Karya Ilmiah Meningkatkan Minat Membaca Di Kelas III SD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Membaca di sekolah dasar merupakan
landasan bagi tingkat pendidikan selanjutnya dalam pembelajaran di sekolah
dasar, membaca merupakan salah satu bagian dari pembelajaran bahasa Indonesia .
Pembelajaran membaca di sekolah dasar
dibedakan menjadi dua, yaitu membaca permulaan untuk kelas I dan II membaca
lanjutan atau disebut juga membaca pemahaman untuk kelas III-VI.
Rendahnya kemampuan membaca dan
memahami isi bacaan ini diduga penyebabnya kurangnya minat baca siswa. Oleh
sebab itu penulis ingin bagaimana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ini
menumbuhkan minat baca siswa di SD.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
yang telah dikemukakan pada bagian diatas yaitu tentang meningkatkan minat
membaca siswa kelas III SD tersebut maka rumusan masalahnya adalah.
-
Bagaimana cara guru
meningkatkan minat baca siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia .
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
-
Untuk meningkatkan kemampuan
guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas III dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia.
D. Manfaat Penulisan
Secara teoritis hasil makalah ini
diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi teori pembelajaran bahasa Indonesia
di sekolah dasar khususnya pembelajaran membaca.
Secara praktis, hasil makalah ini di
harapkan bermanfaat bagi guru dan penulis antara lain :
-
Sebagai syarat memperoleh gelar
S1 pada jurusan PGSD.
-
Sebagai bahan masukan bagi guru
dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hakekat Pelajaran
1.
Pengertian
Membaca adalah : Menyuarakan lambang tertulis dengan
sebaik-baiknya namun lebih jauh adalah kemampuan memahami dari apa yang
tertulis dengan tepat dan cepat.
Jenis-jenis membaca :
-
Membaca teknis
-
Membaca dalam hati
-
Membaca cepat
-
Membaca bahasa
Ø Membaca teknis adalah membaca nyaring
Pelaksanaan pengajarannya menekankan pada segi :
·
Penguasaan lafal bahasa
Indonesia dengan baik dan benar.
·
Penguasaan jeda.
·
Penguasaan tanda-tanda baca.
·
Penguasaan menggerakkan mata.
·
Penguasaan mengelompokkan kata.
Ø Membaca dalam hati adalah jenis membaca yang dilakukan tanpa
menyuarakan apa yang dibaca.
Ø Membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan mata
dalam membaca.
Ø Membaca bahasa adalah jenis membaca yang mengutamakan keterampilan
murid dalam hal menggunakan kaidah bahasa serta makna suatu kalimat atau kata
sesuai dengan konteksnya.
2.
Tujuan Membaca
Pengajaran membaca di SD ditekankan
pada segi mekaniknya. Tujuan membaca dapat dikelompokkan sebagai berikut :
Ø Mengisi waktu luang atau mencari hiburan.
Ø Kepentingan studi.
Ø Mencari informasi.
Ø Memperkaya perbendaharaan kosa kata.
B. Problematika
Adapun problematika penulis ditemukan dilapangan :
1.
Masih belum lancar membaca di
SD
2.
Rendahnya minat baca siswa
3.
Kurang buku-buku penunjang
C. Solusi
Solusi yang penulis lakukan dalam
pemecahan masalah diatas untuk menumbuhkan minat membaca. Penulis menyediakan
buku-buku bacaan yang menarik dan membawa siswa ke perpustakaan sekolah serta
memberikan pengetahuan membaca sangatlah penting, juga menata perpustakaan
menarik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam pengajaran membaca di sekolah dasar dapat penulis
simpulkan :
-
Membaca di sekolah dasar lebih
diarahkan pada membaca lanjutan yang meliputi : membaca teknis, membaca dalam
hati, membaca cepat, dan membaca bahasa.
B. Saran
Dari makalah yang penulis buat saran yang dapat penulis
berikan adalah :
1.
Sebaiknya dalam pengajaran Bahasa
Indonesia guru harus menumbuhkan minat baca siswa.
2.
Dalam memberikan pengajaran
Bahasa Indonesia guru sebaiknya menggunakan berbagai media.
3.
Dalam memberikan pengajaran
Bahasa Indonesia guru menyediakan buku-buku bacaan yang menarik.
4.
Siswa dibawa ke perpustakaan.
DAFTAR PUSTAKA
Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Drs. Supriyadi, dkk.
Depdikbud, 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2.
Erlangga Kurikulum 1994.
Sabarti Akhadiah M.K 1991/1992.
mohon ma'af dan izin, sy ambil contoh makalah ini untuk referensi.trmksh.
BalasHapusMohon maaf dan izin, saya ambil contoh makalah ini untuk referensi. Terimaksih
BalasHapusmohon maaf dan izin saya mengambil contoh makalah ini untuk referensi, terima kasih sebelumnya
BalasHapus