Digunakan Dalam Pengembangan Kognitif Peserta Didik"
Posting Komentar