Metode Yang Digunakan Pada Pengembangan Kognitif
Metode adalah cara menyampaikan / mentransfer ilmu yang tepat sesuai
dengan anak usia TK sehingga menghasilkan pemahaman yang maksimal bagi anak
didik. Metode merupakan bagian dari strategi pembelajaran untuk mencapai
tujuan.
Sebagai alat untuk mencapai tujuan tidak selamanya metode berfungsi
secara optimal. Oleh karena itu dalam memilih suatu metode yang akan digunakan,
guru TK perlu memilih alasan yang kuat dan memperhatikan faktor-faktor yang
mendukung pemilihan metode tersebut seperti karakteristik tujuan kegiatan dan
karakteristik anak yang dibinanya.
Metode yang dapat mengembangkan kognitif anak agar dapat berpikir,
menalar, mampu menarik kesimpulan, dan membuat generalisasi. Caranya adalah
dengan memahami lingkungan sekitarnya, mengenal orang dan benda-benda yang ada,
mengenal tubuh dan memahami perasaan mereka sendiri, berlatih mengurus diri
sendiri.
Karakteristik anak juga turut menentukan pemilihan metode. Bahwa
anak TK pada umumnya adalah anak yang selalu bergerak, mempunyai rasa ingin
tahu yang kuat, senang bereksperimen dan keinginan untuk mengekspresikan diri
secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang berbicara.
Pengembangan Kognitif
Berikut adalah macam-macam metode yang dapat digunakan untuk
pengembangan kognitif anak TK.
a.
Bermain
b.
Pemberian tugas
c.
Demonstrasi
d.
Tanya jawab
e.
Mengucapkan syair
f.
Percobaan / eksperimen
g.
Bercerita
h.
Karyawisata
i.
Dramatisasi
1.
Bermain
Bermain : merupakan bermacam bentuk kegiatan yang
memberikan kepuasan pada diri anak yang bersifat nonserius, lentur dan bahan
mainan terkandung dalam kegiatan dan yang secara imajinatif ditransformasi
sepadan dengan dunia orang dewasa.
2.
Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalah metode yang memberikan
kesempatan kepada anak melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk langsung dari
guru, apa yang harus dikerjakan, sehingga anak dapat memahami tugasnya secara
nyata agar dapat dilaksanakan secara tuntas. Metode pemberian tugas dapat
diberikan secara kelompok atau perorangan.
3.
Metode Demonstrasi
Adalah cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu
atau proses dari sesuatu kejadian atau peristiwa. Guru dituntut
mendemonstrasikan sesuatu harus jelas, alat peraga harus dipersiapkan terlebih
dahulu, agar pada saat mendemonstrasikan sesuatu tidak terhambat atau
terganggu.
Metode demonstrasi dapat dipergunakan untuk memahami dua
fungsi, pertama, dapat digunakan untuk memberikan ilustrasi dalam menjelaskan
informasi kepada anak. Kedua, metode demonstrasi dapat membantu daya pikir anak
TK terutama daya pikir dalam peningkatan kemampuan mengenal, mengingat,
berpikir konvergen, dan berpikir evaluatif.
4.
Metode Tanya Jawab/Bercakap-cakap
Metode tanya jawab adalah metode dengan cara tanya
jawab, guru memberi pertanyaan terbuka, sehingga anak dapat menjawab beberapa
kemungkinan, berdasarkan pengalaman anak, guru harus berusaha agar anak aktif
memberi jawaban atau keterangan, bukan guru yang aktif memberi keterangan.
Metode bercakap-cakap ini sangat bermanfaat bagi anak TK
sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar anak berani
mengungkapkan pendapat serta berani berbicara di depan umum.
5.
Metode Mengucapkan Syair
Metode mengucapkan syarat adalah suatu cara menyampaikan
sesuatu melalui syair yang menarik, yang dibuat guru untuk sesuatu, agar dapat
dipahami anak.
6.
Metode Percobaan/Eksperimen
Adalah suatu cara anak melakukan berbagai percobaan yang
dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya, guru sebagai fasilitator, alat
untuk berbagai percobaan sudah dipersiapkan guru.
7.
Metode Bercerita
Adalah cara menyampaikan sesuatu dengan bertutur atau
memberikan penerangan/penjelasan secara lisan melalui cerita. Guru bukan
memberi ceramah pada anak usia TK. Cerita harus menarik, dengan tujuan yang
ingin dicapai, dengan gerak-gerak yang wajar dan intonasi yang bervariasi. Anak
diberi kesempatan untuk bertanya memberikan tanggapan atau kesimpulan.
8.
Metode Karya Wisata
Yaitu kunjungan secara langsung ke objek-objek disekitar
anak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Guru menjelaskan sesuatu dengan
benda/objeknya, anak diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memperhatikan,
meneliti objek tersebut. Dapat membangkitkan minat anak kepada sesuatu hal,
memperluas informasi dan dapat pula memperkaya program kegiatan yang tidak
mungkin di hadirkan di kelas.
9.
Metode Dramatisasi
Metode dramatisasi adalah cara memahamii sesuatu melalui
peran-peran yang dilakukan oleh tokoh atau benda-benda di sekitar anak,
sehingga anak dapat memahami sesuatu sambil berimajinasi. Anak memerankan tokoh
sesuai dengan pilihannya berdasarkan minat.
0 Response to "Metode Yang Digunakan Pada Pengembangan Kognitif"
Posting Komentar