Paradigma Baru PKn di Sekolah Dasar
Paradigma berarti suatu model atau kerangka berpikir yang digunakan
dalam proses pendidikan kewarganegaraan di Indonesia . Sejalan dengan dinamika
perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara ditandai oleh semakin terbukanya
persaingan antar bangsa yang semakin ketat, maka bangsa Indonesia mulai memasuki era
reformasi diberbagai bidang menuju kehidupan masyarakat yang lebih demokratis.
Tugas PKn dengan paradigma barunya mengembangkan pendidikan
demokrasi mengemban tiga fungsi pokok, yakni :
a)
Mengembangkan kecerdasan warga
negara (Civic Intelligence)
b)
Membina tanggung jawab warga
negara (Civic Responsibility)
c)
Mendorong partisipasi warga
negara (Civic participation)
Kecerdasan warga
negara yang dikembangkan untuk membentuk warga negara yang baik bukan hanya
dalam dimensi melainkan juga dalam dimensi spiritual, emosional dan sosial
sehingga paradigma baru PKn bercirikan multidimensional.
Keunggulan dari
paradigma baru PKn dengan model pembelajaran yang memfokuskan oada kegiatan
belajar siswa aktif (Active Student Learning) dan pendekatan inkuiri (Inquiry
Approach).
Model pembelajaran PKn dengan paradigma baru memiliki karakteristik
sebagai berikut :
-
Membelajarkan siswa mengenal,
memilih dan memecahkan masalah.
-
Membawa siswa mengenal, memilih
dan memecahkan masalah.
-
Melatih siswa dalam berpikir
sesuai dengan metode ilmiah dan keterampilan sosial lain yang sejalan dengan
pendekatan inkuiri.
0 Response to "Paradigma Baru PKn di Sekolah Dasar"
Posting Komentar