Jumat, 20 November 2015

Tujuan dan Fungsi Bimbingan Konseling di Sekolah

Tujuan dan Fungsi Bimbingan Konseling di Sekolah


1.      Tujuan Bimbingan dan Konseling
Secara umum dan luas tujuan BK adalah untuk membantu individu dalam mencapai kegiatan hidup pribadi, kehidupan yang efektif dan produktif dimasyarakat, hidup bersama individu lain serta harmoni antara cita-cita dengan kemampuan yang ada.
a.       Tujuan bimbingan dan konseling untuk kepentingan sekolah :
1.      Menyusun dan menyesuaikan data tentang siswa.
2.      Sebagai penengah antara sekolah dan masyarakat.
3.      Mengadakan penelitian tentang siswa dan latar belakang siswa.
4.      Menyelenggarakan program tes.
5.      Membantu menyelenggarakan kegiatan penataran bagi guru dan staf lainnya.
6.      Menyelenggarakan pendidikan lanjutan bagi siswa yang sudah tamat (tambahan keterampilan).

b.      Tujuan bimbingan dan konseling untuk siswa :
1.      Membantu siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dipunyai.
2.      Membantu sosialisasi dan sensitifikasi siswa terhadap kebutuhannya.
3.      Membantu siswa untuk mengembangkan motif dan motivasi belajar.
4.      Memberikan dorongan dalam mengarahkan diri, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam pendidikan.
5.      Mengembangkan sikap dan nilai secara menyeluruh serta puas dengan keadaan hidup.
6.      Membantu siswa dalam memahami tingkah laku manusia.
7.      Membantu siswa dalam memperoleh kepuasan diri.
8.      Membantu siswa untuk hidup seimbang dalam aspek jasmani, rohani, emosi dan sosial.
9.      Membantu siswa mendapat kesempatan dalam mengembangkan potensinya di lingkungan dan di masyarakat.

c.       Tujuan BK untuk guru
1.      Membantu guru dalam keseluruhan program pendidikan.
2.      Membantu guru dalam usaha memahami perbedaan individu siswa.
3.      Meransang dan mendorong penggunaan prosedur dan teknik bimbingan.
4.      Membantu dan mengenalkan pentingnya keterlibatan diri dalam keseluruhan program pendidikan.
5.      Membantu guru dalam berkomunikasi dengan siswa.

d.      Tujuan BK untuk orang tua siswa
1.      Membantu orang tua dalam menghadapi masalah hubungan antara siswa dengan keluarga.
2.      Membantu dalam memperoleh pengertian tentang masalah siswa sertabantuan yang dapat diberikan.
3.      Membina hubungan baik antara keluarga dan sekolah.
4.      Membantu memberikan pengertian terhadap orang tua tentang program pendidikan pada umumnya.

2.      Fungsi Bimbingan dan Konseling
Menurut Prayitno (1994), BK berfungsi sebagai berikut :
  1. Fungsi Pemahaman
Merupakan landasan dari kegiatan BK karena memungkinkan jalan keluar dari pemecahan masalah yang ditemui.
  1. Fungsi Pencegahan
Untuk mencegah/paling tidak memperkecil akibat yang akan timbul dari masalah siswa.
  1. Fungsi Pemeliharaan
Agar hal-hal yang telah dipunyai individu siswa terjaga dan terpelihara dengan baik serta hal-hal yang menjadi kekurangan dari individu dapat dikurangi sedikit demi sedikit.
  1. Fungsi Pengembangan
Untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa sehingga individu siswa dapat puas dan bahagia dalam hidupnya.
  1. Fungsi Pengentasan
Merupakan suatu usaha yang nyata untuk memecahkan masalah siswa, sehingga diharapkan siswa bebas dari permasalahan yang dihadapinya sehingga kebahagiaan siswa dapat terwujud.