Karya Ilmiah Meningkatkan Minat Membaca Di Kelas III SD


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Membaca di sekolah dasar merupakan landasan bagi tingkat pendidikan selanjutnya dalam pembelajaran di sekolah dasar, membaca merupakan salah satu bagian dari pembelajaran bahasa Indonesia.
Pembelajaran membaca di sekolah dasar dibedakan menjadi dua, yaitu membaca permulaan untuk kelas I dan II membaca lanjutan atau disebut juga membaca pemahaman untuk kelas III-VI.
Rendahnya kemampuan membaca dan memahami isi bacaan ini diduga penyebabnya kurangnya minat baca siswa. Oleh sebab itu penulis ingin bagaimana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ini menumbuhkan minat baca siswa di SD.

Karya Ilmiah Meningkatkan Minat Membaca Di Kelas III SD

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan pada bagian diatas yaitu tentang meningkatkan minat membaca siswa kelas III SD tersebut maka rumusan masalahnya adalah.
-          Bagaimana cara guru meningkatkan minat baca siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
-          Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas III dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

D.    Manfaat Penulisan
Secara teoritis hasil makalah ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi teori pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya pembelajaran membaca.
Secara praktis, hasil makalah ini di harapkan bermanfaat bagi guru dan penulis antara lain :
-          Sebagai syarat memperoleh gelar S1 pada jurusan PGSD.
-          Sebagai bahan masukan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Hakekat Pelajaran
1.      Pengertian
Membaca adalah :   Menyuarakan lambang tertulis dengan sebaik-baiknya namun lebih jauh adalah kemampuan memahami dari apa yang tertulis dengan tepat dan cepat.
Jenis-jenis membaca :
-          Membaca teknis
-          Membaca dalam hati
-          Membaca cepat
-          Membaca bahasa

Ø  Membaca teknis adalah membaca nyaring
Pelaksanaan pengajarannya menekankan pada segi :
·         Penguasaan lafal bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
·         Penguasaan jeda.
·         Penguasaan tanda-tanda baca.
·         Penguasaan menggerakkan mata.
·         Penguasaan mengelompokkan kata.
Ø  Membaca dalam hati adalah jenis membaca yang dilakukan tanpa menyuarakan apa yang dibaca.
Ø  Membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan mata dalam membaca.
Ø  Membaca bahasa adalah jenis membaca yang mengutamakan keterampilan murid dalam hal menggunakan kaidah bahasa serta makna suatu kalimat atau kata sesuai dengan konteksnya.
2.      Tujuan Membaca
Pengajaran membaca di SD ditekankan pada segi mekaniknya. Tujuan membaca dapat dikelompokkan sebagai berikut :
Ø  Mengisi waktu luang atau mencari hiburan.
Ø  Kepentingan studi.
Ø  Mencari informasi.
Ø  Memperkaya perbendaharaan kosa kata.

B.     Problematika
Adapun problematika penulis ditemukan dilapangan :
1.      Masih belum lancar membaca di SD
2.      Rendahnya minat baca siswa
3.      Kurang buku-buku penunjang

C.    Solusi
Solusi yang penulis lakukan dalam pemecahan masalah diatas untuk menumbuhkan minat membaca. Penulis menyediakan buku-buku bacaan yang menarik dan membawa siswa ke perpustakaan sekolah serta memberikan pengetahuan membaca sangatlah penting, juga menata perpustakaan menarik.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam pengajaran membaca di sekolah dasar dapat penulis simpulkan :
-          Membaca di sekolah dasar lebih diarahkan pada membaca lanjutan yang meliputi : membaca teknis, membaca dalam hati, membaca cepat, dan membaca bahasa.

B.     Saran
Dari makalah yang penulis buat saran yang dapat penulis berikan adalah :
1.      Sebaiknya dalam pengajaran Bahasa Indonesia guru harus menumbuhkan minat baca siswa.
2.      Dalam memberikan pengajaran Bahasa Indonesia guru sebaiknya menggunakan berbagai media.
3.      Dalam memberikan pengajaran Bahasa Indonesia guru menyediakan buku-buku bacaan yang menarik.
4.      Siswa dibawa ke perpustakaan.



DAFTAR PUSTAKA

Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Drs. Supriyadi, dkk.

Depdikbud, 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2.

Erlangga Kurikulum 1994.


Sabarti Akhadiah M.K 1991/1992.

0 Response to "Karya Ilmiah Meningkatkan Minat Membaca Di Kelas III SD"

Posting Komentar