Penggunan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Kelas Rendah Sekolah Dasar
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN
DALAM PEMBELAJARAN MENGHARGAI
KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru dalam pembelajaran menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya tidak menggunakan metode bermain peran. Hal ini dilihat, guru lebih
banyak menggunakan metode ceramah dalam menerangkan pembelajaran.
B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah penggunaan metode bermain peran dalam
pembelajaran menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV Sekolah
Dasar.
C. Tujuan Penulisan
Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode
bermain peran dalam pembelajaran menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di
kelas IV Sekolah Dasar.
D. Manfaat Penulisan
1.
Bagi Penulis
2.
Bagi Guru
II.
KAJIAN
TEORI
A. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran yang mengkaji tentang manusia dan dunianya,
yaitu berupa seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang terjadi
di lingkungan manusia.
B. Pengertian Metode
Suatu cara yang dianggap efektif dalam menyampaikan mata
pelajaran tertentu kepada siswa agar tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya
dapat tercapai dengan efektif.
C. Jenis-jenis Metode
Metode ceramah, metode tanya jawab, metode kerja kelompok,
metode demonstrasi, metode eksperimen, metode pemberian tugas, metode karya
wisata, metode bermain peran dan metode inquiry.
D. Pengertian Metode Bermain Peran
Metode pembelajaran yang memerankan tingkah laku dalam
hubungan sosial di mana peserta didik dapat memecahkan masalah-masalah sosial
yang ada.
E. Tujuan Metode Bermain Peran
1.
Siswa dapat melakukan peranan
tertentu.
2.
Mengembangkan kemampuan berpikir
siswa dalam memecahkan suatu permasalahan.
3.
Melatih siswa untuk bisa menghargai
dan menerima pendapat orang lain.
F. Langkah-langkah Penggunaan Metode
Bermain Peran
1.
Persiapan
a.
Menentukan dan menceritakan situasi
sosial yang akan didramatisasikan.
b.
Memilih para pelaku.
c.
Mempersiapkan pelaku untuk
menentukan peranan masing-masing.
2.
Pelaksanaan
a.
Siswa melakukan bermain peran.
b.
Guru menghentikan bermain peran
pada situasi sedang memuncak (tegang)
c.
Akhiri bermain peran dengan diskusi
tentang jalan cerita, atau pemecahan selanjutnya.
3.
Evaluasi / Tindak Lanjut
a.
Siswa diberi tugas untuk menilai
atau memberi tanggapan terhadap pelaksanaan bermain peran.
b.
Siswa diberi kesempatan untuk
membuat kesimpulan hasil bermain peran.
G. Kelebihan dan Kelemahan Metode
Bermain Peran
Kelebihan :
1.
Melatih siswa dalam bertindak dan
bertanggung jawab terhadap peranan yang didapatnya.
2.
Melatih dalam berfikir secara
kreatif.
3.
Suasana kelas menjadi lebih hidup.
4.
Siswa dapat berpartisipasi aktif
dan dapat memperoleh pengalaman langsung dalam belajar.
Kelemahan :
1.
Metode bermain peran banyak memakan
waktu.
2.
Dapat mengganggu kelas lain dalam
belajar.
H. Cara-cara Mengatasi
Kelemahan-kelemahan Metode Bermain Peran
1.
Guru harus menerangkan kepada siswa
untuk memperkenalkan metode bermain peran.
2.
Guru harus memilih masalah yang
menarik minat siswa.
3.
Guru harus bisa menceritakan sambil
mengatur adegan pertama.
4.
Bobot atau luasnya bahan pelajaran
harus sesuai dengan waktu yang tersedia.
III.
PEMBAHASAN
A. Keuntungan Penggunaan Metode
bermain Peran dalam Pembelajaran Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Kelas IV SD.
1.
Memperjelas gambaran suatu
peristiwa
2.
Melatih siswa bersosialisasi sesama
teman.
3.
Melatih siswa berpikir dalam
pemecahan masalah.
4.
Memusatkan perhatian siswa dalam
pembelajaran.
5.
Melatih kemampuan berkomunikasi.
B. Langkah-langkah Penggunaan Metode
Bermain Peran dalam Pembelajaran Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Kelas IV SD
1.
Persiapan
a.
Menentukan topik permasalahan yang
diwujudkan dalam bentuk cerita.
b.
Tujuan khusus pembelajaran yang
hendak dicapai.
c.
Mengadakan pelatihan pemanasan.
d.
Memilih dan menentukan siswa.
e.
Mempersiapkan pelaku untuk
menentukan peran masing-masing
f.
Mempersiapkan pengamat.
2.
Pelaksanaan
a.
Melaksanakan bermain peran
b.
Guru menghentikan bermain peran
pada situasi klimaks.
c.
Diskusi kelas untuk memecahkan
masalah / persoalan waktu bermain peran.
3.
Evaluasi
a.
Siswa memberikan keterangan baik
secara tertulis maupun dalam kegiatan diskusi.
b.
Guru menilai efektivitas dan keberhasilan
bermain peran.
0 Response to "Penggunan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Kelas Rendah Sekolah Dasar"
Posting Komentar